Bila Kita Sedang Marah Lakukan 6 Hal Ini ...?



image : www.abiummi.com
MARAH pasti semua orang pernah mengalaminya, marah sebenarnya ungkapan kekesalan kita bisa dalam bentuk memaki – maki orang lain, membanting – banting barang, ada juga yang berujung sampai berkelahi dan lain – lain. setiap orang memiliki ungkapan marah yang berbeda dan ada yang positif dan negatif. Bila kita tipe orang yang pemarah sebaiknya menyiasati ekspresi marah kita dalam bentuk yang positif misal bila kita lagi inggin marah kita espresikan dengan makan yang banyak, mencari tempat sepi dan berteriak dengan sekeras – kerasnya dan lain – lain.

Mudah MARAH ini merupakan sifat yang jelek, seseorang yang mudah marah biasanya banyak sekali musuhnya dan sedikit teman, mitos bagi seseorang yang suka marah biasanya cepat tua dan banyak penyakitnya. Marah ini sebenarnya banyak sekali pemicunya dan rata – rata ini dari orang lain bisa juga sih diri kita sendiri, orang yang pemarah ini termasuk orang yang sibuk dengan pekerjaanya dan terasa tertekan dan kurang  reflesing, bercanda, sedikit senyum dan lain – lain. adapun tips - tpis bila kita sedang marah maka lakukan hal berikut ini :    
  
1.      Ambil Napas Dalam - Dalam
Marah sudah hal yang wajar pada manusia karena marah termasuk sifat manusiawi kita. Misal kita berkerja di kantor dan kesal kepada atasan dan kita inggin melampiaskanya kepada bos kita sebaiknya jangan, karena bisa bahaya terhadap perkerjaan kita dan bisa – bisa kita dipecat alangkah baiknya kita urungkan niat kita dan untuk mengatasi amarah kita kepada bos kita bisa dengan ambil nafas dalam – dalam dan keluarkan dengan perlahan – lahan lakukan sebanyak 3 kali bila amarah kita masih maka lakukan sekali lagi pasti amarah anda akan berkurang dan hilang.
  
2.      Merasakan Perasaan Orang Yang Kita Marahi
kemarahan ini biasanya kita luapkan kepada orang yang membuat kita marah dengan membabi buta dan tidak sepadan dengan kesalah yang dia perbuat, hal ini bisa kita cegah denga berfikir berbalik, maksutnya bila kita marah kepada seseorang dan kita balik bila kita di posisi dia yang kita marahi maka kita bisa kita rasakan perasaan hati orang yang kita marahi tersebut, sehingga amarah ini bisa kita cegah.
 
3.      Perbanyak Ibadah
Bila anda seorang muslim maka banyaklah ibadah karena ibadah ini bisa menenangkan hati dan menjernihkan hati kita sehingga kita terhindar dari sifat mudah marah.

4.      Menenangkan Hati Kita
Kemarahan seseorang pasti ada penyebabnya. Bila kita inggin marah sebaikya kita usahakan untuk tidak marah dengan cara menenangkan hati dan cari tempat yang nyaman karena hal ini bisa meredakan marah kita karena hati ini bisa kita tenangkan, mendengarkan pengajian dan hal – hal yang positif dan cari tempat yang nyaman dan tenang bisa pergi ke pantai melihat ombak, bisa juga melihat air terjun bila tempat ini terlalu jauh bisa pergi kewarung – warung kopi di pinggir - pinggir sawah dengan di temani segelas kopi yang hangat.
  
5.      Curhat
Kemarahan ini sebaiknya kita luapkan dengan hal – hal yang positif karena bila kita marah dan tidak kita luapkan maka bisa sangat bahaya dan juga tidak baik untuk kesehatan psikis kita. Marah ini bisa di kurangi dengan cara bercuhat atau kita ceritakan hal yang menyebabkan kita marah kepada teman yang bisa dipercaya dalam proses bercerita masalah yang yang menyebakan kita marah secara tidak sadar kita telah meluapkan amarah kita sehinnga bila kita selesai bercerita maka amarah kita bisa berkuarang.
   
6.      Berfikir Rasional
Seseoarang yang marah ini biasanya tidak melihat orang yang kita marahi apa sebabya ? Karena orang yang marah tidak berfikir rasional dan tidak mencari sebab akibat kenapa hal tersebut terjadi dan dia selalu berfikir yang paling benar, Bila ini terjadi pada kita sebaiknya kita berfikif yang rasiaonal sehingga kita bisa terbebas dari sifat mudah marah, sebagai contoh seorang bos selalu suka marah kepada bawahanya karena si bos tidak melihat apa yang menyebabkan anak buahnya mebuat keselahan, bila si bos melihat secara rasional kenapa anak buahnya melakukan kesalahan maka si bos tersebut bisa memakluminya dan mencari jalan keluar bersama sehingga amarah ini tidak terjadi.


ARTIKEL TERKAIT