11 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan


www.seratu.com
KAYU MANIS
Kayu manis mempunyai nama binomial yang disebut dengan nama Cinnamomum Verum, Sin. C Zeylanicum. Kayu manis merupakan sejenis pohan yang termasuk rempah – rempah, kayu manis sejumlah rempah – rempah yang memiliki aroma wangi , manis, dan pedas. kayu manis diperoleh dari pohon kayu manis cina.  Pohon kayu manis banyak terdapat diwilayah Indonesia tepatnya didaerah pulau Sumatra.


Kayu manis adalah suatu bumbu makanan yang paling tertua yang digunakan untuk campuran makan yang bermanfaat sebagai pemanis dan memberi aroma makanan. Ada beberapa jenis kayu manis yang dijual dipasaran, di antaranya :

- Cinnamomum verum ‘(True cinnamom, Sri Lanka cinnamom atau Ceylon cinnamom). Kayu manis jenis Ceylon rasanya lebih manis dan lembut dan berwarna coklat muda.
- Cinnamomum burmanii (korintje, kasiavera, atau Indonesia cinnamon). Memiliki rasa yang lebih kuat (lebih pedas)
- Cinnamomum loureiroi (Saigon cinnamon atau Vietnamese cinnamon). Kayu manis dari keluarga
- Cassia rasanya sedikit lebih manis dan harganya pun cukup relative mahal.
- Cinnamomum aromaticum (Cassia atau Chinese cinnamon). Kayu manis  jenis cassia rasanya kurang manis dan lebih keras, warnanya cokat tua cenderung gelap.

Kulit manis Ceylon sering kali digunakan kulit pada bagian dalam yang lebih tipis dan memiliki kesegaran, serta aromanya wangi, kurang padat dan lebih lembut dalam rasa dari pada kasiavera. Kulit manis Sri Lanka dan umumnya berwarna merah kecoklatan  sedang hingga ringan, lebih keras dan bertekstur kayu, serta lebih tebal (2 - 3  mm (0,079 – 0,12 inci) dan menggunakan seluruh lapisan kulit.

Penghasilan utama kayu manis Ceylon adalah Sri Lanka, Brasil, Madagaskar, India, dan karibia dan penghasil utama kayu manis jenis cassia dalah  Cina, Indonesia, dan Vietnam. Cara penyimpanan kayu manis ini diperlukan wadah yang kedap udara dan tempatnya yang gelap, ini bisa bertahan selama setahun, untuk kayu manis yang sudah dihaluskan akan hilang rasanya selama beberapa bulan.

Kayu manis tidak hanya sebagai bumbu masakan, tetapi juga baik untuk kesehatan. Karena kayu manis memiliki kandungan untuk kesehatn dan wajah. Kayu manis kebanyakan dioleh dijadikan minyak.  minyak yang dihasilkan dari kayu manis dimanfaatkan sebagai perawatan kecantikan dan kesehatan. Dalam setiap 100 garam yang terdapat pada kayu manis ini terkandung nutrisi berupa karbohidrat, gula, serat pangan, dan protein, air, riboflavin (vitamin B2), niacin (vitamin B3), asam pantotenat (vitamin B5), vitamin B6, folat (vitamin B9), vitamin C, besi, kalsium, magnesium, fosfor,kalium, sodium, seng dan energi.

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

1.       Anti Bakteri
Bakteri gampang sekali masuk kedalam tubuh manusia, sehingga sering sekali kita gampang terserang penyakit, Karena tidak semua tubuh memiliki sistem kekebalan tubuh yang sama, kayu manis bisa digunakan untuk mencegah bakteri jahat masuk kedalam tubuh. Caranya seduh kayu manis dengan air panas, caranya seperti menyeduh teh.

2.      Anti Infeksi
Kayu manis mengandun komponen anti infeksi natural, yang dapat menghilangkan bakteri yang masuk kedalam tubuh yang menyebabkan penyakit.

3.      Meningkatkan Fungsi Otak
Kayu manis memiliki aroma yang khas dan wanginya yang cukup tajam, dengan aroma yang dimiliki kayu manis ternyata memberi efek yang positif untuk meningkatkan fungsi otak.

4.      Mencegah Pengumpalan Darah
Cinnnaamaldehyde sejenis minyak yang dihasilkan oleh kayu manis dapat mencegah penggumpalan darah,  kayu manis mengeluarkan asam lemak anti peradangan yang disebut arachidonic, lemak ini dapat mengurangi radang dan penggumpalan darah.

5.      Menjaga Kesehatan Jantung
Kayu manis juga dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Kandungan anti inflansi yang terdapat pada kayu manis  bisa melindungi jantung dari bakteri maupun infeksi yang menyerang.

6.      Menurunkan Kolesterol
Kadungan kalsium, serat dan mineral seperti mangan, Dengan campuran kayu manis dan madu dapat menurunkan kolesterol 20%,  Caranya campurkan 1 sendok teh madu dan sejumput bubuk kayu manis kedalam teh. Minumlah sehari 2 kali.

7.      Mencegah Dan Mengobati Diabetes
Dengan mengkonsumsi kayu manis dapat mengontrol gula dalam darah dan dapat meningkatkan respon insulin.

8.      Mengatasi Flu
Penyakit gampang menyerang jikakala musim penghujan. Untuk mengatasinya cobalah minum ramuan air madu hangat dan kayu manis, minum sehari 2 sampai 3 kali, ini sangat baik untuk penyembuhan pilek dan sinusitis.

9.      Meredakan Nyeri Sendi
Dengan campuran madu dan kayu manis juga memiliki efek positif terhadap arthritis kronois. Caranya sediakan segelas air putih lalu tambahkan 1 sendok teh dan setengah sendok teh bubuk kayu manis aduk sampai rata, minum sehari 2 kali saat keadaan perut kosong.

10.  Menghangatkan Tubuh
Kayu manis merupakan sebagian dari rempah – rempah yang dapat menghangatkan tubuh, sama halnya dengan jahe yang dapat menghangatkan tubuh, serta dapat mengatasi penyakit demam.

11.  Menurunkan Berat Badan
Bagi anda yang memiliki berat badan yang berlebihan, ini cara alami untuk menurunkan berat badan. Caranya sediakan ½  sendok teh bubuk kayu manis dan madu 1 sendok teh aduk kedalam gelas sampai rata, kemudian seduh dengan secangkir air panas lalu tutup biarkan selama setengah jam. Minumlah setengah cangkir sebelum sarapan, setengahnya lagi minum pada saat mau tidur malam, dan tidak usah dipanaskan lagi.
ARTIKEL TERKAIT