8 Cara Agar Terbebas Dari Virus Untuk Laptop Dan Pc

www.seratu.com
ILUSTRASI
    Laptop atau PC memang mudah terserang oleh virus apalagi kalau OS Windows sangat rentan terkena virus. Jenis – jenis virus ini sangat bermacam macam dan mempunyai kemampuan yang berbeda tapi intinya satu yaitu merusak mulai dari sistem,  aplikasi,  data, dan bila dibiarkan bisa ke hard ware, untuk nama jenis virus  yang sering masuk ke laptop atau PC  ini seperti Trojan, Worm, Rogue, Spyware, Backdoor, Rootkit, dan masih banyak lagi. Virus ini memang kinerjanya tidak begitu kelihatan dan lama kelamaan virus ini berkembang sampai menjamur di laptop atau pc ini dan tandanya bila laptop atau pc kita terserang virus maka laptop atau pc kita menjadi lamban dalam beroperasi, muncul folder baru, shortcut yang ada di setiap folder dan lain – lain.

 
     Virus ini mudah sekali menyerang laptop atau PC melalui jaringan internet dan flesdis dan  Virus yang ada di laptop atau PC ini bisa kita cegah tentunya dengan ativirus seperti Avast, AVG, Mcafee, Ahnlab, F-Secure, Trend Micro, Norton, Kaspersky, Bitdeferender, Avira tentunya tidak cukup hanya memasang antivirus ini akan tetapi kita juga harus melakukan beberapa hal seperti berikut ini :


 1. Scan Flashdisk
Sebelum melihat atau mecopy file yang ada di flashdisk sebaiknya anda melakukan scan dengan antivirus kalau terdeteksi ada virus maka karantina bila failenya peting dan bila failnya tidak penting bisa lasung di delete


 2. Update Antivirus
Anti virus ini sebaiknya juga rutin di update entah seminggu sekali atau setiap bulan sekali hal ini untuk menambah antivirus kita lebih kuat dan peka terhadap adanya virus.


 3. Jangan Matikan Antivirus
Ada program tertentu dalam instalisai harus mematikan antivirus sejenak tetapi kita sering lupa untuk mengaktifkan  lagi bila hal ini terjadi maka virus sangat mudah masuk apalagi kita membuka jaringan internet maka virus tanpa ada hambatan masuk dan menyebar di laptop atau PC.
 
4. Hindari Software Bajakan

Software bajakan ini mudah kita dapat dan harganya murah karena ilegal biasanya software bajakan ini terinfeksi virus yang berbahaya bila kita pasang atau buka di laptop atau PC ini maka virus ini menyebar.


 5. Scan File Yang Didapat Di Internet
File yang di dapat di internet ini bisa berupa excel, word, pdf ini sebelum membukanya kita sebaiknya melakukan scan agar virus yang melekat dapat di bersihkan.
 
6. Selalu Pasang Antivirus

Jangan sampai lupa untuk memasang antivirus di laptop atau PC karena bila sampai kelupaan bisa bahaya untuk file dan sistem OS nya dalam jangka panjang bisa rusak dan tidak dapat di akses karena virus bergerak bebas.


 7. Rutin Scan Data
Lakukan scan data di laptop atau PC secara rutin dan berkala untuk antisipasi virus yang mengendap dan bersembunyi, bisa dilakukan seminggu sekali.
 
8.Pasang Sofware Atau Antivirus Yang Orijinal

Memasang sofware orijinal ini memang mahal akan tetapi memberi keamanan dari virus dan untuk update tidak takut di blokir              

ARTIKEL TERKAIT