12 Manfaat Biji Wijen Untuk Tubuh Kita



           
image : id.wikipedia.org
Pernah makan onde - ode? Mungkin hampir semua orang pernah dan bahkan menyukai makanan yang satu ini, salah satu alasannya karena balutan biji wijen yang menyelimutinya. Sensasi rasanya yang manis dan gurih menjadi favorit semua orang. Ini membuat wijen sering dimanfaatkan sebagai bahan pelengkap atau topping beberapa resep makanan, selain itu wijen juga sering dijadikan sebagai minyak wijen untuk berbagai keperluan pengobatan atau untuk kecantikan. 

            Wijen (Sesamum indicum l.) merupakan tanaman semak semusim yang biasa dibudidayakan sebagai sumber minyak nabati hasil dari ekstraksi bijinya, dan lebih dikenal sebagai minyak wijen. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Afrika tropik yang kemudian tersebar hingga ke India dan Tiongkok. Karena berasal dari daerah tropik  tanaman ini membutuhkan suhu yang relatif tinggi untuk hidup dan tahan terhadap kondisi yang kering sekalipun, meski kondisi ini akan berpengaruh pada produktivitas beberapa jenis tanamannya. Tanaman wijen akan menghasilkan produksi yang bagus pada daerah dengan curah hujan 500 sampai 650 mm, akan tetapi banyaknya curah hujan saat proses pembungaan akan mengakibatkan penurunan hasil tanaman ini. Wijen tumbuh pada daerah dengan ketinggian < 1250 meter dan menyukai tanah subur dengan drainase yang baik. Wijen sensitif pada tanah asin dan asam dan tahan terhadap terpaan angin yang kencang. Di Indonesia wijen tumbuh di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta.

Ciri - Ciri Tanaman Wijen

Akar
Tanaman wijen berakar tunggang dengan ujung melancip dan memiliki banyak akar cabang  yang diketahui bersimbiosis dengan `mikoriza untuk memperoleh air dan hara dari dalam tanah. Pada varietas tanaman wijen yang tidak bercabang, sistem perakarannya cenderung berkembang ke dalam, sedangkan pada varietas tanaman yang bercabang sistem perakarannya cenderung menyebar. 

Batang
Batang tanaman wijen termasuk batang berkayu (pada tanaman dewasa), berwarna hijau pucat dan mengkilat serta memiliki bulu halus pada permukaannya. Batang tanaman ini memiliki diameter 1 centimeter serta memiliki tinggi berkisar 60 centimeter sampai 3 meter.

Daun
Tanaman wijen berdaun tunggal dan berbentuk mirip lidah yang menjulur, daun tanaman ini berwarna hijau dan berbulu lebat pada urat dan pinggir daun.

Bunga
Bunga wijen termasuk ke dalam bunga sempurna dengan mahkota berwarna putih, kuning, atau biru keunguan. Kelopak bunga berukuran 5 samapai 7 milimeter dan mahkotanya berukuran 2 samapai 3,5 centimeter, juga perlu diketahui terdapat 4 sampai 5 kepala sari pada tiap bunganya. Bunga wijen tumbuh dari ketiak daun dan biasanya berjumlah 3 bunga. Namun sering  dijumpai bunga yang tumbuh lebih awal akan berukuran lebih besar dari 2 bunga lainnya.

Biji
Biji wijen berbentuk seperti buah alpukat dan berukuran kecil dengan berat 2 sampai 6 gram per1000 biji.  Biji wijen berwarna putih, kuning, coklat, dan hitam. Warna kulit biji berpengaruh pada kandungan air, minyak, serat kasar, karbohidrat dan albumin. Biji wijen terbentuk dalam ruang - ruang dalam bakal buah ( seperti polong ) dan bila buah telah masak dan mengering biji akan mudah terlempar ke luar, sehingga ini akan mempengaruhi jumlah biji yang dihasilkan saat panen.

Manfaat Wijen

          Terdapat beberapa manfaat yang terkandung pada biji wijen, bukan hanya sebagai bahan pemanis atau pelengkap makanan. Namun juga dapat dimanfaatkan dalam bidang kesehatan maupun kecantikan. Berikut beberapa manfaat umum biji wijen:

Mencegah Diabetes Mellitus
Biji wijen kaya akan magnesium (351 miligram per 100 gram) sehingga mampu mencegah penyakit Diabetes Mellitus. Penggunaannya biasanya dengan dijadikan minyak wijen yang dapat  berguna untuk menurunkàn kadar glukosa plasma pada penderita diabetes hipersensitif.

Menjaga Kesehatan Tulang
Kandungan kalsium dalam wijen dianggap lebih tinggi dari ½ gelas susu, sedangkan kandungan zinc dalam wijen juga mampu meningkatkan kepadatan tulang sehingga beberapa masalah tulang pun dapat dihindari.

Mengatasi Anemia
Kandungan zat besi dalam biji wijen (terutama wijen hitam) mampu mencegah dan bahkan mengatasi gejala penyakit kurang darah / anemia, karena seperti kita ketahui bersama zat besi berfungsi membantu proses pembentukan sel - sel darah merah.

Zat Anti Kanker
Kandungan fitosterol yang merupakan zat anti kanker mampu melawan sel - sel kanker dalam tubuh kita. Misalnya dengan mencampurkan wijen pada sereal, salad atau pada yogurt yang biasa kita konsumsi.

Menjaga Kesehatan Pencernaan
Beberapa gangguan pencernaan yang mungkin sedang kita derita dapat diatasi dengan mengkonsumsi biji wijen yang kaya akan serat yang mampu melancarkan sistem pencernaan serta mencegah kanker kolorektal yang sangat berbahaya.

Obat Sakit Gigi
Minyak wijen dapat menghilangkan mutan stectococcus yang terdapat dalam air liur sehingga dapat membantu meredakan sakit gigi serta dapat pula membantu memutihkan gigi. Selain itu wijen hitam dapat membantu membersihkan plak gigi dan merangsang pembentukan email gigi hanya cukup dengan mengunyah bijinya.

Meringankan Arthritis
Dalam biji wijen terkandung tembaga yang bermanfaat sebagai antioksidan untuk menguatkan tulang sendi dan mengurangi sakit karena pembengkakan yang diakibatkannya.

Mengurangi Stress
Kandungan magnesium dalam biji wijen dapat membantu mengendurkan otot - otot yang tegang, serta kandungan vit.B1 yang bersifat menenangkan dapat dijadikan sebagai obat anti depresi.

Antioksidan
Biji wijen mengandung senyawa sesamol dan sesaminol yang merupakan senyawa antioksidan fendik yang membantu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas, sehingga penyakit berbahaya seperti kanker dapat dihindari.

Mencegah Penyakit Jantung
Kandungan lignin yang kaya serat dalam biji wijen dapat membantu menormalkan tekanan darah dan kadar kolesterol yang berlebih. Dimana kolesterol tinggi menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit jantung dan stroke. Selain itu kandungan pitosterol dalam wijen hitam juga berfungsi menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Berikut ramuan yang dapat dibuat:
Siapkan biji wijen, blender hingga halus.
Seduh wijen halus dengan air panas, saring.
Minum 2 sampai 3 kali sehari.

Menjaga Kesehatan Kulit
Kandungan seng dalam biji wijen mampu menjaga kesehatan kulit, sehingga kulit akan tampak lebih bersinar. Selain itu biji wijen juga mampu merangsang pembentukan kolagen, mempertahankan fleksibilitas kulit, mengencangkan kulit dan memperbaiki daerah kulit yang rusak serta bekas luka bakar. Selain itu kandungan antioksidan dalam minyak wijen mampu mendetoksifikasi kulit yang mengandung banyak racun. Caranya cukup dengan membuat ramuan wijen, sebagsi berikut :

Siapkan ½ cangkir minyak wijen.
Siapkan ½ cangkir cuka sari apel.
Campurkan kedua bahan tersebut hingga rata.
Tambahkan ¼ cangkir air.
Aplikasikan pada bagian kulit yang diinginkan, diamkan sejenak.
Bersihkan dengan air hingga bersih.

Membantu Pertumbuhan Rambut
Kandungan omega-3, omega-6 dan omega-9 berguna membantu pertumbuhan rambut. Lakukan dengan memijat lembut rambut dengan minyak wijen agar kesehatan rambut dan kulit kepala tetap terjaga. Biji wijen yang biasa digunakan adalah wijen hitam karena kualitas gelap yang dimilikinya.

   Begitu banyak khasiat yang terdapat biji wijen, dengan ukuran sekecil itu mampu memberi manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Semoga setelah membaca pembahasan tentang biji wijen ini, kita mulai memanfaaatkan biji wijen tidak hanya untuk pemanis makanan kita saja, tapi juga untuk menjaga kesehatan kita.
ARTIKEL TERKAIT