7 Tips Merawat Fleshdisk Agar Tidak Mudah Rusak Dan Awet



www.seratu.com
FLASHDISK
Fleshdisk salah satu alat  yang gunanya sebagai tempat menyimpan data seperti foto,  video, gambar,  data,  software dan lain – lain. fleshdisk atau media penyimpanan ini mempunyai Size yang berbeda - beda mulai dari 2G, 4G,  8G, 16G, 32G ini yang sekarang banyak beredar untuk harga tentunya semakin besar Size semakin mahal. Merek fleshdisk banyak sekali namanya dan tentunya mempunyai ciri khas tersendiri dalam bentuk, ukuran dan warna.

Fleshdisk banyak sekali pengunanya di kalangan pelajar mulai dari tingkat SD sampai bangku kuliah, karena mereka termasuk penguna fleshdisk yang sifatnya aktif ( sering mengunakan ) karena para pelajar ini mengunakan fleshdisk ini untuk mengambil dan memindahkan data dari komputer satu ke komputer lainya dalam misi menyelesaikan tugas. Fleshdisk ini tidak mempunyai batas umur dalam arti bisa cepat rusak dan awet ini tergantung kita dalam merawatnya adapun tips – tipsnya diantaranya sebagai berikut :

Scan Virus
Virus sering masuk kefleshdisk dan sering singgah karena fleshdisk ini sering mondar – mandir dari computer satu kekomputer satunya, apalagi bila setelah dari warnet bila kita tidak scan virusnya maka virus itu akan berkembang dan menyebar sehingga merusak data yang ada difleshdisk tersebut dan komputer tersebut, menurut pengalaman dari salah satu teman, fleshdisk yang dia punyai rusak karena kebanyakan virus yang masuk karena dia sering kewarnet dan mengcopy file dari downloadnya. 

Gunakan Fleshdisk Untuk Media Simpan Saja
Kita sering memidahkan  file dengan fleshdisk ini dan juga sering mengedit file lasung dari fleshdisk ini, sebaiknya hindari mengedit file apapun lasung dari fleshdisk karena bisa berpengaruh di perangkat flesdik tersebut sehingga flesdisk bisa lemah dan rusak bila sering mengedit file di fleshdisk, seumpama file tersebut butuh di edit maka pindah file tersebut ke computer atau laptop lalu edit setelah selesai masukan file tersebut ke fleshdisk lagi

Selalu Ejeck Fleshdisk
Eject Flashdisk ini sangat penting dalam melepas dari usb komputer atau laptop karena bisa berpengaruh dalam perangkat flashdisk yang akibatnya bisa fatal seeperti fleshdisk tidak terbaca di komputer atau laptop ini terjadi biasanya pemilik fleshdisk ini terburu – buru dan tidak sabar. Biasakan kita untuk eject fleshdisk karena dengan hal terbiasa ini bisa awet fleshdisk kita dan tak mudah rusak.

Tutup Kembali Fleshdisk Setelah Digunakan
Bentuk fleshdisk memang berbeda – beda ada yang model lipatan, tutup USB fleshdisk terpisah, sebagai pemilik fleshdisk sebaiknya kita hati – hati dengan USB yang melekat pada fleshdisk karena fleshdisk ini sering kita taruh di saku atau tas sebenarnya tutup USB fleshdisk sangat efektif agar USB fleshdisk ini tidak terkena benda keras lasung yang nantinya bisa merusak USB fleshdisk tersebut. Alangkah baiknya setelah memakai fleshdisk ini kita sebaiknya menutup kembali USB fleshdisk.

Jangan Terkena Air
Air sangat bahaya untuk fleshdisk ini karena bisa merusak perangkat yang ada di dalam fleshdisk ini, misalkan fleshdisk kita terkena atau terendam air sebaiknya keringkan dulu dengan cara membongkar casing fleshdisk ini ambil perangkatnya dan keringkan, bisa dengan kipas anggin, setelah benar – benar kering maka pasang lagi casing fleshdisk tersebut dan coba di computer atau laptop masih bisa terbaca atau tidak dan gunakan untuk copy file masih bisa apa tidak bila masih berati masih normal fleshdish anda.

Hindarkan Fleshdisk Dari Medan Mahnet Dan Benturan Keras
Fleshdisk ini mudah rusak bila sering jatuh dan terkena benturan benda keras karena komponen yang di dalam perangkat fleshdish ini rentan oleh benda keras dan bisa menyebabkan konsleting di dalam komponen fleshdisk tersebut. menaruh fleshdisk ini sebaiknya jauhkan dari barang yang mengadung medan mahnet karena bisa mempengaruhi kinerja IC yang ada di dalam perangkat fleshdisk tersebut yang di tandai fleshdisk menjadi lemot bila dalam mengcopy file.

Kasih Gantungan Atau Tanda
Fleshdisk kita sering hilang dan jarang ketemu apalagi jatuh dijalan tak akan ketemu lagi deh, gantungan atau tanda ini sebenarnya untuk memudahkan menemukan fleshdisk yang hilang karena fleshdisk ini bentuknya kecil bila kita kasih gantukan apa tanda ini memudahkan kita untuk mencari bila flehdiks tersebut hilang atau lupa menaruhnya.  
ARTIKEL TERKAIT