Manfaat Dan Efek Samping Kunyit Atau Kunir Untuk Kesehatan Dan Kecantikan



www.seratu.com
KUNYIT ATAU KUNIR

Kunyit dalam bahasa latin  disebut dengan sebutan Curcuma Domesica, Vhal. Merupakan suku tumbuhan dari  Zingiberaceacae, merupakan tumbuhan rempah-rempah yang berasal dari Negara India. Kunyit memiliki sebutan nama dari berbagai Negara seperti, Negara Inggris disebut dengan nama “saffon”,  Negara Belanda  menyebutnya “kurkuma”. Sedang kan di indonesi juga memiliki bebagai macam nama orang Jawa (kunir), Sunda (koneng), Madura (konyet).

Kunyit atau kunir merupakan tanaman obat yang lebih dominan tumbuh di Asia Tenggara. Kunir tergolong kelompok jahe - jahean. Kunyit atau kunir merupakan salah satu rempah - rempah yang terbanyak terdapat di pulau di Indonesia, termasuk di pulau jawa bisa menghasilkan kunyit dengan hasil yang banyak. Biasanya kunyit tumbuh liar disekitar semak - semak hutan jati, tapi dengan banyaknya konsumen yang membutuhkan maka kunyit sekarang banyak dibudidayakan.

Kunyit atau kunir sekarang mudah sekali ditemukan seperti dipekarangan rumah, tanaman kunyit sama seperti tanaman jahe, lengkuas dan lain - lain. Tapi jangan salah untuk membedakannya. Daun yang dimiliki tanaman kunyit daunnya mirip seperti pisang hanya berukuran kecil berwarna hijau. Batang dan helai daunnya berbentuk bulat telur. Memiliki bunga berwarna putih. Luar kunyitnya berwarna coklat kejinggaan, dan dalamnya sendiri berwarna kuning, merah, putih dan hitam. Serta berakar serabut.

Jenis – Jenis Kunyit Atau Kunir Diantaranya :

1.      Kunyit Kuning
Kunyit ini mudah sekali kita jumpai dan digunakan. Biasanya kunyit kuning ini sering digunakan bahan masakan untuk menambah khas masakan, seperti kare, gulai, nasi kuning.

2.      Kunyit Putih
Kunyit putih memiliki daging yang berwarna putih dan transparan. Kunyit putih ini keturunan dari curcuma. Kunyit putih sering digunakan sebagai temu rapet atau temu putrih.

3.      Kunyit Merah
Kunyit merah sama halnya dengan kunyit kuning. Hanya saja kunyit merah ini warnanya lebih kemerah - merahan. Kunyit merah ini biasanya juga digunakan sebagai bumbu dapur. Dan kunyit merah ini dapat mengobati berbagai penyakit baik penyakit ringan dan berat.

4.      Kunyit Hitam
kunyit ini sangat langka dan sulit untuk didapatkan. Kunyit ini bisa digunakan untuk obat penyakit seperti kista, serta bisa digunakan untuk membuat awet muda. Warna dari kunyit hitam ini bewarna biru kehitaman atau ungu kehitaman.
Kunyit memiliki sejumlah kandungan zat - zat yang bermanfaat untuk tubuh. Mengandung senyawa yang disebut kurkuminoid merupakan faktor yang sangat penting dalam pengobatan, senyawa ini terdiri dari kurkunim, desmetoksikumin sebanyak 10%  dan bisdesmetoksikurkumin 1 sampai 5%. Ada juga zat - zat lainnya seperti minyak atsiri yang berkomposisikan Keton Sesquiterpen,  Felandren,  Sabinen,  Turmeron,  Tumeon 60%,  Zingiberen 25%,  Borneol dan Sineil. Selain itu kunyit juga mengandung Protein 30%,  Vitamin C 45-55%,  Lemak 1-3%,  Karbobidrat 3%,  Pati 8%,  dan garam - garam mineral yaitu kalsium, fosfor dan zat besi.

Untuk membuat jamu kunyit dapat dibuat sendiri di rumah. Langkahnya juga gampang dan tidak ribet, parut kunir secukupnya lalu peras dan saring serta tambah kan segelas air untuk memperoleh air yang banyak , lalu rebus sampai mendidih. Jamu kunyit biasanya dicampur dengan daun asam muda, temulawak, gula jawa, biji kedaung, perasan air jeruk nipis, madu, air kapur sirih dan kuning telur ayam. Jamu kunyit bisa dikonsumsi dengan teratur untuk memperlancar haid, menangani bau badan, menyembuhkan luka lambung, juga sebagai anti inflamasi, diare, turunkan demam, keputihan, melangsingkan badan, amandel, panas dalam, sariawan serta penyakit gusi.

Kandungan Vitamin C pada kunyit berguna juga untuk mencerahkan kulit secara alami. Kunyit atau kunir juga dapat melancarkan aliran darah hingga metabolisme badan menjadi lancar, jadi sel kulit yang sudah tua dapat tergantikan dengan sel kulit yang baru sehingga kulit terlihat cerah. Dengan metabolisme yang lancar juga dapat membantu membakar kalori dengan cepat sehingga dapat menurunkan berat badan menjadi ideal.

 Kunyit juga dapat dimanfaat dalam bentuk lotion, sebagai antiseptic dan antibakteri yang sangat ampuh untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit seperti gatal - gatal, alergi dan jerawat. Kandungan antioksidanya mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini. Kunyit juga bagus untuk mengatasi kulit kasar pada wajah, tumit dan siku, dengan cara membuatnya lotion, caranya dengan menghaluskan kunyit lalu campurkan dengan madu, perasan jeruk nipis atau lemon, susu, minyak zaitun atau santan. Tambahkan sedikit tepung agar terbentuk menjadi lation, lalu oleskan pada kulit yang bermasalah.

Selain kunyit bermanfaat untuk tubuh, kunyit juga menimbulakan efek samping, diantaranya : 

- Bisa menyebabkan gangguan pada lambung, untuk penderita sakit maag.

- Bisa menimbulkan rangsangan pada rahim, bagi wanita hamil dan menyusui sebaiknya mengurangi menkonsumsi kunyit.

- Zat senyawa yang terdapat pada kunyit sebaginnya sulit untuk di serap oleh tubuh, sehingga manfaat kunyit ini tidak maksimal.

- Bagi yang menjalankan kemoterapi, sebaiknya jangan mengkonsumsi karena efek sampingnya dapat menurunkan kemoterapi yang anda jalankan.                                                                                                             
ARTIKEL TERKAIT