Tips Dan Cara Mengatasi HP Atau Smartphone Yang Terkena Air

 image :  www.newponsel.com

     HP atau smartphone ini salah satu barang elektronik yang menjadi kebutuhan kita sehari - hari bisa termasuk kebutuhan pokok dalam arti bila kita tak punya hp atau smartphone ini tidak akan mati tapi sangat galau atau terasa ada yang kurang dalam hidup ini apa lagi di zaman sekarang ini kemajuan dalam bidang komunikasi sangat maju dan seakan dituntut untuk memiliki dan bisa mengoperasikan hp atau smartphone ini. HP atau smartphone ini pada dasarnya di gunakan untuk komunikasi dalam bentuk suara dan pesan, untuk saat ini HP atau smartphone inidapat digunakan untuk segala hal karena sekarang semua hp atau smartphone sudah bisa untuk internet dan ini menjdikan kita memudahkan segala urusan seperti transfer uang via banking, kiram laporan via email, cek karyawan dengan CCTV bahkan bisa video call dan lain – lain.


Untuk jenis HP atau smartphone ini beraneka ragam dan memiliki kelebihan sendiri – sendiri dan setiap merek HP atau smartphone ini memiliki beragam jenis dan tentunya juga harga yang bervariasi. Smartphone atau HP ini memang mudah rusak bisa karena jatuh, terkena medan mahnet, dan aliran listrik yang tidak setabil waktu charging baterai dan terkena air dan tentunya masih banyak sekali. Dalam artikel kali ini akan membahas cara menangani HP atau smartphone yang terkena air diantaranya :

1.Matikan HP Atau Smartphone
Saat HP atau smartphone ini bila terkena air dalam jumlah banyak bisa jatuh kedalam air sehingga HP atau smartphone tengelam sepenuhnya maka ambil HP atau smartphone tersebut dan bungkar lasung buka kesing dan ambil baterai agar hp mati dan tidak ada arus listrik yang mengalir,  tujuanya mencegah konsleting akibat air yang masuk keperangkat HP atau smartphone ini.

2.Bersihkan HP Atau Smartphone Yang Terkena Air
Setelah melakukan hal diatas maka HP atau smartphone ini secepatnya di keringkan bisa dengan kain lap yang halus dan bersih dan mudah menyerap air atau bisa tisu ini digunakan agar air yang ada di perangkat HP atau smartphone ini bisa bersih dari air yang menempel di perangkat HP atau smartphone terutama yang dibersihkan di perangkat PCB.

3.Ambil Sim Cart Dan Memori Eksternal
Langkah selajutnya ambil sim cart dan memori eksternal agar tidak ikut rusak dan setelah itu bersihkan tempat sim cart dan memori eksternal dengan tisu yang kering untuk menghindari kerusakan yang berlanjut.

4.Keringkan HP Atau Smartphone
Langkah ini dilakukan untuk tahap akhir dalam membersihkan air yang berada di smartphone atau HP ini agar benar – benar terhindar dari air bisa dikatan 100% bebas air. Pertama – tama bungkar dan pisahkan setiap bagian HP atau smartphone lalu bisa dikeringkan dengan kipas agin dalam waktu yang cukup lama makin lama makin bagus, bisa dengan hair dryer tapi jangan sampai terlalu panas bila tidak mempunyai kedua alat tersebut bisa di jemur dengan sinar matahari tapi jangan terlalu lama dan sering di bolak balik, nanti bila kelamaan di kwatirkan ada komponen yang rusak akibat sinar matahari.

5.Rakit Kembali HP Atau  Smartphone
Setelah HP atau smartphone ini benar – benar kering 100% maka rakit tapi sebelum di rakit maka cek dulu kemungkina ada yang rusak, konslet dan hilang perangkat HP atau smartphone tersebut, bisa di cek dengan multi tester bila tidak punya bisa dengan mencium mukin ada yang berbau hagus bila terdapat bau yang hangus maka jangan di rakit dan alangkah baiknya di bawa ke tukang servis yang dipercaya.
 
6.Nyalakan
Langkah ini dilakukan untuk finising dengan cara rakit semua perangkat menjdi satu dan yalakan setelah menyala, biarkan menyala seperti biasanya setelah itu matikan lagi dan bungkar dan cek lagi ada yang berbau hagus apa tidak, maka bila ada jangan rakit bila tidak ada bau hangus maka rakit kembali dan nyalakan jangan lupa pasang sim cart dan memori eksternal.

     Catatan : bila kita ragu atau khwatir dan takut untuk membukar atau membersihkan air di dalam perangkat HP atau smartphone maka lepas batrei dan bawa ketukang servis yang di percaya.
  
ARTIKEL TERKAIT