Tips Sebelum Membeli Laptop Baru


www.seratu.com
ILUSTRASI LAPTOP BARU

Laptop memang sudah menjadi kebutuhan kita dalam melakukan banyak hal. Sekarang laptop tidak hanya dibutuhkan oleh orang kantoran saja tetapi segala tingkatan lapisan masyarakat sangat membutuhkanya karena dengan adanya leptop ini sangat membantu dalam melasanakan tugas. Di beberapa lembaga pendidikan para siswa – siswi di tuntut harus mempunyai laptop karena memudahkan dan mempercepat proses belajar yang tentunya di lengkapi media


internet karena semua bahan informasi   belajar hampir 100%  ada di internet. Laptop sendiri tidak hanya mempunyai fungsi hanya untuk pekerjaan tetapi juga bisa untuk dunia hiburan juga yaitu game apalagi sekarang banyak sekali jenis – jenis game yang bagus – bagus dan tidak membosankan.

Untuk jenis laptop sangat beragam dan mempunyai banyak merek, bentuk dan nama, untuk ukuran sangat beragam juga tetapi semua itu tetap sama fungsinya. Harga laptop sangat variatif tergantung dari spesifikasi yang di tawarkan mulai dari RAM, Hardis, VGA, Prosesor,  layar dan lain – lain itu yang mempergaruhi harga laptop tersebut. zaman sekarang untuk mebeli laptop sangat mudah karena toko – toko penjual laptop sudah membludak dan tentunya juga melayani servis sehingga lebih memudahkan pemakai laptop dalam hal servis dan konsultasi. Anda inggin membeli laptop bisa baru atau bekas yang perlu di perhatikan dan menjadi pertimbangan anda dalam membeli leptop  adalah sebagai berikut :  

Kebutuhan
Didalam membeli laptop sebaiknya harus memperhatikan akan kebutuhan di dalam pengunaanya misal buat desain grafis,  game, edit video dan buat mengetik karena biar tepat guna dalam pemakaian. Di setia laptop mempunyai spesifikasi yang berbeda – beda seperti RAM,  Prosessor, Hardis dan lain – lain itu semua juga mempunyai merek yang berbeda dan ukuran ini semuanya juga berpengaruh dalam kinerja laptop tersebut dan tentunya juga harga.  

Mempertimbangkan Merek
Sebelum kita membeli laptop sebaiknya kita juga mempertimbangkan sebuah merek atau brand yang tentunya sangat berpengaruh di dalam kwalitas laptop tersebut. Untuk saat ini merek atau brang tetap di pegang Apple yang no 1 karena sudah di akui di seluruh dunia bahwa Aplle mempunyai kwalitas yang  baik terutama untuk hardwere. 

Cek Fisik Kondisi Laptop
Sebelum membeli laptop sebaiknya kita cek kondisi fisik laptop mulai dari casing, adaptor,  baterai,  lcd , jumlah USB kemungkinan ada yang cacat dari pabrik apa tidak, misalnya ada cacat sebaiknya pembeli minta tukar yang lain.

Mencoba Laptop Dalam Keadaan Nyala
Sebelum membawa leptop pulang sebaiknya cek dulu dalam keadaan nyala untuk mengetahui apakah semua normal – normal saja, untuk pengecekan bisa di awali dari tampilan lcd ada yang cacat apa tidak,  semua USB, VGA,  CD Player,  adaptor dan tentunya software – software yang di install semua sudah ok apa belum dan mungkin ada yang belum tersinstal.

Lihat Dan Cek Konekvitas
Setiap tipe dan merek leptop mempunyai bentuk yang berbeda dan tata letak USB, LAN, VGA, dan tempat  CD Player. Di saat membeli laptop konektivitas tadi harus di lihat dan dicek dahulu biar pembeli tau sehingga pembeli tidak kecewa di kemudian hari dan pembeli juga harus mengecek satu persatu  kondisi konektivitas tersebut sudah bisa digunakan secar maksimal apa belum.      

Bonus Atau Asesories Laptop
Didalam pembelian leptop biasanya terdapat bonus bisa berupa tas, mouse, pelindung keyboard dan pelindung lcd ini harus ditanyakan dulu kepada penjual atau toko tersebut sebelum ada kesepakan membeli laptop tersebut, biasanya setiap toko penjual laptop tidak sama dalam hal memberi bonus tersebut malahan ada toko yang tidak ada sama sekali bonus tersebut. 

Garansi
Semua produk laptop rata – rata mempunyai garansi dan itu sudah menjadi sebuah pelayanan untuk pembeli dari perusaan pembuatan laptop tersebut, yang menjadi permasalahan biasanya proses untuk garansi itu mudah atau sulit ..? dan lama atau sebentar..? sebelum membeli laptop lebih baik kita tanyakan lasung ke penjual atau toko tersebut untuk garansi ini. sebagai pembeli wajib tau untuk masalah garansi ini meliputi apa saja apakah mencakup software atau hardware saja.   

 Nota Pembelian
Nota pembelian ini memang dianggap tidak begitu penting tapi sebenarnya sangat penting karena ada sangkut pautnya didalam pengurusan garansi. Kerusakan laptop tidak bisa di prediksi waktunya dan kerusakanya apa bila masih masuk waktu garansi maka kita bisa mengurus garansi ke toko tersebut waktu pembeli membeli laptop tersebut dengan menunjukan nota pembelian dan kartu garansi tersebut sehingga pengurusan garansi tidak ada masalah dalah hal adminitrasi.


ARTIKEL TERKAIT