8 Tips Komplit Agar Anak Suka Membaca


www.seratu.com
ILUSTRASI ANAK KECIL MEMBACA

      Membaca adalah  salah satu cara kita untuk menambah ilmu dari beragam ilmu yang ada, yang berguna dari sekarang sampai yang akan datang, orang yang suka membaca pasti luas pengetahuanya dan berguna untuk dirinya dan orang lain. membaca memang harus di budidayakan, bukan hanya di bangku sekolahan saja tapi setelah lepas dari bangku sekolah harus tetap rajin membaca, karena dalam hal mencari ilmu itu tidak ada habisnya semakin kita rajin membaca semakin banyak ilmu yang kita peroleh.

Pada dunia anak – anak menerapkan membaca memang sangat sulit apa lagi orang tua yang tidak memperhatikan anaknya dalam hal membaca maka anak tersebut juga sangat malas untuk membaca karena dorongan dari orang tua kurang. Mengenal rajin membaca dalam dunia anak – anak memang sangat sulit karena dalam usia anak – anak belum mengerti sepenuhnya manfdaat dalam hal membaca, mereka lebih suka bermain contohnya berlari – lari, main robot – robotan, masak – masakan dan lain – lain. sebetulnya ada tips – tips anak agar gemar membaca diantaranya :
  
 1. Memberikan Anak Hadiah Buku
Dalam memperingati ulang tahun anak – anak banyak sekali hadiah dan hadiahnya sangat beragam. Bila kita jadi orang tua yang kurang perduli masalah membaca dalam hal memberikan kado ulang tahun kepada anak pasti yang lain bisa bentuk sepedah, baju, mainan dan lain –lain, sebenarnya itu bagus tapi kurang tepat bila kita mengingikan anak kita rajin membaca sebaiknya memberikan hadiah berupa buku yang baik dan dibutuhkan untuk seusia dia, bisa buku tentang novel, teknologi, buku cerita dan lain – lain. bila dalam hal memberikkan buku ini bisa tepat dengan seusainya dan lagi dibutuhkan pasti anak tersebut akan membacanya sampai selesai dan memahaminya.

 2. Budidayakan Membaca Di Rumah
Anak – anak sering kali mencari figur atau sosok yang di contoh misal kita sebagai orang tua bila kita sering membaca buku di depan mereka maka mereka akan meniru kita dalam hal membaca tinggal kita menyediakan buku yang tepat untuk anak kita.

 3. Gunakan Media Yang Cangih
Zaman sekarang bila kita menyuruh anak – anak untuk membaca pasti sangat sulit untuk dilaksanakan akan tetapi bila kita perintah untuk main GAME maka anak – anak pasti mau, ini berati anak – anak lebih suka hal – hal yang menarik menatang dan penasaran. Maka kita harus pintar – pintar menyisatinya dengan memberi GAME yang banyak sekali bacaanya. Tapi dengan catatan harap di batasi waktunya karena tidak baik bagi anak – anak terlalu lama di depan layar khusunya untuk kesehatn mata.

 4. Memberikan Pengarahan Pentinya Membaca
Dalam hal ini kita sebagai orang tua harus memberi pengarahan atau memotivasi kepada anak bahwa pentingya membaca untuk masa depan kelak dan memberi contoh sosok tokoh yang sukses dalam kehidupan, karir hanya dengan banyak membaca.

  5. Perbanyak Koleksi Buku Dan Buatkan Rak
Bila anak kita ingin rajin membaca kita juga harus memfasilitasinya dengan cara membelikan buku yang bermacam – macam dan tata dengan rapi agar mencari dan meletakanya mudah bila perlu buatkan perpustakaan kecil khusu untuk dia

   6.  Berikan Buku Yang Dia Suka
Dalam tahap pengenalan untuk rajin membaca kita harus memberikan buku yang dia suka bila perlu ajak dia untuk memilih sendiri buku yang dia suka. Maka anak tersebut akan membacanya sampai selesai dan setelah mebaca satu buku penuh maka anak tersebut pasti ingin membaca buku yang lainya yang sejenis dan lama kelamaan anak tersebut akan terbiasa dengan membaca. Tingal kita sebagai orang tua untuk mengarahkan untuk membaca buku apa yang baik dan tepat untuk anak kita.

 7. Perbanyak Nonton Movie Yang Ada Terjemahannya
Membaca tidak harus di buku tapi juga bisa di movie – movie yang ada terjemahannya karena anak – anak lebih suka nonton movie dan sebenarnya juga melatih anak untuk membaca dengan cepat.

8. Cari Bacaan Yang Pendek – Pendek Dan Bergambar
Untuk anak – anak sebaiknya carikan buku bacaan yang pendek – pendek dan
bergambar agar si anak tidak jenuh dan bosan ini khususnya bagi anak – anak yang
pemula dalam hal membaca.

Sebagai orang tua sebaikya tak lelah untuk membimbing anak agar tidak malas

membaca semoga artikel ini bermanfaat dan selamat membaca…
ARTIKEL TERKAIT