Makanan Yang Harus Dihindari Waktu Hamil

image : herbal-id.com
Makanan sangat baik untuk ibu hamil karena makanan berpengaruh dalam pertumbuhan pada janin dan ibu hamil tersebut, maka dari itu memilih makanan pun harus berhati – hati dalam masa kandungan. Bila kita makan sesuatu makanan kalau kita ragu bisa tanya ke orang tua kalau masih kumpul sama orang tua, bisa tanya tentangga yang sudah punya momongan tetapi makanan yang di konsumsi sama orang lain waktu hamil, tidak sama seperti apa yang akan kita konsumsi waktu kita hamil, walaupun tidak semuanya ini  karena masa kandungan yang kita alami tidak sama orang lain dalam hal kesehatan janin dan ibu tersebut tapi lebih baiknya kita konsoltasi langsung ke dokter kehamilan yang terdekat.


Makanan ibu hamil yang pada umunya itu sama, yang membedakan makanan yang boleh dan tidak boleh di konsumsi adalah tergantung pada kesehatan janin dan ibu hamil itu yang sangat berpengaruh. Ada pula seorang ibu hamil di suruh diet sama dokter dalam mengandung, ini di karenakan ibu tersebut terlalu gemuk, ada pula cerita yang lain – lain yang unik tapi ini semua untuk berlasungnya janin dan sang Ibu. Tapi umumya makanan yang harus dihindari seorang ibu hamil secara umum adalah sebagai berikut ini :

1.      Telur Mentah
Telur mentah ini biasanya di buat dasar makanan seperti roti atau kue dalam jumlah banyak telurnya sebaiknya makana ini dihindari. Biasanya di buat jamu yang di ambil kuningnya saja telur ini. Ini semua karena telur sangat renta terkena bakteri salmonella yang menyebabkan penyakit seperti muntah – mutah atau mual, diare, demam, sakit kepala.

2.      Eskrim Dan Keju Lunak
Jenis makanan ini banyak mengandung protein dan lemak tetapi juga mengandung bakteri lesteria yang menyebabkan pada ibu hamil keguguran atau menyebabkan  janin meningal.

3.      Ikan Laut
Tidak semua ikan laut itu tidak baik untuk di konsomsi ibu hamil, tapi ikan ini banyak mengandung merkuri seperti ikan hiu, ikan todak dan ikan marlin yang berpengaruh terhadap saraf pada janin dan jenis ikan laut tadi baik untuk di konsumsi oleh ibu hamil.

4.      Susu Dan Daging Kurang Matang
Susu dan daging yang di oleh kurang matang proses memasak dan seterilsasinya kurang maka akan banyak mengadung bakteri lesteria, bakteri ini membahayakan bagi janin.

5.      Kacang Yang Punya Alergi
Makanan ini biasanya terdapat di sate, selai, cemilan kacang, pecel terutama bagi ibu hamil yang Alergi karena menyebabkan sesak nafas atau asma.

6.      Stop Kopi, Merokok, Minuman Berakohol
Stop Merokok karena dalam rokok banyak bahan beracun untuk tubuh apa lagi bagi ibu hamil. Stop Akohol karena dalam akohol senderi banyak zat yang buruk untuk kesehatan apa lagi bagi ibu hamil. Stop meminum kopi karena dalam kopi mengandung zat Kafein yang didalamnya berbahaya bisa meningkatkan detak jatung untuk janin dan ibunya yang tentunya bahaya.

7.      Makanan Dan Buah – Buah Yang Tidak Di Cuci
Biasanya makanan dan Buah – Buahan  yang tidak di cuci ini sangat rawan higenisnya ini di sebabkan makana dan buah – buahan tersebut dalam waktu perawatanya. petani biasanya mekai obat pestisida ataupun isektisida, maka dari itu sebaiknya dalam mengkonsomsi makanan dan buah – buahan sebaiknya di cuci yang bersih apalagi bagi ibu hamil sangat berpengaruh untuk kesehatan janin dan ibunya.


ARTIKEL TERKAIT