Penyebab Laptop Atau Komputer Menjadi Lambat Atau Lemot


www.seratu.com
ILUSTRASI

Bagi yang kerjanya yang tak lepas dari leptop atau pc pasti sangat stres bila menemukan kasus pc atau laptop mulai melamban apalagi yang kerjanya di dunia grafis atau desain sangat menggagu sekali. Bagi pekerja kantoran kita biasanya di tuntut laporan tiap hari maka dari itu bila pc atau laptop kita kerjanya lamban atau lemot maka kita bawaanya EMOSI dan stress merasakan hal ini.

PC atau laptop ini melambat atau lemot ini terjadi karena kesalahan penguna atau memang pc atau laptop tersebut perlu di servis, kita sebagai penguna biasanya kita tidak memikirkan bahwa laptop atau pc ini nantinya bisa rusak atau tidak, bila kita memakainya tidak dengan standarisasi, nah ujung – ujungnya bila terjadi kerusakan yang diawali dengan lambat atau lemot dalam mengoperasikan sebuah program ini bisa berakibat fatal dalam jangka panjang. Bila kita tindak secepatnya mengabil langkah yang tepat. Semua barang elektronik khususnya laptop dan pc ini bisa melambat atau lemot ini sebenarnya ada sebabnya diantaranya :

Suhu Meningkat Panas
Suhu laptop atau PC ini bisa kita rasakan panasnya dari luar tidak usah membokarnya ini banyak sekali penyebabnuya salah satunya Ram yang kecil dan digunakan untuk mengakses program yang besar sehingga memakan memori yang cukup besar sedangkan Ram ini masih sedikit sisanya untuk proses program tersebut dan tetap kita paksakan biasanya di tandai kipas prosesor yang berputar cepat dan di mainbord di area sekitar prosesor menjadi memanas dan menjadikan laptop atau pc menjadi lamban atau lemot 

Terserang Virus
Virus ini sebenarnya memakan atau menghapus sistem yang berada di sistem OS windows sehingga menyebabkan OS windows menjadi melamban dan bisa menjadi rusak dan tidak bisa masuk kesistem OS windows, tidak hanya itu saja bisa merusak atau menghapus file yang di luar sistem OS. Virus ini bisa menyebar melalui flesdis, internet dan software – software yang teristal. 

Banyak Program Berjalan
Computer atau laptop ini banyak sekali terinstal software – software yang tidak pernah di pakai dan hanya menjadi tampilan di destop monitor dan ini sangat merugikan kita karena bisa berpengaruh dalam kinerja Ram yang dimana Ram menyediakan tempat untuk software tersebut sehinnga Ram tersisa masih sedikit untuk menjalankan software lainya, ini salah satu penyebab laptop atau PC kita menjadi lambat atau lemot dalam beroperasi.   

Memory Yang Kecil ( Ram )
Random Access Memory atau RAM ini salah satu yang mempengaruhi kinerja laptop atau PC menjadi cepat atau lambat, bila Ram ini ini kecil maka alangkah baiknya di instal software – software atau game yang kecil sehingga PC atau laptop ini menjadi stabil dan tidak lemot dalam kinerjanya. Untuk Ram bila hanya digunakan mengetik dan digunakan game house bisa memakai ram ukuran 512 MB sampai 1 G. laptop atau PC bila digunakan untuk software – software yang besar seperti game 3D dan software – software desain grafis maka sebaiknya mengunakan Ram 2G keatas agar kinerja PC atau laptop tidak menjadi lambat atau lemot dan bisa di tambah VGA cart ( eksternal ) 

Sistem Yang Hilang
Beberapa sistem OS yang hilang bisa berpengaruh dalam kinerja laptop atau PC ini dan ini bisa disebabkan oleh virus dan tanpa kita sadari kita hapus file OS bila ini terjadi maka lama kelamaan laptop atau PC ini bisa menjadi lambat, restat sendiri dan terjadi berulang – ulang ini bisa disembuhakan dengan cara di instal ulang atau di perbarui sistem OS. Bisa juga setelah di intsal ulang dan di pasang software – software yang di perlukan bisa di protek untuk sistem OS yang biasanya terdapat pada drive C biasanya bisa pakai sofwer Deep Freeze atau sejeninya yang tujuanya untuk melindunggi sistem OS yang terkena virus atau terhapus yang kinerjanya setelah sistem OS terkena virus atau terhapus sebagian setelah di restat maka akan pulih lagi menjadi normal. 


ARTIKEL TERKAIT