25 Manfaat Baking Soda Untuk Kesehatan, Kecantikan Dan Rumah Tangga



image : www.carakhasiatmanfaat.com


Baking soda …. Dalam pembuatan adonan kue basah ataupun kering baking soda di kenal sebagai bahan pengembang, Alhasil  kue akan terlihat mekar dan cantik seperti pembuatan bolo kukus dan masih banyak lagi kue-kue lain nya. Baking soda yang dulu hanya sebagai campuran pengembang adonan kue saja.  Sekarang baking soda juga bermanfaat untuk kecantikan dan kebutuhan rumah tangga.jadi banyak sekali kegunaan dan manfaat baking soda.


        Baking soda samahalnya dengan Sodium Bikarbonat. Ini sangat menarik untuk penggunaannya selain harganya murah , hasilnya sangat memuaskan. Tapi banyak orang yang belum tau kegunaan dan manfaat baking soda yang satu ini.  Baking soda dapat kita jumpai di super market atau kios maupun toko penjual bahan pembuatan kue. Jadi tak perlu repot untuk mencarinya.

         Baking soda merupakan bahan alami, disebut juga dengan NAHCOLITE. Nahcolite ini merupakan sebagian dari mineral yang disebut NATRON. Natron sendiri mengandung natrium bikarbonat yang berjumlah sangat besar. Natron ini sudah dikenal sejak zaman dahulu, seperti orang mesir mengunakannya sebagai sabun pembersih, sedang baking soda sepanjang sejarah peradapan digunakan untuk memanggang roti dan makanan.

         Baking soda dan baking powder itu sudah berbeda, jadi jangan salah mengidentifikasinya. Begitu juga untuk takaran nya, karena dimana-mana baking powder takarannya lebih banyak dibandingkan dengan baking soda lebih sedikit. Untuk tidak salah dalam mengartikanya , kita kenali dulu cirri-ciri dari baking soda. Baking soda apabila diremas terasa kesat, kesatnya sama seperti tepung kanji. Baking soda apabila dirasakan rasanya getir dan pait. Tpi kalau baking powder tidak pait

           Jadi baking soda dan baking powder itu berbeda, tapi sama-sama untuk pembuatan pengembang adonan kue. Banyak orang sulit membedakan antara baking soda dengan baking powder. Saat ini kita ketahui baking soda hanya bermanfaat sebagai pembuatan kue saja kan???? Sekarang kita bahas manfaat baking soda yang belum diketahui oleh banyak orang.

           Manfaat Baking Soda Untuk Kecantikan 

1. Memutihkan Kulit
Baking soda dapat memutihkan kulit yang hitam maupun kusam, disini baking soda bekerja untuk terus megangkat sel-sel kulit yang sudah mati, sehingga wajah terlihat sangat cerah putih dan terbebas dari kulit kusam.

Caranya: 
Ambil 2 sdm baking soda campurkan dengan air sabun sedikit saja, lalu oleskan             bagian wajah sambil di pijat secara perlahan-lahan, setelah sediakan air hangat untuk membasuhnya, basuh sampai bersih.

2. Perawatan Wajah Berjerawat
Jerawat sangat mengganggu penampilan dan menjadi permasalah bagi kaum pria dan wanita. Jerawat bisa timbul dari sisa-sisa make up yang belum dibersihkan dengan sempurna. Baking soda juga dapat sebagai perawatan wajah yang berjerawat dan berminyak. Baking soda sangat ampuh untuk menghilangkan dan mengempeskan jerawat secara aman.

Caranya:
Ambil 2sdm baking soda lalu campurkan dengan sedikit air aduk-aduk hingga menjadi pasta, lalu oleskan pasta baking soda tadi kebagian wajah yang berjerawat, tunggu  sampai mengering setelah bilas dengan air sampai bersih

3. Sabun Pembersih Kulit
Tidak hanya sebagai perawatan wajah berjerawat. Baking soda juga dapat sebagai sabun pembersih kulit, karena dapat mengangkat sel-sel kulit yang sudah mati. Sehingga cocok digunakan sebagai membersihkan kulit dan memutihkan wajah.

Caranya:
Ambillah baking soda secukupnya lalu campurkan dengan air bersih, gunakan untuk cuci muka usapkan pada wajah secara perlahan-lahan, setelah itu bilas dengan air bersih sampi bersih.

4. Wajah Berminyak
Selain jeruk nipis, baking soda dapat digunakan untuk perwatan wajah yang berminyak. Sehingga wajah akan terlihat bersih kesat dan berkilau.

Caranya:
 Ambillah baking soda secukupnya lalu campurkan dengan air bersih, gunakan untuk mencuci muka usapkan pada wajah secara perlahan –lahan, lalu bilas sampai bersih.

5. Menghilangnkan Flek Hitam
Flek hitam diwajah dapat disebabkan berbagai macam , seperti bekas jerawat atau karena serangan sinar ultra v. Flek hitam pada wajah sangat mengganggu kita membuat kita minder kurang nya percara diri. Baking soda dapat menghilangkan flek hitam yang membandel.

Caranya: 
Ambil 1 sdm baking soda campurkan dengan air bersih, usahakan jangan sampai encer, setelah itu oleskan pada wajah jangan sampai mengenai bagian mata dan bibir, biarkan sampai mengering kurang lebih 25 menit, lalu bilas menggunkan air hangat, bilas sampai bersih.

6. Membersihkan Sel Kulit Mati
Kulit kusut kusam ini dikarenakan banyaknya sel-sel kulit mati didalamnya, sehingga kulit kusam tidak bisa bergenerasi, karena tidak bisa digantikan dengan sel kulit yang baru. Baking soda dapat mengangkat sel kulit mati pada wajah. Karena baking soda bersifat exfoliant maka wajah akan terasa lembut.  

Caranya: 
Ambil 2 sdm baking soda, ambil 2 gelas air bersih. Campurkan air dan baking soda tersebut  menjadi satu, aduk-aduk sampai rata. Gunakan air baking soda tadi untuk membersihkan wajah. 

7. Memutihkan Ketiak
Bagi seoarang kaum wanita memiliki ketiak hitam dan gelap membuat mereka tidak percaya diri dan malu. Baking soda yang bersifat antiperspirant dianggap dapat memutihkan. Baking soda sangat alami untuk memutihkan ketiak yang berwarna gelap. Selain memutihkan baking soda juga dapat menghilangkan bau tak sedap, sehingga ketiak menjadi segar.

Caranya: 
Ambil 4 sdm baking soda, setelah itu oleskan pada ketiak yang berwarna gelap. Ketiak akan kembali berwarna putih dan cerah.

8. Perawatan Untuk Rambut
Selain minyak zaitun untuk perawatan rambut. Ternyata baking soda juga dapat digunakan untuk condisioner rambut. Sehingga rambut akan terasa lembut alami. 

Caranya:
 sangatlah mudah setelah kita keramas gunakan baking soda usapkan pada rambut,    tunggu beberapa menit lalu bilas rambut sampai bersih.

          Manfaat Baking Soda Untuk Kesehatan

1. Pemutih Gigi
Baking soda selain murah dan alami di percaya digunakan untuk memutihkan gigi, selain itu didalam  baking soda terdapat kandungan yang bermanfaat memutihkan gigi. Caranya pun sangat mudah dan praktis.

Caranya:
1 buah strowberry yang sudah matang haluskan, campurkan 1 buah strawberry yang sudah halus dengan setengah sendok baking soda, oleskan campuran tadi ke permukaan gigi, diamkan selama kurang lebih 5 menit, setelah itu bersihkan gigi dengan menggunakn sikat gigi, kemudian berkumurlah sampai bersih, lakukan ini selama seminggu sekali.

2. Menghilangkan Bau Mulut
Baking soda sangatlah baik untuk menghilangkan bakteri serta kuman akibat bau mulut. 

Caranya:
Sediakan beberapa gelas air lalu campurkan sedikit baking soda, gunakan air campuran baking soda untuk berkumur.

3. Obat Kumur
Untuk membuat  obat kumur alami. Gunakan baking soda karena kandungan didalamnya menjadikan mulut bersih dan segar, serta aman digunakan.

Caranya:
Ambil 1 sendok  baking soda, larutkan kedalam air bersih 100ml, aduk-aduk  sampai rata dan baking soda sampai menyatu dengan air, gunakan larutan baking soda berkumur pagi hari dan sebelum kita tidur.

4. Menghilangkan Bau Badan
Bau badan disebabkan karena banyak bakteri bersarang di dalam ketiak. Selain buah pala dapat mengusir bau badan, baking soda dapat menghilangkan bau badan.

Caranya:
Taburkan baking soda pada ketiak, sehingga bau badan tak akan muncul meskipun kita berkeringat.

5. Mengobati Gatal - Gatal
Gatal - gatal pada kulit sangatlah banyak penyebabnya, seperti alergi makanan, di gigit nyamuk atau serangga dan lain - lain. Baking soda dapat menghilangkan rasa gatal-gatal pada kulit.

Caranya:
Ambil setengah sendok teh baking soda lalu campurkan dengan sedikit air bersih, oleskan campuran baking soda dengan air pada kulit yang terasa gatal, diamkan dahulu beberapa menit lalu bilas dengan menggunakan air bersih.

6. Mengurangi Efek Panas Dari Sinar Ultra Violet
Panasnya sinar matahari bisa membuat kulita kita terbakar, mengakibatkan kulit kita sakit dan panas, selain sunblok kita bisa menggunakan dengan cara alami yaitu menggunakan baking soda, dengan baking soda akan memberikan rasa dingin pada kulit.

Caranya:
Campurkan air es dan baking soda dalam satu wadah, ambil handuk kecil celupkan rendam kedalam campuran air es dan baking soda, ambil handuk yang direndam tadi lalu peras, setelah itu kompres pada kulit yang terkena sengatan sinar matahari tadi.

7. Menyegerakan Kaki Yang Lelah
Kaki yang lelah akan terasa pegal-pegal membuat kita tidak nyaman. Dengan baking soda akan membantu kita menyegarkan kembali kaki kita.

Caranya:
Ambillah satu wadah air berisi air hangat, lalu campurkan dengan baking soda aduk rata sampai baking soda menyatu dengan air, lalu redam kaki kita degan rendaman air hangat tersebut yang sudah dicampur dengan baking soda, rendam sampai airnya dingin kurang lebih 30 menit, setelah itu keringkan dengan handuk lalu oleskan kaki dengan body lation.

Manfaat Baking Soda Untuk Keperluan Rumah Tangga

1. Pembersih Noda
Noda yang membandel pada pakain dapat  di hilangkan dengan baking soda secara alami, dan tidak membuat pakain rusak serta warna tidak pudar, selain itu juga menghilangkan tidak sedap pada pakain.

Caranya:
Siapkan seperempat cangkir baking soda, lalu campurkan baking soda dengan deterjen kedalam mesin cuci, lalu gunakan untuk mencuci baju yang terkena noda tersebut. Untuk yang di rumah tidak ada mesin cuci rendam baju yang terkena noda dengan campuran baking soda dan deterjen kurang lebih 30 menit lalu cuci seperti biasa.

2. Membersihkan Toilet
Toilet tempat bersarang dan berkembangbiaknya kuman dan bakteri. Sehingga kita harus membunuh bakteri dan kuman, sehingga toilet akan terbebas dari kuman dan penyakit.

Caranya:
Siram terlebih dahulu toilet dengan air agar sedikit basah. Taburkan baking soda pada sela-sela toilet yang kotor, diamkan beberapa saat lalu sikat mengunakan sikat toilet, sikat sampai rata, setelah itu siram dengan air samapi bersih.

3. Membersihkan Saluran Air 
Saluran air tersumbat karna banyak jamur yang berkembang biak ( lumut ) didalam saluran air, tak perlu repot untuk mengatasinya karena baking soda, selain harganya yang ekonomis, ini bisa mengurangi penyumbatan dan dapat melancarkan kembali saluran yang tersumbat.

Caranya:
Taburkan baking soda pada lubang saluran air yang tersumbat, lalu siapkan 1 botol air panas siramkan pada lubang saluran air yang tersumbat.

4. Membersihkan Serbet
Dalam hal bersih membesih didalam rumah tangga itu pekerjaan rutinitas yang dilakukan, seperti mengelap perabotan rumah tangga, apalagi yang kita gunakan adalah serbet atau kain lap. Serbet kalau terlalu lama digunakan maka akan banyak debu yang menempel, sampai sangat sulit untuk dicuci dengan air biasa, dengan baking soda dapat membersihkan debu yang menenpel pada serbet.

Caranya:                                                                                                                          
Siapkan wadah yang berisi air, ambillah baking soda lalu campurkan pada air yang berada dalam wadah tadi, ambil serbet atau kain lap yang kotor lalu rendamkan kedalam air yang sudah dicampur dengan baking soda, biarkan beberapa menit lalu cuci seperti biasa.

5. Membersihkan Microwave
Membersihkan microwave memang gampang susah, karena sisa makanan nya sudah lengket dan mengering. Baking soda sangat bermanfaat untuk membesihkan sisa makanan yang lengket pada microwave.

Caranya:
Siapkan mangkok yang bisa dimasukkan kedalam microwave, tuangkan air sedikit saja kedalam mangkok tersebut, campurkan baking soda kedalam mangkok yang sudah berisi air, setelah itu masukkan mangkok yang berisi campuran baking soda kedalam microwave, nyalakan microwave 1-2 menit setelah selesai ambil mangkok tersebut, lalu kita bisa membersihkan microwave sekarang.

6. Menghilangkan Noda Hitam / Gosong
Sering kali kita mendapatkan peralatan masak seperti panci atau wajan, bagian bawahnya retan sekali terkena gosong atau hangus. Dengan baking soda kita dapat membesihkanya sehingga hasilnya kembali kinclong seperti baru lagi.

Caranya:
Kita bisa menaburkan baking soda secukupnya pada panci atau wajan yang gosong, atau usapkan spon kawat ke dalam bubuk baking soda, kemudian gosok-gosokkan sampai rata, kita bisa menambahkan cuka sedikit, lalu bilas sampai bersih, noda gosong atau keraknya akan hilang.

7. Memadamkan Api
Selain air bisa memadamkan api, ternyata baking soda pun bisa memadamkan api, sehingga kita bisa menyedikan didapur apabila suatu saat terjadi kebakaran.

Caranya:
Saat api keluar dari jalurnya, kita bisa menuangkan bubuk baking soda itu pada api tersebut.

8. enghilangkan Bau Di Kulkas
Selain irisan lemon sebagai pengusir bau yang tidak sedap, baking soda juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau, tidak hanya itu saja baking soda juga dapat menjaga kesegaran makanan dan minuman di lemari es.

Caranya:
Tuangkan bubuk baking soda kedalam wadah yang terbuka, lalu masukkan kedalam kulkas pada tempat yang diinginkan. Baking soda dapat menetralisir bau yang ada didalam kulkas.

Untuk menghilang kan bau ditempat tidur atau kasur seperti bau ompol, cukup menaburkan bubuk baking soda diatas kasur, dan memasang seprai kembali.

9. Membersihkan Perhiasan
Kilau perhiasan sangatlah penting untuk penampilan, untuk menjaga kilauan pada perhiasan anda, sangatlah mudah gunakan baking soda untuk mendapatkan kilauan emas ataupun perak.

Caranya:
Taburkan bubuk baking soda pada perhiasan anda, lalu gosok perlahan-lahan diamkan dahulu selama 5 menit, setelah itu bilas dengan air bersih, perhiasan akan kembali berkilau.

10. Membersihkan Buah Dan Sayuran
Selain garam untuk membersihkan buah dan sayuran, ternyata baking soda pun bisa juga digunakan. Sehingga buah dan sayuran akan terbebas dari pestisida dan kuman, karena baking soda digunakan untuk menghilangkan bakteri  yang menempel pada buah dan sayuran.

Caranya:
Campurkan baking soda kedalam air, lalu rendam sayur dan buah kedalam air tersebut.
       


ARTIKEL TERKAIT