Manfaat Tanaman Sawi Hijau Untuk Kesehatan

www.seratu.com
SAWI HIJAU DI SAWAH
Tanaman sawi hijau ini mudah sekali kita jumpai di pasar – pasar tradisional dan sudah tidak asing lagi bagi masyarakat umum apalagi masyarakat yang hobinya wisata kuliner karena tanaman sawi hijau ini banyak digunakan dalam beberapa masakan terutama Mie Ayam ( pansit ), Mie Goreng dan lain - lain ini di karenakan rasa sawi hijau ini mempunyai rasa yang khas dan nikmat. Sawi hijau ini juga mempunyai saudara yaitu sawi putih yang dalam bahasa latin di sebut juga brassica sinensis.

Budidaya sawi hijau ini dengan mengunakan biji yang kecil berwarna merah, merah kehitaman dan sangat mudah sekali tumbuh dengan syarat air yang cukup, untuk sawi ini sendiri sudah siap di panen antara umur 25 sampai 35 hari  bila telat untuk di panen maka akan muncul bunga yang berwarna kuning ini yang sangat mempengaruhi pembeli untuk membelinya. Untuk sawi hijau ini juga tak lepas dari penyakit atau hama seperti ulat  dan sejenis kaper yang tentunya menyerang daunnya, maka dari itu petani selalu intensif dalam perawatanya dengan mengunakan obat kimia, maka dari itu bagi masyarakat sebelum mengkonsumsi harus benar – benar memebersikan sawi hijau tersebut. Sawi hijau ini mempunyai ciri batangya berwarna putih kehijauan dan daun yang berwarna hijau dan satu biji sawi bisa mempunyai batag dan daun lebih dari 7 .

Sawi hijau ini selain enak di konsumsi juga bermanfaat untuk kesehatan kita karena sawi hijau ini juga banyak kandunganya seperti  vitamin C,  vitamin A,   karbohidrat,   lemak,   protein,   kalori,   vitamin B6,   magnesium,   zat besi,   kalsium dan lain - lain. Maka dari itu sawi ini juga berkhasiat untuk kesehatan kita diantaranya :

1.      Baik Untuk Menu Diet
Kandungan kalori, lemak dan serat yang terdapat pada sawi hijau ini cocok untuk menu diet kita.

2.      Baik Untuk Kesehatan Mata
Kandungan vitamin A yang terdapat pada sawi hijau ini sangat baik untuk kesehatan mata kita khusunya untuk menjaga kesehatan selaput lendir.

3.      Baik Untuk Kesehatan Tulang
Kandungan vitamin K yang terdapat pada sawi hijau ini baik sekali untuk tulang terutama bagi yang sakit patah tulang  karena kandungan vitamin K ini meningkatkan peyerapan kalsium.

4.      Menjaga Pola Tidur Dan Suasana Hati
Kandungan folat yang di temukan dalam  kolin yang terdapat pada sawi hijau ini sangat baik untuk mengantur tidur , nafsu makan dan suasana hati

5.      Menjaga Kesehatan Rambut Dan Kulit
Kandungan vitamin A yang terdapat pada sawi hijau ini salah satu bahan dasar yang di butuhkan untuk pertumbuhan semua jaringan dalam tubuh seperti rambut dan kulit.

6.      Menambah Sistem Kekebalan Tubuh Kita
Kandungan vitamin dan mineral penting yang terdapat pada sawi hijau ini  bermanfaat sekali untuk pembentukan antioksidan dalam tubuh sehinga kita bisa terhindar dari berbagai penyakit.

7.      Melawan Penyakit Kanker
Kandungan antioksidan, indoles, sulfuraphane, karoten dan asam folat yang terdapat pada sawi hijau ini mampu menghabat pertumbuhan sel kanker.


ARTIKEL TERKAIT