13 Manfaat Kentang Untuk Kesehatan, Kecantikan Dan Kandungan Didalamnya


www.seratu.com
KENTANG


 Kentang atau Solanum tumberosumi. adalah merupakan tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang yang disebut “kentang”. Kentang sudah dikenal di manca Negara, sekarang umbi ketang menjadi salah satu makanan pokok bagi orang Eropa. Tanaman kentang asalnya dari Amerika Selatan yang telah dibudidayakan oleh penduduknya sejak zaman dahulu.


            Tanaman kentang ini merupakan tanaman pendek tidak berkayu. Tanaman semusiman yang menyukai iklim yang sejuk, sangat cocok ditanam di daerah tropis didataran tinggi.  Kentang tumbuh sekitar 12 sampai 18 inci. Umbinya berada didalam tanah, kulitnya berwarna merah mawar atau cokelat muda (tergantung pada varietas dan tekstur kelembapan), dagingnya pada umumnya berwarna putih terang, ada juga varietas kentang yang memiliki tekstur khusus seperti mentega. Bunganya sempurna dan tersusun majemuk, ukuran cukup besar dengan diameter 3centimeter, warnanya dari ungu hingga putih. Daunnya berwarna hijau saling berhadap – hadapan.  


            Di Indonesia kentang sudah diperjual belikan dipasar maupaun disupermarket. Kentang bisa tumbuh di pengunungan yang memiliki tanah humus, tanah bekas letusan gunung berapi yang berstruktur lemah sangat bagus untuk bercocok tanam dengan ketinggian antara 1000 mdpl hingga 2000 mdpl. Di Indonesia awal mula penanaman kentang di sekitar cimahi, di priangan, gunung tengger, kedu dan sumatera.


            Kentang dapat diolah beraneka macam masakan. Rasa nikmat kentang rebus tidak dapat dibandingkan saat makan snack kentan, kentang goreng dan dipanggang, maupun kentang goreng crispy. Masih banyak olahan kentang seperti diolah menjadi campuran sayurab sop, tumis sambel goreng balao kentang, campuran kue (kue lumpur, donat) dll.  Manfaat kentang yang sesungguhnya menyehatkan, ternyata tidak didapatkan ketika kentang disajikan dengan menggorengnya.Untuk mendapatkan manfaat  dari kentang sebagai makanan sehat adalah dengan cara mengolah kentang dengan cara mengukusnya. Karena pada saat kita mengukuskan akan mendapatkan  kandungan nutrisi yang terdapat pada kentang Seperti:


1.      Rendah Kalori Dan Lemak

Kentang direbus lebih rendah kalori dan lemak, tinggi kadar serta akan membantu perut terasa lebih kenyang. Beda dengan kentang digoreng akan menambah mentega atau krim yang dapat meningkatkan kadar kalori  dan lemak secara signifikan.



2.      Vitamin C Dan Vitamin B

Kentang rebus terdapat kandungan vitamin C dan vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B (tiamin, niacin).  Vitamin C sebagai antioksidan berfungsi untuk melindungi sel kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin B5 yang diperlukan tubuh untuk memecahkan nutrisi menjadi energi dan mendukung fungsi hati. Selain itu kentang rebus membantu tubuh untuk menghasilkan norepinefrin adalah neurotransmitter yang berperan dalam komunikasi saraf dan menjaga hormon.



3.      Mineral

Kentang kaya akan mineral yang sangat bermanfaat untuk membantu tubuh dalam membangun tulang yang kuat dan menjaga fungsi saraf dan otot. Dengan kentang yang direbus bersama kulitnya berukuran besar memberikan 1,1 gram kalium untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan fungsi otot, saraf dan fungsi jantung. Mangan berguna mendukung metabolisme dan membantu memproduksi kolagen – kolagen penting untuk penyembuhan luka. Tembaga membantu tubuh memproduksi oksidase lysy (enzim membantu aspek fungsi otak). Kentang rebus juga memberikan seperlima fosfor dan magnesium dari kebutuhan kita.



4.      Protein Dan Serat

Ketang yang direbus bersamaan dengan kulitnya mengandung 261 kalori, protein 2,6 gram dan lemak 0,3 gram, serat 5,4 gram dan gula alami 2,6 gram. Tapi jika dikupas maka kita akan mendapatkan protein dan lemak, serat, gula alami saja.



Kentang bisa dijadikan makanan sehat alternative sebagai pengganti nasi untuk sarapan pagi. Alangkah baiknya kita mengkonsumsi kentang dengan  merebusnya bersamaan dengan kulitnya, mengingat kandungan gizi yang terdapat pada kentang sangatlah banyak dan lebih baik, jika kentang dikupas saat direbus maka akan kehilangan beberapa kandungan kentang yang ada didalamnya. Jadi tak perlu mengupasnya, kita dapat mengupasnya bagian kulit luar tipisnya pada waktu akan memakannya.


Kentang merupakan makanan pokok yang menjadi salah satu penghasil karbohidrat sebagai sumber energi. Kandungan yang tersimpan pada kentang sangat baik untuk tubuh. Pada kentang terkandung zat – zat seperti karbohidrat, fosfor, zat besi, protein, lemak nabati, dan kalsium serta mineral – mineral penting.


Manfaat Kentang Untuk Kesehatan


1.      Pencegah Kanker

Vitamin B6 yang terkandung dalam kentang dapat melawan terjadinya pembentukan tumor yang dapat memicu terjadinya kanker. Dengan mengkonsumsi kentang dapat mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.



2.      Mengurangi Resiko Batu Ginjal

Kandungan kalsium dan zat besi pada kentang dapat memicu pembentukan batu ginjal, bagi penderita batu ginjal sangat baik untuk mengkonsumsi kentang.



3.      Mengurangi Kolesterol

Kentang dan nasi sama mengandung banyak kalori. Sebab  kentang mempunyai tekstur yang lembut dan dapat membuat rasa kenyang tahan lama karena tumpukan kalori seimbang dan kental. Kentang dalam mengurangi kadar kolesterol berasal dari zat potassium, zat ini dapat membantu menghalangi penumpukan kolesterol dalam darah. Kentang rendah kalori yang dapat menjadi menu diet rendah kalori dengan cara mengukus kentang.



4.      Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kalium yang terdapat pada kentang sangat penting untuk menurunkan tekanan darah, ada juga kandungan zat lain seperti kalium, magnesium dan kalsium merupakan zat yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.



5.      Kesehatan Tulang

Untuk memenuhi kesehatan dan perkembangan tulang ccocok sekali untuk mengkonsumsi kentang. Karena didalam kentang terkandung zat besi, kalsium, fosfor, magnesium, seng semua itu kombinasi sempurna untuk membentuk dan membangun struktur kekuatan tulang.



6.      Kesehatan Jantung

Zat gizi seperti serat, kalium, vitamin C dan vitamin B6 merupakan kandungan yang terdapat didalam kentang yang dapat mendukung kinerja jantung agar sehat.

 

7.      Kesehatan Saraf Dan Otak

Kandungan vitamin B6 yang terdapat pada kentang dapat meredakan stress dalam pikiran.  Karena hormon adrenalin dapat mempengaruhi sel dan pikiran terasa rileks, serta mnumbuhkan perasaan senang dan tenang. Vitamin B6 juga dapat membantu perkembangan otak dan sistem saraf.



Manfaat Kentang Untuk Kecantikan



1.      Mengobati Bengkak Pada Mata

Mata bengkak bisa terjadi karna kurang tidur, untuk mengatasinya coba dengan cara cuci bersih kentang lalu kupas dan parut. Bungkus dengan kain bersih kompreskan pada mata bengkak, lakukan sampai bengkak mengempes.



2.      Mengobati Wajah Berjerawat

Untuk mengatasi wajah yang berjerawat atasi dengan cara kentang diiris tipis – tipis kemudian cuci bersih, kemudian tempelkan pada wajah yang berjerawat, ketika kentang sudah berwarna abu – abu angkat, ini dapat dilakukan pada malam hari.
ARTIKEL TERKAIT