Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan



BUAH LENGKENG ATAU KELENGKENG
Buah kelengkeng  atau  lengkeng ini merupakan buah yang mempunyai warna coklat muda hampir kekuningan ini yang membungkus buahnya dan daginya  berwarna putih dan didalamnya terdapat biji yang berwarna hitam yang bentuknya cukup besar dan keras, buah kelengkeng ini tentunya mempunyai rasa yang manis dan banyak sekali pengermarnya. Buah lengkeng atau kelengkeng ini berasal dari Asia Tenggara. Buah ini juga bisa digunakan untuk buah tangan atau oleh – oleh yang bisa di makan dengan cara di buang kulit luarnya yang berwarna coklat tua dan jangan lupa di dalam buahnya terdapat bijinya jangan sampai dimakan.



Buah kelengkeng ini banyak sekali jenisnya selain enak dikonsumsi lasung buah kelengkeng seiring perkembangan zaman bisa di olah sebagai bahan dasar minuman kalengan, tidak hanya buahnya isinya pun juga bisa dibuat mencuci rambut  dan sebagai ramuan obat tradisional karena biji buah kelengkeng ini mengandung  Saponin. Buah kelengkeng ini mudah sekali di dapat di pasar – pasar buah ini di karenakan budidaya buah klengkeng ini terhitung mudah bisa di stek atau dengan bijinya. Buah kelengkeng selain enak untuk dimakan juga banyak manfaatnya  karena banyak mengandung nutrisi seperti : vitamin C,  vitamin B,  vitamin B1, vitamin B2,  vitamin B3, vitamin A,  magnesium,  seng,  kalium, asam tartik,  fosfor,  mangan,  zat besi, kalsium dan masih banyak lagi dan tentunya sangat baik untuk kesehatan kita diantaranya :

1.      Mengatasi Anemia
Anemia ini penyakit yang yang dimana kekuranganya sel darah merah yang mempunyai dampak pada tubuh menjadi lemah dan loyo dan menjadi malas dalam menjalani aktivitas setiap hari, maka dari itu kita perlu mengkonsumsi buah kelengkeng ini karena kandungan zat besi yang terdapat pada buah kelengkeng ini mampu meningkatkan produksi sel darah merah sehingga kebutuhan sel darah merah kita tercukupi dan terhindar dari anemia.

2.      Baik Sekali Untuk Ibu Hamil
Ibu hamil biasanya sangat menguras tenaga dalam menjalani rutinitas sehari – sehari dan tubuh menjadi lemas karena energinya terkuras ini bisa di atasi dengan cara mengkonsumsi buah kelengkeng karena kandungan glukosa dan sukrosa yang terdapat pada buah kelengkeng ini mampu menambah dan meningkatkan energi dalam tubuh kita dalam menjali rutinitas sehari – hari khususnya ibu hamil karena butuh energi ekstra.

3.      Mempermudah Tidur
Ada beberapa orang yang mengalami susah tidur ini di karenakan teganya saraf otot kita dan faktor – faktor lain, ini bisa kita atasi dengan mengkonsomsi buah kelengkeng dengan cukup dan rutin karena kandungan senyawa fitokimia yang terdapat pada buah kelengkeng memberi efek ketenangan pada urat saraf yang dapat mempermudah tidur kita.

4.      Bisa Untuk Menu Diet
Diet ini sangat perlu untuk kesehatan kita dan jangan sampai salah dalam memilih cara berdiet dengan baik dan benar karena setiap makanan mempunyai catatan lemak dan kalori yang berbeda beda, maka dari itu buah kelengkeng ini bisa untuk menu diet karena lemak dan kalorinya sangat rendah  dan sangat bagus untuk sebagai menu diet kita.

5.      Mencegah Osteoporosis
Tulang kita juga butuh asupan kalsium yang dimana sangat berguna untuk tulang menjalankan tugasnya dan kalsium ini juga terdapat pada buah kelengkeng maka dari itu bila kita mengkonsumsi buah kelengkeng dengan cukup maka kebutuhan kalsium pada tulang kita terselesaikan.

6.      Mempertebal Sistem Kekebalan Tubuh Kita
Bila kekebalan tubuh kita menurun maka tubuh kita mudah terserang penyakit, maka dari itu tubuh kita perlu mempertebal kekebalan tubuh kita dengan cara mengkonsumsi buah kelengkeng ini dengan cukup karena di buah kelengkeng ini terdapat banyak vitamin dan masih banyak lagi nutrisi yang terdapat di dalamnya yang bermanfaat untuk mempertebal sistem kekebalan tubuh kita.
         

ARTIKEL TERKAIT