Manfaat Tanaman Bunga Kertas Atau Bougenville Untuk Kesehatan Kita



www.seratu.com
TANAMAN BUNGA KERTAS ATAU BOUGENVILLE
    Bunga kertas, bagi pencinta bunga pasti sudah tau tentang bunga kertas. Dalam pengucapan bahasa Inggris disebut dengan Bougenville Flower, dalam bahasa Cina Ye zi Hua. Sedangkan dalam nama ilmiah disebut Bougainville Glabra Choisy.Bunga bugenvil atau bunga kertas merupakan tanaman yang sangat populer untuk dijadikan tanaman hias Karena bunganya berwarna – warni, oleh sebab itu banyak orang menjadikan tanaman bugenvil sebagai tanaman hias yang sangat populer karena kecantikan warnanya, selain itu perawatannya pun sangat mudah.


    Bougainville disebut sebagai tanaman bunga kertas, karena bentuk seludang bunganya yang tipis seperti kertas. Tanaman bugenvil mempunyai bentuk pohon kecil yang sukar tumbuh tegak. Batang tanaman bunga ini agak keras, mempunyai duri yang tajam dan bercabang – cabang. Batang kayu dengan duri terkait, tingginya kurang lebih 5 – 15 meter.Bunganya kecil – kecil menyerupai terompet, berkelopak tiga pada setiap bunga mempunyai pelindung daun yang lebar, sehingga tiga bunga tersebut berbentuk satu kuntum bunga. Keindahannya terdapat pada seludang bunga yang indah, cerah dan menarik, karena bunganya tumbuh mekar. Warna bunga berbagai macam seperti jingga, merah jambu, merah menyala, merah pucat, kuning, ungu, putih, dan campuran warna.Daunnya tunggal, bertangkai duduk berhadapan.Tanaman ini mempunyai sulur yang rapat, daun yang lebar dan lebat berbentuk bujur tirus sampai bulat. Ujungnya runcing bertepi rata, panjangnya 4 samapi 10 centimeter dengan lebar 2 sampai 6 centimeter.

   Seludang bunga ini kerap dianggap dari sebagian bunga, walaupun sebenarnya yang benar adalah bunga yang kecil terlindung oleh seludang. Pada saat tanaman ini berbunga memiliki kebiasaan merontokkan beberapa daunnya. Ada beberapa jenis bunga kertas yang tersohor ialah “Bougainville Elizabeth angus”, ” Bougainville red”, “Bougainville pultonii”, “Bougainville bady mary baring, dan “Bougainville easter parade”.Tanaman ini bisa ditanam dikawasan beriklim tropis diketinggian 1 – 1400 meter diatas permukaan laut, dan tingginya tanaman ini bisa mencapai 10 meter. Cocok sekali ditanam  diperkarangan rumah atau sebagai pagar tanaman agar tambah kelihan menarik dan indah saat dipandang. Selain digunakan sebagai tanaman hias, ternyata bunga bougainville juga dimanfaatkan untuk mempercantik rambut sebagai asesoris, campuran bunga untuk mandian pewangi, dan digunakan untuk acara pemakaman bagi kaum cina dan india.


    Sudah sejak lama tanaman bougainville banyak dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Pertama kalinya Negara Filiphina mengembangkan bunga bougenville sebagai obat, lalu menyebar kenegara  di Eropa, Amerika dan Asia. Banyak ditemukan senyawa yang terdapat pada bunga bougenille diantaranya : Tannin, Pinitol, Alkaloid, Antrakuinon, Asam oksalat( bagian daun)Betasianin, Flavonoid, Senyawa fenolik, Glikosida, Terpenoid, Saponin, Steroid, Minyak esensial, Lemak danProtein.
Karena itulah bougenville bisa digunnakan untuk pengobatan herbal diantaranya :


1.    Kolestrerol
Kolesterol yang banyak dapat menyebabkan resiko diabetes, serangan jantung, stroke dan tekanan darah tinggi. Karena itu diperlukan keseimbangan jumlah kolesterol HDL dan LDL dalam tubuh.
Caranya dengan mengkonsumsi teh dari bunga bougainville, ekstrak dari daun bougainville akan mampu menjaga keseimbangan kolesterol dan tekanan darah.

2.    Melancarkan Pencernaan
Gangguan pencernaan seperti gangguan lambung, diare dan perut kembung ini bisa terjadi karena bakteri yang masuk kedalam tubuh. Karena bakteri biasa masuk dengan berbagai cara, ini dapat diatasi dengan daun bunga bougainville.
Caranya cuci bersih beberapa helai daun bougainville, rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga airnya tinggal setengah gelas. Minum dan campur dengan madu untuk menyembuhkannya dan membunuh bakteri yang ada dalam tubuh.

3.    Gatal – Gatal
Gatal – gatal ini bisa terjadi karena biang keringat, alergi atau jamur pada kulit. Untuk mengatasinya.
Caranya  cuci bersih bunga bougainville, daun sirih, daun lidah buaya yang sudah dikupas, masing – masing secukupnya. Rebus semua bahan sampai mengental lalu dinginkan, oleskan gel tadi pada bagian yang gatal – gatal.

4.    Hepatitis
Tidak hanyak bunga atau daunnya, batang dari bunga bougainville dapat mengobati hepatitis.
Caranya cuci bersih 15 gram batang bougainville, kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal 1 gelas. Saring, lalu minum selagi masih hangat sehari 1 gelas.

5.    Haid Tidak Teratur
Bagi para wanita untuk mengatasi haid yang tidak teratur.
Caranya cuci bersih 9 sampai 15 gram bunga bougainville dan 15 gram rumput teki. Kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal 1 gelas, saring dan minum sehari 1 gelas.

6.    Atasi Keputihan Dan Nyeri Haid
Apabila mengalami keputihan yang berlebihan atau saat haid merasakan nyeri dibadan ini semua dapat diatasi.
Caranya cuci bersih 9  sampai  15 gram bunga bougainville rebus dengan 2 gelas air samapi tersisa 1 gelas, Lalu saring dan minumlah sehari 1 gelas.

7.    Bisul
Caranya cuci bersih bunga bougainville dan daun cocor bebek secukupnya. Tumbuk kedua bahan tersebut sampai halus, lalu tempelkan pada bisul. Lakukan sampai bisul sembuh.

8.    Menyegarkan Badan

Untuk menyegarkan badan anda yang terasa capek karena aktifitas seharian, minum lah ramuan bunga bougainville agar badan anda segar kembali.
Caranya cuci bersih bunga bougainville jenis glabra sebanyak 10 gram, rebus dengan 3 gelas air selama 15 menit, lalu saring dan minumlah sehari 2 kali.
ARTIKEL TERKAIT