Teryata Tanaman Kecubung Bisa Untuk Pengobatan Herbal

      
www.seratu.com
POHON, BUNGGA DAUN KECUBUNG
Kecubung ( Daura Metel) merupakan tanaman perdu anggota dari suku “Solanaceae”, tumbuhan ini juga masih kerabat dengan “Datura”. Kecubung juga memiliki nama lain seperti korantungan, tahuntungan (minahasa) kecubung, cubung(jawa dan sunda), bembe(bima), bulutube (gorontalo), kecubueng, torn mabo(sumatra). Tanaman kecubung tumbuh ditempat yang beriklim panas dan sekarang dibudidayakan diseluruh dunia.


  Kecubung adalah tumbuhan bunga hias yang berbentuk terompet yang besar. Kecubung berasal dari Asia Tenggara namun ada juga terkenal dari Benua Amerika.  Kecubung bisa hidup didaerah dataran rendah dengan ketinggian 800 meter dari permukaan laut. Kecubung dikatagorikan jenis semak, selain tumbuh liar di hutan dan ladang, kebanyakan kecubung juga ditanam di kebun atau sebagai tanaman hias untuk menghiasi pekarangan rumah. 

          Kecubung atau Daura Metel tanaman perdu yang tingginnya tidak lebih 2 meter, batang kayu yang tebal dengan cabang mengembang ke sisi kanan dan kiri.Daun kecubung berwarna hijau, berbentuk bulat dan bagian tepinya berlekuk – lekuk tajam dan letaknya berhadap – hadapan, pada bagian ujung daun meruncing dengan tulang menyirip.Bunga kecubung bentuknya seperti terompet dengan bermacam warna seperti putih, ungu, atau ungu, kuning. karena kecubung merupakan sebagian dari tanaman hias sehingga mempunyai warna bunga yang beraneka ragam.Buah kecubung bentuknya bulat dengan salah satu ujungnya bertangkai pendek melekat kuat dengan diameter 4 sampai 5 meter, buahnya berwarna hijau, pada bagian kulitnya dihiasi duri yang tajam, jika buahnya dibelah terdapat biji sebesar biji kopi berwarna kuning kecoklatan dan bentuknya gepeng.

       Ada beberapa macam jenis tanaman kecubung yang biasa disebut Kecubung Kasihan (datura metel), Kecubung Kecil ( Datura stramonium) dan Kecubung Hutan ( Brugmansia suaveolens). Tapi sebagian besar di Indonesia di kenal dengan kecubung kasihan atau datura metel. Kecubung yang berbunga putih adalah kecubung yang paling beracun diantara jenis lainnya yang juga mengandung zat alkaloid, untuk itu penggunaannya harus hati – hati dan hanya digunakan untuk obat luar saja. 

Mungkin ada yang mengira tanaman kecubung adalah tanaman yang kurang baik atau negatif, banyak sekali orang menyalah gunakan bunga kecubung berkhasiat anestesi sebagai penghilang kesadaran atau untuk obat bius. Sebab pada bagian bunganya terdapat zat metal kristalin yang mempunyai efek relaksasi pada otot lurik. Sebenarnya kecubung juga bisa digunakan untuk pengobatan penyakit lain.

Tanaman kecubung memiliki senyawa kimia alkaloid. Senyawa ini terdapat pada bagian tumbuhan kecubung mulai dari akar, tangkai, daun, bunga, buah dan bijinya. Tapi kandungan yang paling besar terdapat pada akar dan bijinya. Senyawa alkaloid terdiri dari atropin, hiosiamin, dan skopolamin yang bersifat antikholinergik. Kecubung juga mengandung hiosin, zat lemak, kalsium oksalat, meteloidina, norhiosimina, norskopolamina, kuskohigrina, dan nikotina. 

Beberapa cara mengelolah tanaman kecubung untuk pengobatan herbal dan menyembuhkan beberapa peyakit diantaranya :

1.      Obat Rematik
Caranya cuci bersih 10 lembar daun kecubung potong kecil – kecil, lalu jemur sampai kering dan taruh didalam botol campurkan dengan minyak kelapa sebanyak 9 sendok makan tutup rapat biarkan selama 3 hari. Setelah hari ke empat peraslah daun kecubung untuk diambil minyaknya. Kemudian oleskan pada bagian yang terkena rematik.

2.      Obat Asma
Kandungan alkaloid pada kecubung dapat memperlebar pernapasan yang menyempit yang disebabkan asam.
Caranya cuci bersih 10 lembar daun kecubung atau 10 gram bunga kecubung lalu  keringkan beberapa saat dibawah terik matahari. Kemudian gulung sampai menjadi lintingan seperti rokok, kemudian bakar bagian ujungnya lalu matikan apinya, hirup asap yang keluar darihasil membakar lintingan daun atau bunga kecubung tadi.

3.      Obat Sembelit
caranya ambil 2 lembar daun kecubung lalu olesi sedikit minyak kelapa, kemudian panggang daun tersebut diatas api sedang hingga layu.  Setelah layu tempelkan dibawah perut, lakukan 2 sampai 3 kali sehari.

4.      Obat Sakit Pinggang
caranya cuci bersih 9 lembar daun kecubung lalu tumbuk sampai halus, lalu campurkan dengan kapur sirih secukupnya aduk sampai rata, kemudian oleska pada bagian pinggang yang sakit, lakukan secar teratur sampai pinggang sembuh.

5.      Obat Bengkak
Untuk mengobati bengkak akibat keseleo atau akibat benturan yang benda yang keras.
Caranya ambil beberapa daun kecubung lalu dibasahi dengan minyak kelapa, kemudian remas – remas sampai hancur, kemudian tempelkan pada bagian yang bengkak, lakukan  sehari 2 sampai 3 kali.

6.      Obat Eksim
caranya cuci bersih 3 lembar daun kecubung lalu tumbuk halus, campurkan dengan minyak kelapa yang panas mendidih, selagi masih hangat oleskan pada bagian yang terkena eksim.

7.      Obat Diare
Untuk pengobatan diare cukup dengan meminum ramuan rebusan akar kecubung.

8.      Obat Kolera
Sama halnya dengan pengobatan asma.
Caranya cuci bersih satu jari akar kecubung yang berbunga ungu, lalu potong – potong dan rebus dengan 2 gelas air hingga airnya tersisa setengahnya, dinginkan dan saring minum sehari 2 kali masing – masing setengah gelas, dapat dicampur dengan madu untuk mengurangi rasa pahit.
ARTIKEL TERKAIT