Kenali 6 Ciri Anak Yang Suka Berbohong



www.seratu.com
FOTO ILUSTRASI  
Berbohong adalah salah satu sifat yang tidak patut kita contoh apa lagi kalau yang berbohong masih anak kecil, tapi tidak menutup kemungkinan anak kecil suka berbohong ini semua terjadi karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi anak kecil tersebut berbohong seperti faktor keluarga, lingkungan, teman dan paling penting cara mendidik orang tua. Anak kecil yang suka berbohong sangat berpengaruh dalam kejiawaan karena di masa kecil atau masa pertumbuhan ini membentuk karakter anak nanti setelah dewasa biasanya di wektu kecil suka berbohong nanti dewasaanya tetap suka berbohong dan banyak sekali terluka akibat kebohongan tersebut dan berakibat mempunyai sedikit teman. 

Sebenarnya yang dimaksut berbohong anak kecil tidak tahu, kita sebagai orang tua biasanya tidak sadar kita pernah mengajari berbohong terhadap anak walaupun dalam bentuk hal - hal kecil dan ini yang menyebabkan asal mula anak kecil mulai melakukan kebohongan. Sebagai orang tua sebaiknya jangan suka berbohong di depan anak kecil karena anak kecil tersebut walaupun tidak mencontohnya secara lasung tapi anak – anak sering melakukan hal – hal yang baru yang tentunya baik atau tidak perbuatan tersebut anak kecil tidak tahu, anak kecil bila didikanya baik maka anak tersebut dalam pertumbuhan sampai dewasa akan menjadi anak yang baik yang tentunya menjadi kebangaan orang tua.

Sebenarnya anak yang mulai belajar berbohong dapat kita cegah atau bisa di perbaiki dengan cara anak tersebut kalau mulai berbohong sering kita ingatkan bahwa perbuatan tersebut kurang baik dan jangan kita pukul atau perbuatan yang melukai karena anak tidak akan paham apa yang kita ucapkan karena takut kalau kita pukul. Adapun ciri – ciri anak bila melakukan kebongan dan dapat kita cegah seperti :

  1. Sering Sembunyi
Anak – anak bila sering sembunyi bila melakukan kebohonggan ini  dilakukan karena anak takut bila ditanyai kebenarnya bila kita dekati pasti lari saat kita inggin mengklarifikasi masalah yang sebenarnya dan kebenarnya, sebenarnya anak tersebut sudah tau kalau dia berbohong dan takut untuk mengatakan kebenarnya.

  1. Perubahan Intonasi Suara
Anak kecil yang sedang berbohong intonasi suaranya berubah tidak seperti biasanya kadang suaranya pelan dan ada yang suaranya keras seperti membentak kalau kita Tanya masalah yang sebenarnya yang jelas tidak seperti biasanya intonasinya dan itu patut kita curigai.

  1. Tidak Banyak Bicara Atau Diam
Perubahan pada anak pasti ada dalam berbohon misal bila terjadi sesuatu dan dia berfikir agar orangtua sebaiknya tidak tau, saat kita bertanya dia selau diam dan pengenya cepat meningalkan kita sebagai orang tua, sebagai contonya adik darimana ?,  dik kakinya kenapa ? dan lain –lain.

  1. Perubahan Mimik Wajah Atau Ekspresi Wajah
Ini sering terjadi pada anak yang dimana bila berbohong sering kali ada perubahan ekspresi wajah seperti seperti pandangan mata tajam atau saat kita pandang matanya dia tak mau untuk dipandang matanya kadang hidung sedikit membesar dan tampilan wajah berbeda tidak seperti biasanya saat kita tanyai sesuatu dan kita mencoaba mengklarifikasinya tetang kebenarnya.

  1. Meletakan Tangan Di Belakang Badan
Anak yang berbohong cenderung meletakan tanganya dibelakan badan dan memainkan kedua jarinya saat berbohong saat kita agak serius menanyakan di berbohong apa tidak ini dikarenakan si anak berbohong dan takut untuk berbicara kebenaranya.

  1. Mengalihkan Pembicaraan Dan Menangis
Bila sang anak berbohong biasanya bila ditanyai kebenarnya dia selalu mengalihkan pembicaraanya bila di Tanya agak nada tinggi dia lasung menangis dan akhirnya kebohongan tidak terbongkar.

Bagi yang mempunyai anak kecil semoga artikel ini bermanfaat dan jangan sampai menyerah dan bosan dalam mendidik anak kita…

ARTIKEL TERKAIT