9 Manfaat Akar Alang – Alang Untuk Kesehatan Kita



www.seratu.com
AKAR ALANG - ALANG
Alang- alang (Imperata cylindrica) atau biasa dikenal dengan sebutan ilalang adalah tanaman sejenis rumput liar berdaun tajam yang tumbuh tinggi dan biasa dijumpai di lahan pertanian. Awalnya tanaman ini dianggap sebagai gulma atau tanaman pengganggu karena alang - alang memang kerap mengganggu pertumbuhan tanaman padi para petani. Namun setelah diketahui kandungan alang-alang, kini tanaman ini sering dimanfaatkan untuk bahan pengobatan. Beberapa kandungan penting dalam alang - alang diantaranya Imperanene (berfungsi menghambat sel pembeku darah (trombosit) untuk mencegah pembekuan darah  pada penderita serangan jantung), Cylendrene (berfungsi menghambat kontraksi pembuluh darah pada otak polos sehingga sirkulasi darah menjadi lancar), Graminone B (berfungsi menghambat  peyempitan darah pada aorta), Saponin dan tanin.

Bagi yang belum pernah mengenal tanaman alang - alang, berikut beberapa ciri umum yang dimiliki tanaman alang-alang:

a.Akar tanaman ini kaku berbuku - buku dengan panjang sekitar 5 centi meter, berdaging, bersisik dan tumbuh menjalar. Mempunyai rasa  yang manis meski ada beberapa yang berasa pahit.
b.Sistem perakaran tanaman alang - alang ditunjang rimpang yang kuat dengan akar terbenam dalam tanah sekitar 1 meter.
c.Batang tanaman alang - alang padat dan beruas dengan tinggi 0,5 - 1,5 meter
d.Daun berbentuk pita berujung runcing dengan pangkal menyempit, bertepi kasar dan bergerigi tajam. Panjang daun umumnya 12 - 80 centi meter.
e.Bunga berbentuk malai berwarna putih dengan anak bulir berambut panjang sekitar  6 - 28 centi meter. Saat telah masak akan mudah melayang bila terkena angin.

Tanaman alang - alang menyebar alami dari India sampai ke Asia Timur, Asia Tenggara, Mikronesia dan Australia. Di Indonesia tanaman ini biasa ditemukan di lahan terbuka yang mendapat banyak sinar matahari seperti di lapangan, lahan pertanian, atau lahan kosong yang sudah tidak difungsikan. Perkembangan tanaman ini sangat cepat karena memanfaatkan bantuan angin.

Manfaat Akar Alang - Alang
Tanaman alang - alang memiliki banyak sekali manfaat hampir pada semua bagiannya. Misalnya di Bali daun alang - alang dimanfaatkan sebagai bahan atap rumah, selain itu bunga alang - alang yang halus juga sering dimanfaatkan sebagai bahan pengganti kapas untuk mengisi bantal. Namun kali ini kita akan membahas  lebih jauh tentang manfaat akar alang – alang sebagai berikut :

1.      Melancarkan Air Seni
Buang air kecil yang tidak lancar akan sangat mengganggu  karena biasanya disertai rasa sakit pada daerah kemaluan. Namun jangan khawatir karena sifat diuretik pada akar alang - alang mampu membantu melancarkan air seni serta meredakan radang ginjal. Misalnya dengan membuat ramuan alang - alang, sebagai berikut :
- Siapkan 250 gram akar alang - alang, cuci bersih.
- Campurkan dengan gula batu secukupnya.
- Rebus dengan 3 gelas air selama 10 menit lalu diginkan.
- Saring dan minum  3x sehari.

2.      Mengobati Radang Paru - Paru
Paru - paru adalah organ penting dalam tubuh kita, sehingga akan jadi masalah bila terjadi peradangan pada paru - paru kita. Namun semua itu  bisa diatasi dengan ramuan alang – alang, sebagai berikut:
- Siapkan 500 gram akar alang-alang.
- Siapkan 5 helai daun sembung.
- Siapkan 10 kuntum bunga melati kering.
- Rebus semua bahan dengan 3 gelas air, tambahkan garam.
- Setelah air tinggal ½ bagian, diginkan lalu saring.
- Minum rutin 2x sehari.

3.      Meredakan Asma
Penyakit asma pasti sangat mengganggu aktivitas kita dan sebaiknya kita tidak meremehkan penyakit yang satu ini, salah satu caranya dengan mengkonsumsi ramuan alang – alang caranya sebagai berikut :
- Siapkan 100 gram akar alang - alang.
- Siapkan 25 gram kencur.
- Siapkan 25 gram daun sirih.
- Rebus semua bahan dalam 1 liter air sampai tinggal ½ bagian, saring.
- Tambahkan 1 sdm madu dan 1 sdt air jeruk nipis.
- Minum tiap menjelang tidur.

4.      Mengobati Kencing Batu
Endapan kalsium dalam kandung kemih akan membuat buang air jadi tidak lancar dan menyebabkan kencing batu. Cara mengatasinya cukup dengan membuat ramuan akar alang – alang, caranya sebagai berikut :
- Siapkan 100 gram akar alang - alang.
- Siapkan ½ genggam daun meniran.
- Siapkan ½ genggam daun kumis kucing.
- Rebus semua bahan dengan 5 gelas air sampai airnya tinggal ½ bagian.
- Diginkan lalu saring.
- Minum 3x sehari 1 gelas.

5.      Mengobati Diare
Diare adalah penyakit pencernaan yang umum dijumpai baik pada anak - anak maupun orang dewasa. Namun apabila tidak segera diatasi akan memberi dampak buruk pada tubuh kita. Karena itu diare harus segera diatasi dan salah satu caranya dengan membuat ramuan akar alang-alang, caranya sebagai berikut :
- Siapkan 250 gram akar alang - alang, cuci bersih.
- Rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit.
- Minum setelah buang air besar ( 1 gelas tiap kali minum ).

6.      Mengatasi Keputihan
keputihan adalah hal yang umum dialami oleh para wanita, namun bukan berarti semua ini boleh diabaikan. Keputihan dapat diatasi dengan ramuan berikut:
-  Siapkan 500 gram akar alang - alang.
-  Siapkan 5 gram pulasari.
-  Siapkan 2 tangkai daun pepaya.
-  Rebus dengan 2 gelas air sampai tinggal ½ bagian, saring.
-  Minum 2x sehari.

7.      Mencegah Mimisan
Zat anti pendarahan pada akar alang - alang bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan mimisan atau hanya untuk sekedar mencegahnya. Caranya dengan minum ramuan berikut:
-  Siapkan akar alang - alang secukupnya.
- Rebus dengan 3 gelas air sampai tinggal 1 gelas, lalu diginkan.
-  Minum secara teratur sampai gejala mimisan hilang.

8.      Mencegah Penyakit Prostat
Pada laki - laki yang telah berusia lanjut, penyakit ini akan sering dijumpai. Alangkah baiknya jika kita mencegahnya sebelum penyakit ini menghampiri kita. Misalnya dengan memanfaatkan ramuan berikut:
- Siapkan 500 gram akar alang - alang.
- Rebus dalam 6 gelas air sampai air tinggal ½ bagian.
- Diginkan dan minum 3x sehari.

9.      Mengobati Muntah Darah
Alang - alang juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit muntah yang disertai darah. Berikut ramuan yang dapat kita buat:
-  Siapkan 60 gram akar alang - alang, cuci bersih lalu potong - potong.
-  Rebus dengan 2000 cc air hingga tersisa kira - kira 1200 cc.
-  Saring dan tambahkan sedikit gula batu.
-  Minum 3x sehari.

      Meski dianggap sebagai tanaman pengganggu ternyata banyak sekali manfaat yang diberikan tanaman alang - alang, terutama bagian akarnya. Karena itu tidak ada salahnya jika kita memanfaatkan akar alang - alang untuk dijadikan salah satu bahan untuk membuat obat alternatif demi menjaga kesehatan kita. Beberapa ramuan di atas dapat Anda terapkan, namun akan lebih bijak jika sebelumnya Anda konsultasikan dulu pada ahli medis kepercayaan Anda. Semoga bermanfaat.





ARTIKEL TERKAIT