10 Cara Merawat Laptop Atau Notebook Yang Benar



www.seratu.com
merawat laptop
Laptop atau notebook ini bila masih baru akan sangat bagus dan bersih keadaanya akan tetapi bila sudah lama dan kurang perawatanya maka akan kotor dan bisa menyebabkan kerusakan yang fatal. Perawatan tidak hanya pada fisik laptop atau notebook karena perawatan sofhware pun perlu seperti memasang antivirus dan menginstal sofhware – sofhware yang tidak perlu dan lain – lain, bila perawatan secara fisik dan sofhware sudah dilakukan maka laptop dan notebook anda akan awet dan seperti baru rasanya dalam memakainya.
  
Memang merawat laptop itu pasti mengeluarkan biaya tapi tidak semua perawatan laptop atau notebook ini mengluarkan biaya untuk perawatan yang mengluarkan biaya seperti memasang OS yang tentunya hanya bisa dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman dan membersihkan debu yang melekat di hardware bagian dalam biasanya di bagian kipas yang gunanya untuk mendingginkan komponen  dan lain – lain, sedangkan merawat laptop yang tidak mengluarkan biaya seperti membersihkan kiboard, layar LCD dan lain – lain. Dalam hal ini saya akan membahas merawat lapto atau notebook yang benar diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Jangan Meletakan Benda Berat Diatas Laptop
Kita sering meletakan benda – benda di atas laptop dalam keadaan mati laptop tersebut entah berupa buku, dompet, HP dan lain – lain, sebenarnya itu tidak dianjurkan karena sangat bahaya terhadap laptop atau notebook khususnya LCD karena bisa rusak oleh tekana benda tersebut dan meletakan HP diatas LCD laptop atau notebook bisa merusak juga karena LCD ini peka terhadap medan mahnet yang di ada HP tesebut.

2. Kuranggi Cahaya Pada Laptop
Mengurangi cahaya pada laptop ini sangat baik untuk kesehatan mata kita dan juga sangat menghemat baterai sehingga masa penyimpanan dalam baterai ini menjadi lama dan bisa terbebas dari baterai droop.

3. Selalu Memakai Stavol
Waktu Charging laptop  biasanya lasung dicolokan keadaptor yang sumbernya lasung ke arus listrik, alangkah baiknya bila kita mecharging ini sebaiknya mengunakan setavol dulu dalam ilustrasinya listrik ke setavol baru adaptor dan dilanjutkan ke laptop atau notebook ini mencegah untuk arus listrik yang tidak setabil masuk ke adaptor sehinnga terhindar dari kerusak pada adaptor dan baterai laptop atau notebook.

4. Jauhkan Dari Suhu Dingin Atau Lembab
Laptop ini mudah sekali rusak oleh udara yang dingin atau lembab karena udara yang dingin atau lembab ini bisa memicu konsletting terhadap komponen yang ada didalam laptop atau notebook ini.

5. Selalu Mematikan Yang Benar
Mematikan laptop harus dengan cara yang benar yaitu arahkan mouse ke menu shut down dan klik, tapi biasanya kita tak sabaran mematikan laptop denga lasung menekan tombol on – off atau power sehingga cepat matinya ini sebenarya tidak dianjurkan dan bahaya sekali terhadap hardware dan sofhware dan apabila ini sering kita lakukan maka akan timbul permasalan kerusakan yang serius.

6. Pakai Pelindung LCD Dan Keyboard
Memakai pelindung LCD dan Keyboard ini memang sangat dianjurkan karena bisa melidunggi LCD ini dari debu dan benda keras apa bila tergores oleh benda keras makan hanya pelindungya saja yang rusak untuk LCD ini masih tetap OK dan untuk pelindung keyboard ini bisa untuk melindunggi debu masuk kedalam keyboard sehingga keyboard kita tidak sering trobel. Bila pelindung keyboard dan LCD ini dilepas maka akan masih kelihatan barau untuk LCD dan keyboard.

7. Jangan Memakai Laptop 24 Jam
Bila kita sering melembur dalam menyelesaikan pekerjaan sebaiknya gunakan Komputer atau PC jangan mengunakan laptop karena bila laptop ini digunakan untuk lembur yang bisa memakan waktu yang lama misal 24 jam maka akan berpengaruh terhadap komponen laptop atau notebook ini bila laptop atau notebook ini kita gunakan 24 jam maka akan panas dan mengpengaruhi komponen yang ada di dalamnya bila ini sering kita lakukan maka akan menjadi permasalan yang serius.
 
8. Jangan Memaksa Laptop Dalam Menjalankan Program
Setiap laptop atau notebook ini mempunyai spesifikasi yang berbeda yang tentunya mempengaruhi kinerja laptop atau notebook ini bila spesifikasi laptop atau notebook rendah maka jangan paksakan untuk menjalankan program atau sofhware yang tinggi karena sangat berpengaruhi terhadap hardware laptop atau notebook ini bila kita tetap pasakan maka akan terjadi kerusakan yang serius. 

9. Selalu Gunakan Pendigin Laptop / Coolpad
Laptop atau notebook ini sering mengalami panas di bagian bawah bila kita nyalakan, sebaiknya seringlah mengunakan pendingin laptop atau notebook yang sering disebut Coolpad ini maka panas yang ada dibagian bawah laptop atau notebook ini bisa berkurang sehingga laptop atau notebook masih bisa digunakan dengan maksimal.

10. Simpan Nota Garansi
Nota pembelian dan garansi sebaiknya anda simpan dengan rapi dan aman karena sewaktu – waktu bila laptop atau notebook anda rusak tinggal kita garansikan dan bebas biyaya.
ARTIKEL TERKAIT