15 Manfaat Ke Tumbar Untuk Kesehatan



www.seratu.com
KETUMBAR
            Banyak sekali jenis tanaman rempah yang tumbuh di bumi Indonesia. Salah satu yang paling terkenal adalah ketumbar. Yang umum dijumpai di pasaran adalah  buah yang telah dikeringkan, baik berupa serbuk atau masih berupa biji. Ketumbar ( Coriandrum sativum ) sering dimanfaatkan untuk  bumbu masakan, bukan hanya bijinya namun daunnyapun sering dimanfaatkan sebagai bahan penyedap beberapa jenis masakan karena memiliki aroma yang tajam dan khas, semacam rasa citrus.


            Selain sebagai bumbu masakan, banyak sekali manfaat yang terkandung dalam ketumbar untuk kesehatan kita. Karena itulah marilah kita mengenal ketumbar lebih dekat.

Ciri - Ciri Morfologis

-  Berakar tunggang, berbentuk bulat dan berwarna putih.
-  Batang berkayu, lunak, beralur, dan berwarna hijau.
-  Daunnya berupa daun majemuk,berwarna hijau dengan tepi daun bergerigi, sekilas hampir mirip dengan seledri.
-  Bunganya berupa  bunga majemuk,berbentuk mirip payung berwarna putih dan merah muda. Kelopak terdiri dari 5 lembar saling lepas dengan 5 buah mahkota.
-  Bentuk buahnya hampir bulat, berwarna hijau saat masih muda dan berwarna kuning kecoklatan saat sudah tua.
-  Bijinya berupa butiran-butiran kecil berdiameter 1 sampai 2 milimeter, berwarna cokelat dan beraroma keras.
-  Tinggi tanaman ketumbar hanya mencapai 50 sampai 100 centimeter.

Habitat

Ketumbar biasa ditanam di kebun - kebun dataran rendah dan dataran tinggi / pegunungan sampai ketinggian 2000 meter dpl. Tanaman ketumbar dipanen setelah berumur 3 bulan.

Manfaat Ketumbar

Semua bagian tanaman ketumbar memiliki manfaat baik dari daun, biji, dan buahnya. Umumnya  ketumbar hanya diketahui sebagai rempah - rempah untuk bumbu masakan, padahal sebenarnya banyak sekali manfaat ketumbar bagi kesehatan tubuh kita. Berikut pembahasannya: 

1.      Membangun Massa Tulang (Anti - Osteoporosis)
Kandungan vitamin K pada ketumbar berperan membangun massa tulang dalam tubuh, sehingga kepadatan tulang tetap terjaga.

2.      Antioksidan Alami
Dalam biji ketumbar terkandung senyawa dan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, asam folat, niasin, dan riboflavin. Semuanya berperan sebagai antioksi dan yang mampu memberi kekebalan terhadap berbagai penyakit yang datang.

3.      Menjaga Kesehatan Rongga Mulut
Pada daun ketumbar terkandung flavonoid, vitamin A & C yang ketiganya berperan dalam menjaga kesehatan rongga mulut.

4.      Menurunkan Kolesterol
Kandungan senyawa asam pada ketumbar seperti asam oleat, asam stearat, asam karbonat, dan asam linoleat mampu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

5.      Obat Encok
Ketumbar dapat dijadikan ramuan untuk meredakan encok yang  sedang kita alami, caranya:
-          Siapkan ketumbar secukupnya, haluskan.
-          Rebus ketumbar halus dengan air secukupnya.
-          Minum selagi hangat.

6.      Mengatasi Nyeri Haid
Nyeri haid yang sering dialami wanita saat datang bulan dapat dikurangi dengan minum ramuan ketumbar sebagai berikut :
-          Siapkan 6 gram biji ketumbar.
-          Rebus bersamaan 500 mililiter air +  sedikit gula.
-          Minum selagi hangat.

7.      Mengobati Jerawat / Komedo
Saat kita mengalami masalah wajah seperti jerawat dan komedo, kita dapat mengatasinya dengan menggunakan ketumbar, berikut caranya:
-          Siapkan ketumbar dan kunyit secukupnya.
-          Haluskan kedua bahan tersebut.
-          Aplikasikan pada wajah yang berjerawat.

8.      Obat Anti Bakteri
Minyak ketumbar mampu membunuh beberapa jenis bakteri yang merugikan seperti bakteri E.colli dan salmonella, karena ketumbar mampu merusak selaput pelindung bakteri dan menghalangi proses pernafasannya.

9.       Mengatasi Anemia
Di dalam ketumbar mengandung zat besi yang sangat berperan dalam pembentukan sel darah merah, sehingga kita akan terhindar dari anemia.

10.  Melancarkan Sistem Pencernaan
Kandungan minyak esensial pada ketumbar mampu gerakan peristaltik perut, sehingga proses pencernaan dan sekresi enzim menjadi lancar.

11.  Anti Peradangan
Bengkak akibat arthritis dan rematik dapat diobati dengan ketumbar karena kandungan cineole dan asam linoleat pada ketumbar.

12.  Mengobati Diare
Kandungan linalool dan borneol dan sifat anti bakteri pada ketumbar mampu membantu pengikatan feses di usus dan meningkatkan fungsi hati sehingga diarepun dapat diatasi.

13.  Mencegah Diabetes
Ketumbar mengandung curmin yang mampu menstimulasi peningkatan sekresi insulin pada pankreas, sehingga kadar gula darah dapat diturunkan.

14.  Detoksifikasi
Ketumbar dipercaya mampu mengeluarkan zat - zat berbahaya dan yang tidak dibutuhkan tubuh seperti merkuri, timbal, dan alumunium. Sehingga kesehatan organ pencernaan akan selalu terjaga.

15.  Terapi Relaksasi
Daun ketumbar mengandung senyawa kaemferol yang dapat membentuk senyawa serotonin dan dopamine yang dapat menimbulkan efek rasa senang. Itulah sebabnya ketumbar dapat dijadikan obat anti depresi.

Dari pembahasan di atas tentunya kita telah sedikit banyak mengenal tanaman ketumbar beserta beberapa manfaatnya. Sehingga mulai sekarang kita dapat mengambil manfaat dari tanaman rempah yang satu ini.
ARTIKEL TERKAIT