Manfaat Daun Pandan Wangi Untuk Kesehatan


www.seratu.com
DAUN PANDAN
Panda wangi merupakan tumbuhan monokotil dari genus PANDANACEAE. Panda biasa hidup di daerah tropika, dan hidup di rawa – rawa atau ditempat yang teduh. Karena pandan sering digunakan untuk kebutuhan manusia, maka pandan kebanyakan ditanam di perkarangan rumah atau tumbuh liar diselokan yang teduh. Cara membudidayakan dilakukan dengan mengambil tunasnya yang tumbuh rerumpunan akar – akarnya. Berbagai jenis pandan sudah menyebar dari Afrika timur, Asia tenggara dan Australia, hingga kepulauan Pasifik. Jenis - jenis panda diantaranya :

·    Padan wangi ( Pandanus ammaryllifolius) daunnya biasa  digunakan sebagai pewangi dan pewarna masakan atau kue .

·  Pandan bali ( cordyline australis)

·  Pandan laut (pandanus tectorius)

· Pandan duri, daunya yang telah dikeringkan biasanya dipakai untuk bahan anyaman, seperti tikar maupun topi pandan.

·  Pandan afrika (pandanus pygmeus)

·  Pandan melintir (pandanus utilis)

· Pandan merah, pandan ini nerasal dari pulau papua yang sudah dikenal khasiatnya sebagai obat atau suplemem untuk kesehatan tubuh.

·  Pandan papua (pandanus conoideus)

·  Pandan putih (pandanus baphtisii)


Tanaman pandan wangi ini memiliki cluster semak. Dengan daun yang panjang (seperti daun palem) tersusun secara roset yang rapat, bagian tepi daun bergerigi, warna daunnya hijau tua, panjang daun bisa mencapai 60 cm. Akarnya besar dan memiliki akar tunjang yang berfungsi menopang tumbuhan ini.  Daun pandan memiliki aroma yang harum bila diremas – remas. 


Manfaat daun pandan sudah sangat dikenal dekat bagi  dunia memasak, sebagai pewangi masakan karena aroma yang dihasilkannya, apalagi untuk ibu rumah tangga. Pandan biasanya digunakan untuk pewarna hijau pada makanan seperti kue basah tradisional diindonesia atau masakan lain seperti kolak dan bubur kacang ijo, nasi uduk, serta bisa digunakan untuk sirup yang biasa kita dengar cocopandan rasanya segar dan aromanya wangi.


Dengan aroma  harum yang khas dimiliki daun pandan ketika masih segar atau kering, selain untuk pengharum kue, dan sumber pewarna hijau makanan, bisa digunakan untuk komponen penghias makanan, dan digunakan rangkaian bunga di acara pesta untuk pengharum ruangan, serta dapat digunakan untuk pegobatan dan kecantikan. Tidak banyak yang tau secara menyeluruh tentang manfaat daun pandan wangi, karena didalam daun pandan terdapat kandungan senyawa yang baik untuk kesehatan, seperti :


1.      Alkaloid

Merupakan senyawa organic yang bersifat basa atau alkali. Dengan yang adanya sifat ini disebabkan atom nitrogen dalam molekul senyawa tersebut dala struktur lingkar heterosiklik atau aromatis, dan dalam dosis kecil dapat memberikan efek farmakologis pada manusia dan hewan.



2.      Flavonoida

Salah satu kelompok senyawa fenol yang sangat besar terdapat pada tumbuhan, mulai dari daun, batang, bunga dan buahnya. Senyawa ini merupakan senyawa metabolit sekunder

yang terdapat pada tanaman hijau.



3.      Saponin

Senyawa ini berbentuk glikosida yang tersebar luas pada tumbuhan tingkat tinggi. Saponin membentuk larutan koloidal dalam air dan membentuk busa dan tidak akan hilang dengan penambahan asam.



4.      Polifenol

Disebut juaga dengan polyphenol. Merupakan senyawa kimia yang bersifat antioksidan yang kuat. Polifenol sendiri merupakan kelompok antioksidan yang alami terdapat pada sayuran ( kol, brokoli, seledri), buah – buahan ( apel, delima ceri, pear, strowbery), minyak zaitu, kacang – kacangan (kacang tanah, kedelai), minuman (the, kopi, coklat, anggur merah). Polifenal banyak terkandung dalam kulit buah, jadi dianjurkan jika memakan apel makan lah biji beserta kulitnya.



5.      Tanin

Tannin didefinisikan sebagai senyawa polifenol yang memiliki berat molekul yang cukup tinggi, lebih dari 1000, serta dapat membentuk kompleks dengan protein.



6.      Zat pewarna

Daun pandan mempunyai zat alami berwarna hijau.  


Beberapa manfaat daun pandan wangi untuk kesehatan dan kecantikan diantaranya:


1.      Menurunkan Darah Tinggi

Bagi penderita hipertensi atau darah tinggi dengan daun pandan wangi bisa menurunkan tekanan darah tinggi.



Caranya : cuci bersih 2 lembar daun panda wangi yang masih segar, kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga airnya tersisa 2 gelas, saring airnya, setelah minum sehari 2 kali pagi dan sore.



2.      Mengobati Diabetes

Daun pandan wangi juga dapat mengobti diabetes, dengan kandungan yang ada dalam daun pandan dapat membuang kadar gula darah, karena daun pandan bersifat diuretik yang berefek mengeluarkan urine.



3.      Mengobati Lemah Saraf

Keram dikarenakan adanya kelainan pada saraf dalam tubuh, ini disebabkan kurangnya rangsangan pada bagian tubuh.



Caranya : cuci bersih 3 lembar daun pandan wangi segar dan potong kecil – kecil, kemudian rebus dengan 3 gelas air bersih sampai mendidih hingga airnya tersisa 2 gelas,  setelah itu saring dan minum sehari 2 kali pagi dan sore.



4.      Mengobati Rematik

Penyakit rematik terkadang menyerang bagi orang yang sudah lanjut usia, tetapi sekang orang dewa sudah banyak yang menderita rematik. Obati dengan daun pandan wangi



Caranya : ambillah 3 lembar daun pandan wangi yang masih segar cuci bersih, kemudian iris tipis – tipis dan campurkan setengah cangkir minyak kelapa panas, diamkan dingin terlebih dahulu, setelah itu gosokan pada bagian tubuh yang terkena rematik.



5.      Mengobati Pegal Linu

Bagi orang yang pekerja keras, sering sekali mengalami badan terasa pegal – pegal dan juga linu, untuk mengatasinya gunakan daun pandan wangi untuk pengobatan pegal linu.



Caranya : cuci bersih 5 lembar daun pandan wangi  dan 20 lembar daun serai yang masih segar, kemudian tumbuk semua daun itu sampai halus, lalu tambahkan dengan 1 sendok makan minyak kayu putih dan minyak gandapura aduk sampai rata, setelah itu gosokkan pada tubuh yang sakit.



6.      Susah Tidur Atau Insomnia

Susah untuk tidur atau insomnia dapat berakibat buruk untuk kesehatan tubuh. Untuk mengatasinya gunakan daun pandan wangi dalam pengonatannya, kita bisa mencampurkan daun pandan kedalam masakan seperti membuat kolak.

  

7.      Menambah Nafsu Maka

Bagi anda bermasalah dengan pola makan, coba rebusan daun pandan wangi untuk mengatasi pola makan serta menambah nafsu makan.



Caranya : cuci bersih 2 lembar daun panda  dan rebus dengan 2 gelas air bersih sampai mendidih hingga airnya tersisa 1 gelas, lalu tambahkan pemanis seperti madu atau gula, minum sehari 2 kali secara teratur.



8.      Sebagai Obat Penenang

Selain sebagai pengobatan herbal, daun pandan wangi juga bisa digunakan untuk ramuan penenang pikiaran disebabkan karena stress atau terlalu banyak pikiran. Dengan kandungan zat tannin dapat memberi ketenangan.



Caranya : cucu bersih 3 lembar daun pandan, kemudian potong kecil – kecil atau dapat di tali masukkan kedalam gelas, setelah itu seduh dengan air panas dan tambahkan 1 sendok teh madu, minum ramuan tersebut selagi masih hangat.



9.      Mengobati Panu

Gangguan jamur pada kulit seperti panu, dapat disebabkan keringat yang berlebihan atau masalah kulit, sehingga kulit akan terasa gatal – gatal.



Caranya : ambil segenggam daun pandan wangi segar cuci bersih, kemudian tumbuk sampai halus dan tambahkan air sedikit, setelah itu peras dan ambil airnya, tambahkan sedikit garam dalam perasan air tersebut, minum sehari 1 gelas selama tiga hari.



10.  Mempercepat Menyembuhan Setelah Persalinan

Bagi ibu yang baru melahirkan  secara operasi, dapat mengunakan daun pandan wangi untuk menyembuhkan luka bekas operasi, karena daun pandan wangi mengandung bahan antiseptic yang mampu menyembuhkan luka. Anda dapat meminum rebusan air daun pandan.



Selain untuk pengobatan herbal, daun pandan wangi juga sangat berkhasiat untuk perawatan kecantikan rambut, seperti mencegah rambut rontok, menghikangkan ketombe, serta dapat menghitamkan rambut, cara penggunaannya sebagai berikut :





1.      Menghitamkan rambut

Cuci bersih 7 lembar daun pandan wangi lalu potong kecil –kecil, kemudian rebus dengan 1 liter air bersih hingga airnya berwarna hijau, keesokan harinya tambahkan perasan air 3 buah mengkudu yang sudah masak, gunakan ramuan tersebut untuk keramas secara rutin 3 kali seminggu.



2.      Mencegah rambut rontok

1 lembar daun pandan, 10 lembar daun waru muda, 1 genggam daun urang – aring, 5 lembar daun mangkok dan 1 kuntum bunga mawar. Cuci semua bahan tersebut lalu masukkan kedalam panci alimunium, tambahakan setengah cangkir minyak kelapa, minyak wijen dan minyak kemiri, rebus sampai mendidih lalu saring. Setelah itu, oleskan pada rambut dan kulit kepala secara merata, lalu bungkus rambut dengan handuk lakukan pada malam hari, keesokannya keramas seperti biasa bilas sampai bersih, lakukan secara teratur 2 sampai 3 minggu.



3.      Menghilangkan ketombe

Cuci bersih 7 lembar daun pandan wangi, kemudian haluskan atau di blender, kemudian tambahkan setengah cangkir air bersih lalu remas – remas dan saring airnya, gosokkan pada kulit kepala dan rambut samapi rata, diamkan sampai rambut mengering sendiri, setelah itu keramaslah seperti biasa bilas sampai bersih.
ARTIKEL TERKAIT