Manfaat Labu Putih Atau Blonceng Untuk Kesehatan



www.seratu.com
LABU PUTIH ATAU BLONCENG
Labu putih atau blonceng ini termasuk sayuran yang sering kita nikmati yang tentunya setelah dimasak mempunyai rasa kenyal, lembut dan nikmat. Labu putih atau blonceng ini sering dimasak dalam bentuk masakan berkuah, kulupan dan lalapan nasi pecel, ada juga labu putih ini di buat jus dan di campur jeruk nipis berkhasiat untuk menyembuhkan saluran kencing yang dimana pada waktu kita kencing terasa panas, tidak hanya buahnya, tapi daunya pun bisa untuk jus juga yang berkhasiat untuk penyembuhan penyakit kuning. Labu putih ini sering kita jumpai di pasar sayuran biasa dalam bentuk utuh dan di potong – potong menjadi beberapa bagian dan untuk harga sangat terjangkau. Blonceng ini  mempunyai ketahan untuk membusuk yang cukup lama missal kalau di biarkan di alam terbuka bisa bertahan kurang lebih 3 hari apa lagi di biarkan di kulkas pasti cukup lama.


Blonceng atau labu putih ini sangat mudah untuk di budidayakan yaitu dengan biji pada buah blonceng ini yang dibiarkan lama sampai mengering di pohonya lalu ambil bijinya dan keringkan dan biarkan cukup lama setelah itu bisa di tanam degan catatan air yang cukup. Sekarang benihnya  sudah tersedia di toko pertanian dengan kwalitas yang bagus dan banyak macamnya . Sifat tanaman ini hidupnya merambat dan mempunyai bunga di ketiak daunya yang berwarna kuning kehijauan, mempunyai mahkota kurang lebih 5 dan benang sari 5 putiknya berjumlah 3. Bentuk labu putih atau blonceng ini bulat memanjang berwarna hijau kekuningan dan kulitnya bertekstur keras, untuk dagingnya berwarna putih dan terdapat biji yang banyak  berbentuk pipih lonjong berwarna putih berakar tunggang.

Labu putih ini memang enak untuk di konsumsi juga bermanfaat untuk kesehatan kita karena banyak mengandung  lemak, serat, gula, karbohidrat, energi, protein, vitamin A, bkharoten, vitamin B1, B2, B3, B5, B6,B9, C, E, polifenol, saponin, seng, sodium, kalium, fosfor, magnesium, zat besi dan kalsium . Labu putih atau blonceng ini sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh kita diantaranya :

1.Untuk Menurunkan Berat Badan
Kandungan kalori yang terdapat pada labu putih atau blonceng ini mampu untuk menurunkan berat badan karena menggadung kalorinya yang sangat sedikit.

2.Bisa Menyembuhkan Sembelit
Kandungan serat yang terdapat pada labu putih atau blonceng ini berkhasiat untuk mengatasi penyakit sembelit kita.

3.Baik Untuk Kesehatan Mata
Kandungan vitamin A yang terdapat pada labu putih ini sagat tinggi sehingga baik untuk kesehatan mata kita.

4.Antibiotik
Kandungan saponin dan polifenol yang terdapat pada labu putih atau blonceng ini berguna untuk menghambat pertumbuhan kanker, mikroba dan menurunkan kadar darah dan kolesterol

5.Menambah Kekebalan Tubuh
Kandungan bermacam vitamin dan lain – lain yang terdapat  pada labu putih ini sangat baik untuk menambah kekebalan tubuh kita  dan terhindar dari berbagai penyakit dari dalam dan luar.

Labu putih ini juga bisa untuk obat herbal penyakit thypus  dengan cara: siapkan buah labu putih atau blonceng secukupnya dan haluskan bisa pakai blender  lalu siapkan kunir secukupnya dan haluskan bisa di parut atau mengunakan blender setelah itu jadikan satu aduk sampai rata dan peras dan saring untuk diambil airnya setelah itu minum air tersebut pagi dan sore, lakukan secara rutin. Labuh putih ini bila sering dikonsumsi di percaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit diantaranya Menurunkan Panas, Tekanan Darah Tinggi Dan Diabetes.


     
ARTIKEL TERKAIT