Manfaat Jambu Air Untuk Kesehatan



www.seratu.com
JAMBU AIR
Jambu air ini salah satu buah yang mempunyai rasa manis dan berair banyak yang tentunya mudah kita jumpai di halaman rumah. Jambu air tidak di perjual belikan seperti buah – buah lainya, karena buah ini mudah sekali di temukan karena banyak yang membudidayakan, dan cara membudidayakanya sangat mudah tapi buah ini mudah sekali membusuk. Jambu air mempunyai rasa manis waktu matang dan asam waktu mentah tapi pada umunya bila buah ini mulai berbuah pada musim kemarau biasanya mempunyai rasa manis dan segar, sebaliknya kalau buah ini berbuah pada musim penghujan rasanya tidak begitu manis dan masyrakat sering mengunakan jambu air untuk rujak dan pelepas dahaga karena kandungan air yang banyak .



Jambu air ini mempunyai warna merah saat matang dan saat metah berwarna putih kekuningan, setiap tangkai jambu air banyak sekali jumlah buahnya dan berkumpul. Untuk daunnya berwarna hijau tua, saat daunnya bersemi berwarna hijau muda, daunnya tunggal dan berhadapan berbentuk jantung jorong apabila di remas daun ini mempunyai bau aromatis. Batang jambu air ini bengkak – bengkok dan mempunyai cabang yang cukup banyak. Jambu air ini juga tidak terlepas dari hama seperti lalat buah, ulat buah sehingga jambu air ini mudah sekali membusuk. Buah jambu air ini juga banyak sekali kandunganya seperti : vitamin C,  vitamin A,  riboflavin,  niacin,  thiamin,  zat besi,  magnesium,  potassium,  zinc,  copper,  asam sitrat,  fosfor,  serat,  protein,  karbohidrat,  kalsium yang tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh kita diantaranya :

1.      Menyehatkan Mata
Panca indra ini sangat perlu asupan vitamin yang mendukung kinerja mata maka dari itu seringlah mengkonsumsi buah jambu air, karena kandungan vitamin A yang terdapat pada buah jambu air ini yang sangat baik untuk kesehatan mata kita.

2.      Mencegah Dehidrasi
Kandungan air yang banyak yang terdapat pada buah jambu air sangat cocok untuk mencegah dehidrasi.

3.      Baik Untuk Pencernaan
Kandungan serat yang terdapat pada jambu air ini sangat baik sekali untuk kesehatan pencernaan kita, maka dari itu konsumsilah buah jambu air ini secara teratur.

4.      Baik Untuk Ginjal
Mineral yang  terdapat pada buah jambu air ini cukup banyak sehingga mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh, sehingga membantu kinerja ginjal dan membantu membersihkan asam urine dari ginjal.

5.      Baik Untuk Kesehatan Wajah
Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah jambu air ini sangat penting untuk memperbaiki sel – sel yang rusak dan jaringan tubuh yang rusak dan mati, karena tubuh kita sering mengalami peristiwa tersebut  terutama kulit wajah kita.

6.      Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh Kita
Kandungan semua yang terdapat pada jambu air ini mulai dari vitamin dan mineral ini semua sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh kita yang bisa terhindar dari bebagai penyakit.
ARTIKEL TERKAIT