11 Manfaat Daun Ubi Jalar Atau Ketela Rambat Untuk Kesehatan


DAUN UBI JALAR /  KETELA RABAT
UBI JALAR, hampir semua orang pasti mengenal dan bahkan pernah mengkonsumsi tanaman umbi yang satu ini. Bahkan di Afrika, ubi jalar dijadikan sebagai salah satu sumber makanan pokok karena kandungan Karbohidratnya yang tinggi. Di Asia, termasuk Indonesia, umbi tanaman ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai jenis olahan makanan seperti ubi goreng, berbagai jenis kue, dan keripik. Selain itu,daun muda ubi jalar juga dibuat sayur dan di beberapa tempat juga sering dijadikan tanaman hias karena keindahan bentuk daun serta warnanya yang hijau cerah.


Pernahkah muncul di benak Anda bahwa manfaat daun ubi jalar hanya sebatas itu saja? Ya, sebagian orang mungkin berfikir seperti itu, tapi siapa yang menduga bahwa ternyata terdapat segudang manfaat yang terkandung pada daun  ubi jalar. 

Ciri Morfologis

Sebelum membahas tentang manfaatnya, ada baiknya kita mengenal ciri fisik daun ubi jalar terlebih dahulu. Berikut pembahasannya :
a.  Daun ubi jalar umumnya berwarna hijau tua dan beberapa ada yang berwarna hijau kekuningan.
b.   Berbentuk bulat hingga lonjong dengan tepi daun rata / berlekuk-lekuk.
c.   Ujung daun meruncing dengan pangkal daun melebar.
d.   Helai daun berbentuk seperti jantung dan sebagian ada yang bersifat menjari.

Habitat

     Umumnya ubi jalar tumbuh subur di daerah beriklim tropis. Cocok ditanam  di daerah dataran rendah hingga ketinggian 500 meter dpl. Tanaman ini akan tumbuh subur di daerah pasir berlempung, yang ditunjang dengan kandungan bahan organik yang kaya serta aeorasi dan drainase yang baik. Tanah yang mendapat sinar matahari langsung ( sekitar 11 sampai 12 jam perhari ) akan sangat baik untuk pertumbuhan tanaman ini.

Manfaat Daun Ubi Jalar

     Terdapat banyak sekali manfaat yang terkandung dalam daun ubi jalar karena kandungan Vit.C, Vitamin B kompleks, dan beberapa senyawa lainnya yang turut mempengaruhi tingkat kesehatan kita.

1.      Menjaga Kesehatan Jantung
Vitamin B6 dan potassium pada daun ubi jalar mampu menyeimbangkan cairan tubuh dan elektrolit yang terdapat pada tubuh, sehingga jantung kita akan tetap sehat dan pada akhirnya penyakit jantung dan stroke dapat dihindarkan.

2.      Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan zat besi pada daun ubi jalar mampu mengaktifkan produksi sel darah putih pada tubuh sehingga ketahanan tubuh akan meningkat. Selain itu kandungan Vitamin D pada daun ini juga berperan penting dalam menjaga mood dan menguatkan sistem kekebalan tubuh.

3.      Menjaga kesehatan Pencernaan
Tingginya serat dan Magnesium pada daun ubi jalar sangat mendukung terhadap kinerja organ pencernaan seperti lambung dan usus, sehingga beberapa masalah pencernaan seperti sembelit / konstipasi dapat diatasi.

4.      Mencegah Anemia
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa daun ubi jalar kaya akan zat besi. Dimana kandungan ini dapat merangsang pembentukan trombosit dalam darah sehingga gejala anemia dapat dicegah atau bahkan dapat disembuhkan.

5.      Mengobati Demam Berdarah
Daun ubi jalar mampu merangsang pembentukan trombosit pada penderita demam berdarah. Karena jika jumlah trombosit terus berkurang, maka akan mudah terjadi pendarahan, bahkan kematian. Karena itulah penderita demam berdarah perlu segera mendapat pertolongan. Salah satunya dengan ramuan daun ubi jalar,sebagai berikut :
-          Siapkan sekitar 25 lembar daun ubi jalar tua, cuci bersih.
-          Rebus dengan 2 gelas air ( 400 mili liter ) hingga mendidih.
-          Saring air rebusan daun, minum 2x sehari.

6.      Antioksidan
Kandungan polifenol pada daun ubi jalar berperan sebagai antioksidan alami yang mampu menjaga sistem imun tetap aktif, sehingga tubuh akan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

7.      Meningkatkan Produksi ASI
Dalam daun ubi jalar terkandung zat - zat Laktagogum yang mampu meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Akan tetapi sebaiknya pilihlah daun yg organik (tanpa pestisida) karena akan berbahaya pada bayi yang disusui.

8.      Mengobati Bisul
Daun ubi jalar dapat digunakan sebagai ramuan untuk mengobati bisul yang mengganggu.
-          Siapkan 10 gram daun ubi jalar segar, cuci bersih.
-          Tumbuk daun ubi jalar hingga lumat.
-          Aplikasikan pada bisul.

9.      Mengobati Rabun
Penglihatan yang terganggu, misalnya mata rabun dapat diobati dengan memanfaatkan daun ubi jalar caranya sebagai berikut :
-          Siapkan ½ genggam daun ubi jalar merah, cuci bersih.
-          Tumbuk daun ubi jalar.
-          Tambahkan 3 sendok makan air masak dan 2 sendok makan madu.
-          Campur ketiga bahan tersebut, peras lalu saring.
-          Minum secara rutin 3x sehari.

10.  Mengobati Sakit Tenggorokan
Sakit tenggorokan yang mengganggu dapat diredakan dengan memanfaatkan khasiat daun ubi jalar caranya sebagai berikut :
-          Siapkan daun ubi jalar secukupnya.
-          Jemur daun hingga kering.
-          Tumbuk daun ubi jalar kering hingga halus.
-          Seduh tumbukan daun ubi jalar dengan air panas.
-          Minum tiap pagi.

11.  Obat Arthritis
Kandungan zat antikarsinogen utama, betakaroten, antioksidan, dan Vit.C mampu menyembuhkan berbagai jenis kanker seperti kanker prostat, ginjal dan organ dalam lainnya.

Demikian pembahasan tentang beberapa manfaat daun ubi jalar. Setidaknya kita mengetahui bahwa pada tanaman ubi jalar bukan hanya umbinya yang dapat dikonsumsi, tapi daunnya pun dapat dikonsumsi dan bahkan banyak memberi manfaat pada kesehatan tubuh kita.       
ARTIKEL TERKAIT