6 Cara Mengobati Rambut Bercabang Dan Kering Secara Alami



image : www.cantikalamiah.com
Rambut kering dan bercabang ini sering dialami para wanita yang terutama rambut yang panjang apalagi kurang perawatan sangat rentan terkena rambut kering dan bercabang ini. Perawatan rambut ini memang tidak sedikit biaya yang dikeluarkan apa lagi rambut yang bermasalah perlu perawatan ekstra. Rambut yang sehat terbebas dari bercabang dan kering ini memang menjadi dambaan setia wanita karena rambut yang sehat menjadi icon tersenderi bagi kaum wanita.


Segala sesuatau pasti ada sebab dan akibat, seperti rambut yang kering dan bercabang ini pasti ada akibatnya atau sebabnya diantaranya :

1.      Memakai Shampo Berlebihan
Keramas atau mencuci rambut ini sangat perlu dan merupakan bagian perawatan rambut tetapi bila terlalu sering ini sangat tidak baik dan bisa merusak rambut apalagi setiap produk shampoo ini mempunyai bahan dasar yang tidak sama dalam jenis dan takaran, sedangkan rambut kita ini tergolong rambut yang sehat atau tidak karena bisa mempengaruhi kesehatan rambut ini. Keramas atau mencuci rambut yang berlebihan bisa merusak rambut misalkan kita keramas atau mencuci rambut ini bila dilakukan setiah hari maka rambut akan kering dan dapat memicu rambut bercabang karena rambut kehilangan kelembapanya sedangkan keramas atau mecuci rambut ini sebaiknya dilakukan tiap 2 hari sekali atau 3 hari sekali tergantung aktivitas yang kita lakukan dan kotoran yang melekat pada rambut.

2.      Pewarna Rambut
Tren masa kini memang rambut sering di warnai dengan sesuka hati tapi ini sebenarnya tidak baik untuk kesehatan rambut kita karena zat kimia  yang digunakan pewarna tersebut dapat menghambat nutrisi yang inggin masuk ke rambut dan kelembapan rambut menjadi berkurang. Apa lagi bila sering mengati warna rambut maka jangka panjang dapat menjadikan rambut kering dan bercabang.

3.      Hindari Pengering Rambut
Rambut yang basah ini sangat lama mengeringkanya apalagi rambut yang panjang, di zaman moderen ini banyak sekali produk pengering rambut seperti hair dryier. Dan ada juga alat untuk meluruskan rambut yang bergelombang sepeti catok rambut kedua jenis barang ini seperti catok dan hair dryier ini sebenarnya mempunyai kinerja yang sifatnya memanaskan dan memaksa rambut agar cepat kering dan mudah dibentuk bila hal ini sering kita lakukan maka rambut ini akan menjadi rusak karena rambut menjadi  kering dan hilang akan kelembapanya.

4.      Hindari Sinar Matahari Secara Langsung
Cuaca yang panas sangat tidak baik untuk kesehatan rambut apalagi rambut kita tergolong rambut yang rusak seperti kering dan bercabang maka akan lebih parah yang terjadi karena panas matahari bila terkena rambut kita scara lasung bisa menghilangkan kelembapan alami rambu. Bila cuaca panas sebaiknya anda memakai penutup rambut seperti payung, topi yang lebar dan lain – lain.

5.      Merawat Rambut Yang Panjang
Merawat rambut yang panjang ini memang harus ekstra karena rambut yang panjang ini mudah sekali bercabang di ujungnya karena nutrisi rambut tidak maksimal dalam hal menyalurkan nutrisi sampai keujung rambut, bila hal ini terjadi pada rambut anda maka lakukan pemotongan di ujung yang bercabang.

6.      Kekurangan Nutrisi
Kekurangan Nutris rambut ini yang menyebabkan rambut mudah rusak seperti kering dan bercabag maka konsumsilah makanan yang banyak mengadung nutrisi seperti ikan salmon, ubi jalar, sayuran hijau, daging ayam, yoghurt, telur dan masih banyak lagi.

Cara Mengobati Rambut Bercabang Dan Kering Secara Alami

1.      Buah Alpukat Dan Putih Telor
Caranya ambil 2 buah alpukat dan cuci bersih lalu haluskan bisa mengunakan blender setelah halus campur dengan 2 telur yang di ambil putih telur saja setelah rata balurkan ke rambut sampai rata dan biarkan selama 30 menit setelah itu bersihkan dengan air bersih, bisa mengunakan sedikit  shampoo saat terahir membersihkan rambut agar rambut berbau harum.


2.      Santan Kelapa
Caranya parut kelapa setelah itu campur sedikit air lalu peras dan letakan air perasan kelapa tadi di wadah yang sudah disiapkan dan biarkan selama 6 jam atau sampai minyak kelapa dan air terpisah minyak kelapa terdapat pada atas dan air di bawah setelah itu minyak kelapa ini balurkan ke rambut sampai rata diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih bisa mengunakan sedikit sampo saat terahir membersihkan rambut agar rambut berbau harum.


3.      Pepaya Dan Yogurt Tawar
Caranya cari pepaya yang matang haluskan bisa mengunakan blender setelah halus campur yogurt tawar di dalam blender lalu blender lagi setelah benar – benar tercampur rata balurkan pada rambut sambil di pijat – pijat halus  setelah itu diamkan 30 menit dan bersihkan rambut dengan air bersih sampai bersih bisa mengunakan sedikit sampo saat terahir membersihkan rambut agar rambut berbau harum.


4.      Kombinasi Lemon, Madu Dan Yogurt
Caranya ambil madu dan yogurt sesuai panjang rambut atau mengunakan takaran 3 sedok makan dan ambil 2 buah lemon untuk diambil air sarinya dan jadikan satu bahan tersebut dan aduk sampai rata lalu oleskan pada kulit kepala dan rambut sampai rata dan pijat halus dan biarkan 30 menit setelah itu bilas dengan air bersih bisa mengunakan sedikit sampo saat terahir membersihkan rambut agar rambut berbau harum.


5.      Minyak Zaitun
Caranya ambil minyak zaitun yang asli dan oleskan pada kulit kepala dan rambut sampai rata sambil di pijat – pijat pelan kulit kepala dan diamkan selama 30 menit dan bersihkan dengan air bersih bisa mengunakan sedikit sampo saat terahir membersihkan rambut agar rambut berbau harum.     
     
ARTIKEL TERKAIT