Manfaat Sayuran Kacang Panjang Untuk Kesehatan Kita



www.seratu.com
SAYURAN KACANG PAJANG
Kacang panjang ini merupakan jenis sayuran yang sering kita konsumsi, ini dikarenakan sayuran kacang panjang ini mudah kita jumpai terutama di kawasan panas asia. Kacang panjang ini merupakan tanaman sayuran yang tak mengenal musim, karena itu tanaman ini mudah kita jumpai dan untuk harga kacang panjang ini variatif tergantung permintan pasar. Masyarakat sangat menyukai kacang panjang ini karena kacang panjang mempunyai rasa renyah, segar dan netral umumnya masyarakat menyukai kacang panjang ini yang masih muda dan baru dipetik dari pohon karena tidak layu. Sayuran kacang panjang ini sering di buat lalapan mentah yang dicolekan dengan sambal, tidak itu saja kacang panjang ini bisa buat bermacam – macam olahan seperti tumis, lalapan sambal kacang dan masakan berkuah.

Tanaman kacang panjang ini di perkembangbiakian dengan biji dan untuk macamnya sangat banyak dari hasil perkawinan silang terutamanya. Tanaman ini hidup dengan cara memanjat ke atas dan melilit maka dari itu para petani sering mengunakan tongkat dari pohon bambu yang dibelah menjadi beberapa bagian dengan panjang sekitar 1,5 meter dan kemudian di tancapkan di dekat tanaman kacang tersebut dengan jarak sekitar 12 centimeter  yang berguna untuk membantu dan menata tanaman kacang panjang ini agar lebih teratur dan memudahkan petani untuk memanen sayuran kacang panjang ini.

Tanaman kacang panjang ini mempunyai ciri dengan pohonya berbentuk batang kecil sekitar berdiameter 0,5 centimer dan bercabang dan berbunga yang nantinya akan menjadi kacang panjang dan daunya berwarna hijau muda berbentuk mirip tanda cinta dan daunya ini juga bisa dikonsumsi dibuat lalapan yang dinamakan lembayung. Tanaman kacang panjang ini mampu hidup di dataran tinggi hingga 800 meter dpl dan dataran rendah, untuk suhu tumbuh sekitar 15 sampai 24°C dan curah hujan 600 sampai 1500 milimeter per tahun. Tanaman ini selain enak di konsumsi juga sangat baik untuk kesehatan kita karena tanaman ini mengandung  : magnesium,  folat,  vitamin C,  kalium,  fosfor, besi,  riboflamin,  vitamin A,  thiamin dan kacang panjang mentah juga mengadung nilai gizi per 100 g (3.5 oz) energi 196 KJ (47 KCAL),  karbohidrat 8 g,  diet serat 3,6 g,  lemak 50 g,  protein 200 g,  sumber : USDA Nutrient database. Sedangkan kacang panjang ini sangat bermanfaat sekali untuk mengobati berbagai penyakit diantaranya :


- Kurang Darah                                     - Sakit Pinggang

- Pembebekakan                                   - Meningkatkan Nafsu Makan

- Rematik                                               - Sulit Buang Air Besar (BAB)

- Demam Berdarah                               - Beri – Beri

- Sel Darah Merah                                 - Kelainan Antibodi

- Memperbaiki Fungsi Limpa               - Batu Ginjal

- Penyatuan DNA Dan RNA                  - Peluruh Kencing

- Anti Kanker                                         - Kanker Payudara

- Leukemia                                             - Anti-Bakteri

- Antivirus                                              - Antioksidan

Ganguan Saluran Kencing                 - Memperkecil  Penyakit Stroke

Menjaga Kesehatan Jantung             - Menjaga Kesehatan Tulang

- Menyehatkan Mata                              - Menyehatkan Ginjal

- Baik Untuk Kesehatan Kulit               - Mencegah Sakit Kepala
ARTIKEL TERKAIT