Manfaat Melinjo Untuk Kesehatan Kita


www.seratu.com
MELINJO
            Melinjo demhan nama ilmihnya “Gnetum gnem Linn”. Dalam berbagai  bahasa melinjo dikenal dengan nama belinjo, mlinjo (bahasa Jawa), tangkil (bahasa Sunda), khalet (bahasa kamboja), bago ((bahasa Melayu dan bahasa Tagalog), mulieng (Aceh), manejo (Belitung). Melinjo atau biasa disebut dengan tangkil adalah spesies tanaman yang berbiji terbuka (Gymnospermae) berbentuk pohon yang berasal dari Asia tropic, Melanesia, dan Pasifik Barat.

         Melinjo tumbuhan tahunan, berbentuk pohon yang berumah dua (dioecious) ada individu jantan dan betina. Pohon melinjo tingginya bisa mencapai 25 meter, batangnya tegak dengan cabang yang dipenuhi daun – daun yang lonjong. Daunnya tunggal bila masih muda berwarna hijau muda, bila sudah tua berwarna hijau tua. Buah melinjo berdiameter 1 centimeter samapi 3 centimeter, terbungkus kulit tipis pada bagian luar(warna kulita akan berubah dari hijau, kuning, orange. merah) dan terdapat kerangka keras ( berwarna coklat sampai kehitaman) pada lapisan setelah lapisan kulit tipis. Yang dianggap buahnya sebenarnya adalah biji yang terbungkus oleh kulit tipis (selapis aril) yang berdaging. Pohon melinjo bisa hidup 100 tahun lebih, dalam sekali panen dapat menghasilkan 80 sampai 100 kg.

    Tanaman dapat tumbuh ditanah lempung atau tanah liat, berpasir, dan berkapur. Tapi tidak pada tanah yang tergenang air, pohon melinjo tumbuh ditempat yang terbuka atau terkena sinar matahari. Tanaman melinjo dapat dibudidayakan dengan cara generatif (biji) atau vegetative (cangkok, okulasi, stek). Pohon melinjo juga bisa ditanam di kebun atau perkarangan rumah yang dapat dimanfaatkan oleh penduduk secara langasung.

Dari pohon daun, buah dan biji melinjo mempunyai manfaat masing – masing. Pada batang pohon melinjo yang sangat kokoh dapat dimanfaatkan untuk bahan bangunan. Daun yang masih muda (daun so) dapat dimanfaatkan untuk campuran masakan seperti sayur asem, serta kulit buah melinjo dapat  juga dikonsumsi untuk bahan cemilan, atau dimasak sayur lodeh, ditumis. Sedangkan pada biji melinjo dapat diproduksi sebagai krupuk yang sudah terkenal adalah emping melinjo.

      Selain untuk bahan masakan atau cemilan. Melinjo juga baik untuk kesehatan karena banyak mengandung nutrisi yang sangat banyak. Kandungan nutrisi tersebut diantaranya protein, energi, lemak, karbohidrat, fosfor, zat besi, kalsium, kalium, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, magnesium, seng, tembaga. Banyak juga orang yang takut dengan mengkonsumsi melinjo karena dapat menyebabkan asam urut. Sebenarnya itu tidak benar, melinjo mulai dari daun, biji dan kulitnya mempunyai manfaat bagi kesehatan manusia. Diantaranya :

1.      Meningkatkan kekebalan tubuh
2.      Mencegah penuaan dini
3.      Meningkatkan stamina
4.      Bahan  alami untuk hipertensi
5.      Melancarkan proses persalinan
6.      Anti mikroba alami
7.      Anti oksidan tinggi
8.      Ginkgo biloba
9.      Peluruh air seni
10.    Mengatasi busung lapar
           
ARTIKEL TERKAIT