Manfaat Kedelai Untuk Kesehatan



www.seratu.com
KEDELAI
Kedelai salah satu sumber gizi protein nabati utama yang merupakan sumber pembuatan bumbu masakan dan makanan  yang sering kita konsumsi setiap hari seperti kecap, tahu, tempe dan lain – lain. Untuk tahu sering kita konsumsi ini teryata dalam pembuatan tahu ini ada sisa pembuatan tahu ini yang sering kita sebut sari kedelai dan ini merupakan sumber gizi protein juga tapi untuk sari kedelai ini tidak punya ketahanan lama untuk di konsumsi atau mudah basi. Kedelai ini merupakan satu tanaman polong – polongan dan  mudah untuk dibudidayakan yaitu dengan bijinya dengan cara memberi lubang pada media tanah dengan jarak 20 sampai 30 centimeter sebaiknya di mulai di tanam pada setelah musim penghujan.



Tanaman kacang kedelai ini merupakan tanaman yang peka akan cahaya, bila cahaya agak rendah pertumbuhannya memanjang dan biji kedelai ini mempunyai ciri bulat lonjong umunya tapi ada pula yang bulat dan agak pipih dan untuk warna kuning, coklat, hijau dan hitam. Uniknya bila biji kedelai yang kering dan terkena air yang cukup maka akan berkecambah. Batangya bisa mencapai ketingian 30 sampai 100 centimeter dan setiap biji kacang kedelai ini bisa mempunyai cabang 3 sampai 6 batang tergantung jarak tanam. Bunganya mempunyai warna unggu atau putih. Kedelai ini juga banyak kangdunganya seperti vitamin K, vitamin C, thiamin, vitamin B6, vitamin B9, asam volat,  riboflavin, tembaga, fosfor, mangan, zat besi, kalsium, selenium, zinc,  magnesium, kalium, yang tentunya sangat baik untuk kesehatan kita diantaranya :

  1. Terhindar Dari Cacat Lahir
Kangadungan vitamin B kompleks yang juga asam folat  yang terdapat pada kedelai ini dapat mencegah bayi lahir cacat.

  1. Mencegah Anemia
Kandungan zat besi yang terdapat pada kedelai ini mampu untuk pembentukan sel darah merah atau hemoqlobin yang tentunya baik untuk penderita anemia sehingga tubuh kita tidak lemas dan loyo.

  1. Mencegah Penyakit Kanker
Kedelai ini juga termasuk antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi resiko bergagai penyakit kanker, karena antioksidan ini bermanfaat menetralisir radikal bebas yang menyebabkan sel – sel sehat yang bermutasi menjad sel - sel kanker.

  1. Menyehatkan Pencernaan
Serat yang terdapat pada kedelai ini penting untuk mendorong pegerakan limbah di sistem pencernaan sehingga bebas hambatan dan menjadikan sistem pecernaan menjadi normal dan sehat .

  1. Menyehatkan Tulang
Kandungan mineral yang terdapat pada kedelai seperti kalsium, magnesium, selenium dan tebaga ini juga di perlukan dalam proses dalam tubuh, dalam hal ini untuk kesehatan tulang karena untuk pertumbuhan dan penyebuhan tulang perlu kandungan mineral tersebut.

  1. Baik Untuk Metabolisme
Kedelai merupakan sumber protein nabati. Protein sangat baik untuk pembangun sel dan pembuluh darah, maka dari itu bila protein ada cukup fungsi metabolisme dan seluruh sistem dalam tubuh meningkat pesat sehinga metabolisme menjadi normal dan sehat.

  1.   Baik Untuk Wanita Yang Monopause
Gejala ini pasti akan melanda pada setia wanita dan gejalanya seperti rasa mood berkurang, sering lapar dan hot flashes ini disebabkab kadar estrogen wanita menurun, tapi jangan khwatir untuk menangkis semua gejala tadi bisa menkonsumsi kedelai karena didalam kedelai ini terdapat senyawa organic  Isoflavon yang penting untuk wanita yang sedang massa monopause .

  1. Menambah Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan macam vitamin dan mineral yang terdapat pada kedelai ini baik sekali untuk menambah sistem kekebalan tubuh kita.
ARTIKEL TERKAIT