Manfaat Dan Khasiat Daun Salam Untuk Kesehatan Dan Kecantikan



www.seratu.com
DAUN SALAM


Salam adalah merupakan tanaman pohon rempah – rempah yang daunnya digunakan untuk penyedap masakan Nusantara. Salam memiliki nama ilmiah yang disebut “Syzygium Polyanthum”. Dalam bahasa Inggris disebut dengan nama “Indonesia bay-leaf atau Indonesia laurel”. Selain itu salam juga memiliki beberapa nama yaitu : ubar serai (bahasa Melayu), salam (bahasa Madura, Sunda), manting, salam (bahasa Jawa), meselengan (bahasa Sumatera).




Daun salam merupakan daun yang digunakan ibu rumah tangga untuk penyadap dan pengharum masakannya, karena daun salam memiliki aroma yang khas untuk menambah cita rasa pada masakan, seperti masakan daging, ikan, sayur mayor, ataupun bisa digunakan untuk memasak nasi uduk, nasi kuning. Daun salam ini dapat dicampurkan kedalam masakan dalam keadaan utuh, segar ataupun kering, dan turut dimasak sampai masakannya matang.


Kegunaan daun salam sudah dikenal sejak dahulu sebagai bumbu masakan khas asli Indonesia. Sekarang daun salam sudah tersebar luas di Asia Tenggara sebagai repah – rempah pengharum masakan. Mulai dari Jawa,Kalimantan, Sumatra,Semenanjung Malaya, Thailand, Indocina, Burma. Pohon salam dapat tumbuh liar di hutan primer atau sekunder dengan ketinggian 1,000 meter di jawa, 1.200 meter di sabah, dan 1.300 meter dpl di Thailand. Daun salam yang tumbuh liar jarang digunakan untuk memasak, karena baunya sedikit berbeda dan kurang harum, selain itu rasa juga agak pait. Tapi beda sekali dengan salam yang ditanam di kebun atau perkarangan, terutama untuk diambil daunnya. 


Biasanya ibu – ibu dirumah mencampurkan daun salam dipasangkan dengan laos (lengkuas) kedalam masakannya. Pohon salam dapat tumbuh dipekarangan rumah maupun kebun, jadi kita mudah sekali untuk mendapatkannya, atau dipasar sayur serta tukang sayur keliling sering berjualan daun salam. 


Untuk secara detailnya pohon salam berukuran sedang, tingginya bisa mencapai 30 meter dan gemang 60 centimeter, kulit batang berwarna coklat abu - abu dan kulitnya memecah atau bersisik.


Daunnya tunggal berhadap – hadapan, berwarna hijau tua dan hijau muda jika masih semi, bentuk daunnya jorong - lonjong sempit dengan diameter 5 – 16 x 2,5 – 7. Gundul dengan 6 – 11 urat daun sekunder, sejalur urat daun yang nampak jelas di tepi helaian,berbintik kelenjar minyak yang sangat halus.


Bunganya berupa malai dengan banyak kuntum bunga 2 – 8 cm,tiap bunga terdapat 4 helai mahkota bunga 2,5 – 3,5 yang mudah lepas – lepas berwarna putih, kelopak bunga seperti mangkuk panjangnya 4 mm, benang sari berjumlah banyak. Terkumpul dalam 4 kelompok, lekas rontok, piringnan tengah agak persegi, berwarna jingga kekuningan. Bunga  terletak dibawah daun atau diketiak daun, bunganya kecil – kecil posisi duduk, memiliki bau yang sangat harum.Buahnya berbentuk bulat atau agak tertekan  berukuran 12 mm, bermahkota keeping kelopak, berwarna hijau jika masih muda, berwarna merah sampai ungu kehitaman jika sudah tua atau matang.


Tak banyak orang yang tau tentang manfaat daun salam, sebagian besar orang berfikir daun salam adalah salah satu bahan rempah – rempah yang digunakan untuk penyedap masakan saja. Daun salam ternyata juga dapat bermanfaat untuk kesehatan. Daun salam memiliki kandungan nutrisi yang berguna untuk tubuh, seperti kalsium, zat besi, vitamin A, C dan B6, B9. Selain itu vitamin dan mineral dalam daun salam mengandung senyawa kimia dan antioksidan seperti lomonene, pinene, neral, dan catechin . semua senyawa – senyawa itu sangat bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel – sel abnormal seperti kanker.


Oleh sebab itu daun salam sangat baik untuk kesehatan tubuh. Khasiat dari daun  salam dapat mengatasi dan melawan penyakit yang berbahaya sekalipun, serta dapat menjaga kesehatan tubuh sepertti :


1.      Mencegah Penyakit Jantung

Daun salam mengandung senyawa seperti asam caffeic, fitonutrien, salisilat  yang berfungsi menjaga kesehatan jantung. Caranya kita dapat mencampur daun salam dalam masakan setiap kita memasak.



2.      Mencegah Kanker

Kandungan yang terdapat didalam daun salam kaya akan vitamin A dan C, mangan, kalsium, zat besi, magnesium. Terdapat kandungan lain seperti asam caffeic, catechin, eugenol, quercetin dapat menghambat pertumbuhan kanker.

 Caranya dapat menambah 2 lembar daun salam pada masakan, atau bisa juga diseduh dengan air panas seperti membuatnya menjadi teh.



3.      Mengobati Gangguan Pencernaan

Kandungan enzim yang terdapat pada daun salam dapat mengobati gangguan pencernaan seperti sakit perut.

 Caranya dengan  meminum rebusan air daun salam secara rutin.



4.      Mengatasi Diabetes Dan Kolesterol

Daun salam bersifat antioksidan dapat mengatasi diabetes, serta dapat memproses hormon insulin lebih baik. Selain itu, daun salam juga dapat menurunkan kolesterol yang sudah mengalami penumpukan.

Caranya : cuci bersih 10 samapai 15 lembar daun salam , kemudian rebus dengan 3 gelas air bersih sampai mendidih airnya tersisa 1 gelas. Setelah itu dinginkan dan saring, minumlah pada malam hari.



5.      Mengobati Hipertensi

Kandungan senyawa zat tannin dan flavonoid pada daun salam dapat mengobati penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Caranya : 15 lembar daun salam cuci bersih, rebus dengan 3 gelas air rebus sampai mendidih hingga air tinggal sedikit, kemudian saring dan dapat diminum selagi masih hangat secara rutin.



6.      Mengatasi Radang

Dengan kandungan parthennolide pada daun salam yang berkhasiat sebagai gen infamasi alami. Secara efektif daun salam dapat mengobati jenis peradangan, serta dapat mengobati haid, reumatik, luka, dan gannguan kencing.

Caranya : cuci bersih 10 lembar daun salam , kemudian rebus dengan 3 gelas samapi mendidih hingga airnya tinggal setengahnya, setelah itu minum selagi masih hangat secara teratur.



7.      Mengobati Asam Urat

Daun salam mengandung vitamin B kompleks dan vitamin C yang dapat membantu untuk mengobati asam urat.

Caranya : siapkan 10 lembar daun salam kering, kemudian rebus dengan 10 gelas air sampai mendidih hingga airnya tersisa 7 gelas. Sebelumnya saring terlebih dahulu dan minum selagi masih hangat.



8.      Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dengan vitamin C dan memiliki sifat antioksidan alami yang dimiliki oleh daun salam, sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Caranya dengan memcampurkan beberapa daun salam kedalam masakan.



9.      Program Diet

Rebusan air daun salam dapat dimasukan dalam menu diet. Karena  daun salam mengandung enzim dan serat alami.

Caranya : cuci bersih 30 lembar daun salam, kemudian rebus dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga airnya tersisa 2 gelas. Biarkan dingin dahulu minumlah 2 gelas perhari sebelum tidur.



10.  Mengobati Sakit Mata

Mata merupakan panca indra yang sangat berharga bagi kehidupan, dengan rebusan air daun salam dapat mengobati penyakit mata dan dapat menjaga kesehatan mata.

Caranya :  dengan mengusapakan rebusan air daun salam pada mata yang sakit.



Manfaat Daun Salam Untuk Kencantikan



1.      Mengatasi Rambut Rontok Dan Ketombe

Kandungan minyak pada daun salam sebagai tonik yang efektif untuk mencegah rambut rontok dan ketombe. Dengan air bilasan yang terbuat dari rebusan daun salam.



2.      Meredakan Kulit Stress

Dengan daun salam dapat mengatasi kulit keriput akibat stress

Caranya : siapkan 5 lembar daum salam kering, kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih dengan panci tertutup, setelah itu tutup panci biarkan mendidih selama 2 menit. Lalu tuangkan dalam wadah besar dan menutupi kepala anda handuk, menghirup uapnya.



3.      Menghilangkan Kutu Rambut

Rebus 50 gram daun salam rebus dengan air 400 mililiter sampai mendidih hingga airnya tersisa 100 ml. kemudian saring dan usapkan pada akar rambut. Biarkan selama 3 samapai 4 jam dan bilas dengan air bersih.   

    
ARTIKEL TERKAIT