Manfaat Jeruk Kingkit Untuk Kesehatan Dan Untuk Obat Tradisional

JERUK KINGKIT
Siapa yang belum tanu tentang  jeruk kingkit????  kingkit atau jeruk ranti. Memiliki nama binomial TRIPHASIA TRIFOLIA, syn. T . AURANTIOLA LOUR dan LIMONIA TRIFOLIA BURM. Jeruk kingkit biasa dikenal dengan nama kingkit, limau kiah, limau kunci (bahasa Melayu), kalijage, kingkip (bahasa Sunda), jeruk rante (bahasa Madura), lemo – lemo (bahasa Makasar), joji koyo (di Tidore), serta orang jawa menyebutnya “jeruk kikit” .



 Jeruk kingkit merupakan kerabat dari jeruk (genus citrus), akan tetapi jeruk ini bukanlah jeruk yang sebenarnya, jeruk kingkit berasal dari Maleysia kemudian mulai tersebar keberbagai pulau di Samudra Pasifik. Jeruk ini biasa tumbuh dipekarangan rumah dan di ladang pada ketinggian 1 sampai 500 meter. Selain itu jeruk kingkit sering dianggap  tanaman hias untuk pemandangan ruangan.  Dikarenakan tanaman ini memiliki bentuknya yang unik, sehingga cocok untuk taman hias. Tumbuhan ini jika dipedesaan digunakan sebagai pohon pembatas karangan.

Jeruk kingkit  merupakan tumbuhan semak atau perdu tegak dengan ketinggian hingga 3 meter ranting pada ujungnya membengkok kesana – kesini, serta berduri terdapat pada ketiak daun. Daunnya majemuk berjari tiga (trifoliata) berbentuk oval dengan ujungnya melengkung kedalam dengan ukuran 1,5  sampai 4,5 kali 1 sampai 3 meter, daunnya berwarna hijau mengkilap. Memiliki bunga terkumpul 1 sampai 4 dalam ketiak daun, mahkota bunga berwarna putih  dengan jumlah 3 helai, bentuknya kecil panjang 10 sampai 13 mm. Serta memiliki buah jika masih muda akan berwarna hijau, pabila sudah matang kulit buah berwarna merah bercorak bintik – bintik merah matang bertipe hesperidium diameter 1,5 centimeter. Tidak berdaging tetapi berlendir atau cairan yang lengket. Memiliki biji tunggal berwarna hijau. 

Jeruk kingkit memiliki kandungan zat coumarin, umbelliferone, dan tripasol, sebagai pengobatan penyakit gonore, diare dan batuk kronis. Serta terdapat juga kandungan linalool (sejenis alcohol yang sangat bermanfaat antiseptic, antijamur, penenang) dan limonene (zat aromatic dan peluruh dahak) Sepertinya sedikit orang yang tau tentang jeruk kingkit ini yang memiliki khasiat untuk obat tradisional terutama untuk kesehatan tubuh diantaranya :

1.      Obat Batuk
Pada buah jeruk kingkit ini bisa dijadikan obat batuk serta mampu mengeluarkan dahak.
Caranya : Ambil segenggam jeruk kingkit yang sudah tua cuci bersih terlebih dahulu, lalu masukkan jeruk kingkit kedalam gelas, kemudian seduh dengan air panas, biarkan selama 5 sampai 10 menit , setelah itu campurkan dengan sedikit madu jika ingin rasanya manis. Minumlah selagi masih hangat, jika penderita kecing manis jangan gunakan pemanis madu atau gula.

2.      Mengatasi Masalah Perut
Pada daun jeruk jengkit bisa dimanfaatkan untuk sakit perut, seperti mual , diare.
Caranya : Sediakan 7 lembar daun jeruk jengkit, cucilah terlebih dahulu sampai bersih, lalu rebus dengan 110 ml air bersih sampai mendidih selama 15 menit, kemudian minum selagi masih hangat sehari 3 samapi 4 kali.

3.      Perawatan Kuku
Pada cairan atau lendir buah jeruk kingkit bisa dimanfaatkan untuk perawatan kuku.
Caranya : Ambillah cairan atau lendir yang terdapat pada buah jeruk kingkit, kemudian oleskan pada kuku anda, biarkan sampai mengering.

4.      Kencing Manis
Caranya : Ambillah beberapa helai daun jeruk kingkit, lalu cuci sampai bersih, kemudian rebuslah sampai mendidih, minumlah rebusan air tersebut setiap hari.

5.      Mengobti Gatal – Gatal
Gatal – gatal bisa diakibatkan oleh digigit serangga atau alergi.
 Caranya : Ambillah  beberapa buah jeruk kingkit yang sudah matang, cuci terlebih dahulu, lalu remas – remaslah kemudian langsung oleskan pada bagian yang gatal tadi.
ARTIKEL TERKAIT