Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan



www.seratu.com
POHON, DAUN, BUAH SUKUN

Sukun… banyak yang sudah tau tentang pohon sukun. Sukun memiliki nama latin Artocarpus termasuk dalam keluarga Moraceae. Nama Sukun  barasal dari bahasa Jawa yang artinya “tanpa biji”, karena buah sukun sendiri tidak berbiji. Di daerah Sunda sukun memiliki nama “timbul atau kulur”, sedangkan orang Aceh menyebutnya “kulu”.


Buah sukun hidup didaerah yang beriklim tropis dan dataran rendah, daerah yang mempunyai suhu sekitar 20 C hingga 40 C. Pohon sukun memerlukan curah hujan yang tinggi dan lembab ini sangat cocok pohon sukun tumbuh di daerah Indonesia. Terutama di Kepulauan Pasifik dan Asia Tenggara. Di Indonesia sukun berasal dari kepulauan Nusantara dan Papua. Sekarang sukun sudah menyebar di Negara - negara sekitar Asia, dan setelah kolonisasi bangsa eropa, barulah sukun sampai ke dunia barat.

Pohon sukun seperti pohon keluwih, pohonya bisa mencapai ketinggian 30 cm, tapi tidak semua pohon sukun bisa mencapai ketinginanya seperti itu. Daun sukun bentuknya lebar - lebar dan  dilihat hampir seperti kulit dan beberapa ruas yang terlihat jelas, warna disisi atas daunya hijau tua mengkilap, sedangkan bagian bawahnya kusam dan kasar, bila diraba bagian bawah daunnya memiliki bulu halus. Buahnya dagingnya bewarna putih tebal dan rasanya manis lezat, kulit buahnya bila masih muda  bewarna hijau muda, tapi kalau sudah tua berwarna kuning dan akan keluar getahnya.Sukun dapat menghasilkan buah hingga 200 buah pertahun. Masing – masing buahnya bisa mencapai berat 400 sampai 1200 gram. Ada juga buah sukun bisa mencapai 5kg. buah sukun sangat diminati oleh orang barat.

Multi pemanfaat sukun sngatlah banyak, daging yang dikeringkan dapat dijadikan tepung yang kandungannya 31% gula, 5% protein, dan 2% lemak. Getaknya biasanya digunakan untuk menjerat burung, menambal perahu, dan untuk bahan dasar membuat permen karet. Kayu sukun dengan pola yang bagus, ringan dan cukup kuat dapat digunakan untuk bahan alat rumah tangga. Sedangkan daun sukun sangat bermanfaat untuk sebagai pengobatan. 

Sukun bisa diolah berbagai macam sajian. Salah satunya hidangan paling populer adalah sukun goreng dan sukun rebus. Buah ini rasanya manis dan mengeyangkan dan dagingnya lembut. Tapi sukun dapat diolah menjadi cemilin kripik dan dapat juga ditumis. Buah sukun memiliki kandungan karbohidrat cukup tinggi dari pada umbi - umbian seperti kentang dan ketela. Walaupun sukun memiliki karbohidrat yang cukup tinggi tapi tetap rendah kalori.

Selama ini yang kita tau sukun dimanfaatkan buahnya saja, ternyata tidak hanya buahnya saja akan tetapi daun sukun bisa bermanfaat untuk kesehatan. Daun sukun memiliki khasiat untuk mengobati  berbagai penyakit kronis seperti kolesterol tinggi, diabetes, asam urat, penyakit jantung dan gagal ginjal. Beberapa senyawa terdapat pada daun sukun kering yang sangat berkhasiat untuk tubuh seperti polifenol, asam hidrosionat, kalium, tannin, quercetin dan artoindosionin. Senyawa ortoindonesionin dan senyawa quercetin kedua kedua kelompok ini merupakan senyawa turunan dari flovonoid yang memiliki fungsi sebagai zat antioksidan dan banyak digunakan sebagai komponen aktif dalam obat - obatan.

Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan

1.      Menjaga Kesehatan Ginjal
Daun sukun dapat dimanfaatkan untuk membantu menjaga kesehatan ginjal, karena kandungan kalium pada daun sukun dapat membuat batu ginjal berupa Ca-oksalat teruray, sehingga endapan batu ginjal akan larut keluar bersama urine.
Caranya :  ambilah beberapa daun sukun cuci dengan bersih, kemudian rebuslah dengan sejumlah air sampai mendidih, hingga rebusan airnya menjadi 1 cangkir, minumlah setiap hari secara rutin.

2.      Menjaga Kesehatan Jantung
Kita menginginkan agar tubuh selalau fit serta mampu bekerja dengan baik dan maksimal, menjaga kesehatan jantung kita sangat penting. Tapi saat anda menderita sakit jantung tak perlu berobat mahal, dengan daun sukun yang sudah mengunung dapat membantu menjaga jantung, karena mengandung zat phenol dan quercetin sebab kedu zat tersebut dapat menurunkan tekanan darah.  
Caranya : ambillah daun sukun yang sudah tua tapi masih menempel dipohon nya, cucilah dengan bersih, jemur daunnya sampai kering sehinnga air yang terdapat pada daun tersisa setengahnya, kemudian rebus dengan 5 gelas air, minumlah secara teratu.

3.      Anti Inflamasi
Anti Inflamasi adalah  anti peradangan. Daun sukun salah satu pengobatan yang mencegah peradangan dalam tubuh.
Caranya : Petiklah 1 daun sukun yang sudah tua, lalu cuci sampai bersih kemudian jemur dibawah sinar matahari selama beberapa jam, setelah itu rebuslah dengan 5 gelas air sampai mendidih, hingga airnya menjadi separunya, saring rebusan daun sukun minumlah secara rutin selama 1 bulan hingga peradangan mereda.

4.      Mengatasi Asam Urat
Asam urat biasa menimpa pada orang yang sudah tua atau manula, sekarang bisa menimpa pada orang dewasa. Asam urat bisa menyebabkan tubuh menjadi lemah serta bisa mengakibatkan kelumpuhan. Penyakit ini disebabkan karena tingginya kadar asam dalam pembuluh darah. Penyakit ini juga melarang bagi sipenderita mengkonsumsi sayuran hijau atau kacang - kacangan, anda dapat mengatasi asam urat dengan daun sukun.
Caranya : Pilihlah daun sukun yang masih segar, lalu cuci sampai bersih , keringkan dan jemur sampai kering. Ambillah 15 gram daun sukun yang sudah dikeringkan, 1 genggam daun greges otot (bibitungan), madu atau gula batu secukupnya rebus dengan 1 gelas air sampai mendidih, kemudian minumlah dengan teratur.

5.      Anti Kanker
Kanker disebabkan rusaknya sel - sel sehat dalam tubuh yang dilakukan oleh berbagai jenis zat radikal bebas. Akibatnya sel - sel yang sehat bermutasi dan bisa menyebabkan kanker. Daun suku  mempunyai sifat yang disebut anti-inflamasi. Kandungan ini dapat mencegah kanker sedini mungkin.
Caranya : Ambillah 1 lembar daun sukun yang sudah tua cuci bersih, rebuslah dengan 5 gelas air sampai mendidih, kemudian tambahkan 5 gelas air lagi, rebuslah sampai mendidih lalu tambahkan lagi 5 gelas air rebuslah kembali sampai mendidih. Setelah proses berulang - ulang, saring dan minumlah rebusan air tersebut.      


ARTIKEL TERKAIT