Manfaat Buah Bengkoan Untuk Kesehatan Kita


image :www.sulung.com

Bengkoang ini mempunyai rasa yang segar dan lezat, buah bengkoang ini mempunyai kulit tipis  berwarna kuning dan daginya berwarna putih tulang dan bersih, buah bengkoang ini mudah kita jumpai di pasar – pasar buah terdekat dan supermarket terdekat , buah bengkoang ini berbentuk seperti gasing permainan anak – anak dan bulat dengan ujung atas dan bawah agak merucut dan tengah bundar dan buah ini kaya akan air. 

 Buah bengkoang ini berasal dari amerika tropis dan masih keluarga umbi - umbian yang buahnya ada di dalam tanah, tapi bengkoang ini enak dimakan lasung setelah dibuang kulit luarnya tidak perlu diolah dulu tapi ada juga buah bengkoang  ini bisa buat campuran rujak, jus, rujak buah dan juga untuk pembuatan dasar  pruduk kosmetik. Buah bengkoang ini juga mengandung nilai gizi per 100 g - % RDA, sumber : USDA  die serat 4,9 g 13%,  kolesterol 0 mg 0%,  total lemak 0.19 g < 1 %,  protein 0,72 g 1%,  karbohidrat 8,82 g 7%,  energy 38 kcal 2%  UNTUK VITAMIN : vitamin A 21 IU 1%,  vitamin C 20,2 mg 34%,  vitamin E 0,46 mg 3%,  vitamin K 0,3 mg < 1%,  tiamin 0.020 mg 2%, riboflavin 0,029 mg 2%,  pyridoxine 0,042 mg 3%,  asam pantotenat 0,135 mg 3%,  niacin 0.200mg 1,5%,  folat 12 mg 3%  Untuk Mineral : phyto – nutrisi,  karoten-ay 13ug -,  karoten -1± 0 mg -,  lutein – zeaxanthin 0 mg -,  seng 0,16 mg 1%,  mangan 0.60 mg 3%,  magnesium 12 mg 3%,  besi 0.60 mg 7%tembaga 0,048 mg 5%,  kalsium 12 mg 1%  Untik Elektrolit : sodium 4mg < 1%,  kalium 150 mg 3% . Buah bengkoang ini bisa untuk kesehatan  kita diantaranya :


1.      Dapat Menjaga Kesehatan Pencernaan Kita

Serat yang terdapat pada buah bengkoang ini berkhasiat untuk menjaga kestabilan pencernaan kita sehingga BAB kita jadi lancar.



2.    Baik Untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes Mellitus

Ini kandungan serat pagan yang terdapat pada buah bengkoang ini berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah sehingga aman di konsumsi penderita diabetes mellitus.



3.      Sebagai Obat Sariawan

Vitamin C yang terdapat pada bauh bengkoang ini bisa untuk mengobati penyakit sariawan yang terdapat pada mulut.



4.  Baik Untuk Wanita Yang Dalam Masa Menopause

Estrogen yang terdapat pada buah bengkoang ini sangat baik untuk wanita yang dalam masa menopause karena dapat menjaga fisik jadi tetat sehat, segar dan bugar.



5.      Menurunkan Kolesterol Darah

Kandungan serat dan air yang terdapat pada buah bengkoang ini mampu menurunkan kolesterol pada darah.



6.      Dapat Mengurangi Produksi Asam Lambung

Ahli naturopathic  memberikan saran dalam mengkonsumsi buah bengkoang sebaiknya dalam keadaan segar karena dapat menyerap asam lambung yang berlebihan.



7.      Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C dan beberapa fitonutrien yang terdapat pada buah bengkoang ini bisa untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh kita dari berbagai penyakit.
  
     

ARTIKEL TERKAIT