Manfaat Tanaman Lidah Buaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan



www.seratu.com
TANAMAN LIDAH BUAYA

Lidah buaya tentu semua sudah tau akan tanaman ini. Lidah buaya atau Aloe Vera memiliki nama latin yang lebih dikenal dengan sebutan Aloe Barbadensis Milleer adalah sejenis tanaman yang sudah dikenal sejak ribuan taun yang digunakan untuk penyubur rambut, perawatan kulit, dan penyembuhan luka.  Dari 200 spesies, hanya 4 spesies lidah buaya yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan. Yang sangat popular ialah Aloe barbadensis yang berasal dari pulau Barbados Amerika Tengah. 



Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika. Di Indonesia lidah buaya sudah dibudidayakan sejak tahun lalu, dan sudah meluas di daerah Pontianak, Kalimantan barat, tapi jenis yang meraka usahakan lidah buaya sejenis ALOE SIENSIS yang berasal dari Cina. Seiring dengan kemajuan teknologi kini lidah buaya dapat berkembang pesat sebagai industri bahan baku farmasi dan kosmetik, serta untuk bahan makanan dan minuman kesehatan tanpa mengurangi nutrisi yang terkandung didalamnya. Untuk lidah buaya ini bisa diproses menjadi manisan, dodol, teh lidah buaya, dan bisa diolah menjadi rendang. Dari 10 jenis tanaman lidah buaya menjadi terlaris didunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan menjadi obat dan bahan baku industri.

Lidah buaya merupakan jenis tanaman yang bisa tumbuh dimana saja, baik di pekarangan rumah, kebun dan bisa ditanaman di dalam pot untuk dijadikan tanaman hias. Selain itu, lidah buaya merupakan tanaman yang sangat kuat, maksudnya kuat disini bisa bertahan dalam segala musim baik musim hujan maupun musim panas. Selain itu lidah buaya juga mudah dan cepat sekali tumbuh dan tahan dari hama, serta mengandung aneka zat gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita diantaranya :

  1. Penyubur Rambut
Rambut adalah mahkota bagi kaum pria dan wanita. Dalam hal perawatan lidah buaya sudah dipercaya sejak zaman dahulu, lidah buaya dapat mempercepat pertumbuhan rambut, mengurangi munculnya ketombe dan dapat digunakan sebagai pengganti condisioner.
Caranya: Ambillah daun lidah buaya yang segar. Belah dan potong menjadi beberapa bagian. Ambilah daging lidah buaya yang seperti agar – agar / jelly, lalu gosok - gosokkan pada kulit kepala lakukan sesudah mandi sore, kemudian bungkus dengan kain, keesokan harinya kramaslah seperti biasa. Lakukan selama 3 bulan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

  1.  Sebagai Antioksidan
Kandungan yang terdapat pada lidah buaya sebagai antioksidan yang sangat baik untuk mencegah radikal bebas dalam tubuh. Sehingga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu mencegah penyakit degenatif, dan mampu meminimalisir penyebaran sel - sel kanker. Caranya kita biasa mengkonsumsinya degan jus lidah buaya.

  1. Perawatan Kulit
 karena lidah buaya sangat cocok untuk perawatan segala jenis kulit. Karena lidah buaya mempunyai supply   oksigen ke sel yang bisa menguatkan dan menyehatkan rambut.
Caranya : Ambil beberapa potong lidah buaya dan sisikan gelnya. Hancurkan gelnya lalu oleskan pada kulit, hasilnya kulit akan menjadi lembut, bersinar dan keriput pun akan hilang.

  1. Menghilangkan Jerawat
Wajah berjerawat dapat dihilangkan dengan lidah buaya. Caranya : Ambillah lidah buaya secukupnya , kemudian belah dan ambil getahnya atau lendirnya, kemudian oleskan pada wajah yang berjerawat, tunggu selama 15 sampai 20 menit kemudian basuh dengan air hangat sampai bersih. Lakukan sehari 1 kali.

  1. Menghilangkan Flek Hitam
Flek hitam bisa disebabkan karena bekas jerawat atau akibat sinar ultra v, itu semua dapat dihilangkan dengan secara alami yaitu dengan mengunakan lidah buaya.
Caranya : Sebelumnya cuci mukalah terlebih dahulu, sediakan jelly lidah buaya yang sudah dibersihkan dari lendirnya, kemudian oleskan jelly lidah buaya ke wajah dan biarkan selama 30 menit, setelah itu bersihkan wajah dengan air sampai bersih lalu keringkan, lakukan minimal sehari 2 kali secara rutin.

  1. Kesehatan Bulu Mata
Menginginkan keindahan dan kelentikan bulu mata sangat di harapkan oleh semua orang, termasuk kaum wanita. Untuk itu perlu menjaga kesehatan bulu mata dengan lidah buaya.
Caranya : Cuci bulu mata dari bahan kimia seperti mascara. Lalu ambil jelly lidah buaya lalu oleskan pada bulu mata secara perlahan - lahan, biarkan selama 30 menit kemudian cuci dengan air bersih. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang sempurna, jadi tak perlu lagi repot - repot memakai bulu mata palsu.

  1. Menyuburkan Alis
Jelly lidah buaya juga bisa di gunakan untuk mempertebal alis. Caranya : Sebelum tidur oleskan jelly lidah buaya pada alis mata. Lalu ke esokan paginya bisa cucilah dengan air sampai bersih, lakukan setipa hari untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

  1. Membersihkan Mekup
Produk Pembersih wajah banyak sekali yang beredar di pasaran. Harganya pun bertingkat - tingkat dari yang murah sampai yang mahal. Tapi jangan sembarangan membeli produk biasanya produk yang kita beli tidak cocok dengan kulit wajah kita bisa berakibat alergi, iritasi, jerawat dan lain - lain. Untuk itu gunakan lidah buaya untuk pembersi wajah alami.
Caranya :  Ambillah jelly alami lidah buaya, lalu oleskan pada wajah, maka ia akan membersihkan makeup dengan lembut tanpa iritasi.

  1. Melembabkan
Sekarang tak perlu mahal membeli produk pelembab, lidah buaya dapat dijadikan pelembab alami dan aman untuk kulit yang sensitive, kering dan berminyak. karena dengan lidah buaya bisa memberikan rasa dingin di kulit dan aman untuk kulit wajah sensitive, dan berjerawat.

  1. Mengatasi Diabetes
Dengan mengkonsumsi  lidah buaya dapat membantu menurunkan gula dalam darah bagi yang memderita diabetes.
Caranya : Ambillah beberapa batang lidah buaya cuci sampai bersih dan buang durinya, kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih  dan airnya tersisa hingga menjadi 1 ½ gelas.  Minumlah masing - masing setengah gelas sehari 3 kali.

  1. Mengobati Wasir
Lidah buaya merupakan obat tradisional  juga dapat mengobati wasir.
Caranya : Siapkan setengah batang lidah buaya cuci bersih, tambahkan 2 sendok makan madu dan setengah cangkir air matang. Parut lah lidah buaya, kemudian campurkan madu dan air aduk sampai rata lalu saring ambil air nya. Minumlah ramuan ini sehari 3 kali.

  1. Melancarkan Pencernaan
Lidah buaya dapat membantu dalam mendetoksifikasi dan meningkat kan proses pencernaan, seperti sembelit, sindrom iritasi usu, mulas, dan iritasi saluran pencernaan lain nya, karena lidah buaya merupakan obat pencernaan yang baik. Caranya dengan mengkonsumsi jus lidah buaya.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Lidah buaya merupakan sumber yang kaya akan vitaminnya , seperti Vitamin A,  Vitamin B1, B2, B6, B12,  Vitamin C dan E, asam folat dan niaci, semua itu baik untuk kesehatan tubuh. Jadi dengan menkonsumsi jus lidah buah buaya setiap hari dapat menjaga kekebalan tubuh dan meningkatkan pertahanan tubuh, sehingga terlindungi dari jenis stress oksidatif.

  1. Menyembuhkan Luka
Lidah buaya dapat membantu jaringan kulit yang telah terluka. Dengan rasa yang dingin dan lembab dari gelnya bisa mengobati luka. Bisa menggunakan gel lidah buaya yaitu lendir. Caranya : Ambillah lidah buaya potong dan belah menjadi beberapa bagian, untuk mendapat kan lendirnya dengan cara menyayat - nyayat gelnya, lalu oleskan pada bagian kulit yang bermasalah seperti luka bakar, jerawat, dan di gigit serangga.

  1. Mengobati Bisul
Caranya lumatkan daun lidah buaya lalu tambahkan sedikit garam , kemudian templekan pada bisul.

  1. Menjaga Berat Badan
Dengan mengkonsumsi jus lidah buaya dapat menurun kan berat badan dan menjaga berat badan agar tetap ideal.

  1. Menjaga Kesehatan Mulut
Lidah buaya juga baik untuk kesehatan mulut dan gusi, terutama dalam memperbaiki gusi yang memburuk.

  1. Detoksifiasi Dalam Tubuh
Lidah buaya merupakan tanaman yang mengandung gelatin. Gelati disini berfungsi untuk menyerap racun yang bersemanyam didalam usus dan mengeluarkan bersama kotoran pada saat kita BAB.

ARTIKEL TERKAIT