Manfaat Tanaman Lompong Atau Daun Talas Untuk Kesehatan Kita


www.seratu.com
TANAMAN DAUN TALAS ATAU LOMPONG
Lompong atau daun talas ini merupakan makanan yang mengingatkan kita pada zaman dahulu yang dimana di era tahun 1950 ini merupakan makanan yang faforit, ini karena di zaman dahulu masih krisis pangan ini terjadi khususnya di Negara Indonesia. Lompong atau daun talas ini merupakan tanaman talas  – talasan yang juga merupakan penghasil umbi dan tanaman ini diduga berasal dari asia tengara atau asia tengah bagian selatan dan tanaman ini juga diperkirakan di budidayakan sejak zaman purba. Daun talas ini mempunyai daun yang lebar dan berbentuk perisai yang dizaman dulu bisa duganakan untuk penutup kepala dari hujan ini dikarenakan daun talas ini yang bagian bawahnya berlilin.

Tanaman lompong atau daun talas ini bisa dimasak dibuat makanan berkuah dan yang diambil hanya batangnya yang masih remaja saja yang mempunyai rasa manis dan pedas dan sifatnya netral. Tanaman daun talas ini juga menghasilkan umbi yang juga bisa dimasak layaknya ketela yaitu di rebus. Daun yang muda atau tua daun talas ini juga bisa buat pakan makanan ternak lele. Daun talas atau lompong ini mudah sekali dijumpai di kebun atau pekarangan belakang rumah karena tanaman mudah sekali tumbuh di alam Indonesia.

Tanaman lompong atau daun talas ini bisa mencapai ketingian 1,5 meter dari tanah untuk jumlah daunya bisa mencapai 2 sampai 5 helai daun dan berwarna hijau untuk pangkalnya berbertuk pelapah dan bundar telur atau lonjong tentunya berwarna hijau. Tanaman ini  juga mengandung getah yang dapat menyebabkan gatal maka dari itu perlu dimasak dulu untuk menghilangkan getahnya yang menyebabkan gatal dan juga sebagai penghasil sumber karbohidrat yang cukup penting juga. Tanaman ini selain enak dikonsumsi juga mengandung serat, lemak, karbohidrat, protein, zat besi, fosfor, kalsium, vitamin C, vitamin A dan vitamin B1 yang tentunya sangat bermanfaat untuk tubuh kita diantaranya :

     Sangat Baik Untuk Pencernaan
Kandungan serat yang terdapat pada lompong atau daun talas ini sangat baik sekali untuk sistem pencernaan kita.

     Menstabilkan Tekanan Darah
Kandungan zat kalium yang terdapat pada lompong atau daun talas ini mampu menstabilkan tekanan darah

     Mengurangi Rasa Kelelahan
Kandungan indeks glimetik yang terdapat pada lompong atau daun talas ini memberi efek mengurangi kelelahan kita dalam menjalankan aktivitas sehari – sehari.

     Cadangan Energi Dalam Tubuh
Kandungan karbohidrat yang berubah menjadi kalori yang terdapat pada lompong atau daun talas ini mampu menyuplai kalori yang dibutuhkan tubuh untuk melakukakn aktivitas sehari – hari.

     Menyehatkan Jantung
Kandungan kalium yang terdapat pada lompong atau daun talas ini berkhasiat untuk mengatur detak jantung tetap sehat.

     Menambah Kekebalan Tubuh Menjadi Lebih Kuat
Kandungan vitamin dan zat antioksidan yang terdapat pada lompong atau daun talas ini mampu menambah kekebalan tubuh kita menjadi lebih kuat sehingga tubuh kita tetap stabil kesehatanya.



ARTIKEL TERKAIT