Cara Mengatasi Dan Membuat Masker Alami Untuk Kulit Berminyak



image : www.disehat.com
Kulit bermiyak menjadikan kita kurang percaya diri karena wajah kita banyak sekali minyaknya sampai – sampai kita lap dengan tisu, tisunya ada warna hitam. Kita sering mencoba pembersih wajah yang tentunya untuk menghilangkan wajah berminyak ini tapi hasilnya kurang maksimal , memang wajah berminyak banyak sekali penyebabnya seperti  :


-Keturunan
Setiap anak pasti mempunyai sifat gen keluarganya sehinga anaknya menurun sifat gen kedua orang tuanya oleh karena itu bila salah satu orang tua kita mempunyai wajah berminyak dan anaknya menurun wajah bermiyak itu sudah wajar, tapi tidak semau anaknya menurun sifat gen tersebut

-Terlalu Banyak Memakai Kosmetik
Kosmetik ini memang sangat di perlukan dalam penampilan apalagi anak – anak sekolah terutama anak cewek SMA ini sangat suka memakai mekup biar bisa berpenampilan yang OK, tapi perlu diingat bila pemakian mekup ini berlebihan apa lagi sekarang mekup banyak sekali yang kimia maka dari itu bila dalam pemakian mekup tidak ada kecocokan maka berakibat wajah berminyak, timbul Jerawat, Iritasi, Gatal – Gatal Dan Lain – Lain, bila ini terjadi maka hentikanlah dala memakai mekup ini dan berkonsultasi pada dokter kulit.

-Banyak Aktivitas Yang Mengeluarkan Keringat
Orang yang berkerja di dalam ruangan ini pasti tidak banyak mengeluarkan keringat  tetapi bagi yang kerjanya di luar ruangan ini sering mengeluarkan keringat ditambah terkena sinar matahari ini yang memicu keringat akan bermunculan di badan dan wajah sehingga debu – debu mudah melekat dan akan timbul penyakit kulit yang baru seperti flek hitam di wajah, mudah timbul jerawat , wajah anda akan hitam dan wajah anda sangat berminyak.

-Kurang Membasuh Wajah Dengan Air
Membersihkan wajah tidaklah harus bersamaan dengan mandi saja akan tetapi harus sering mencuci wajah walaupun denga air saja karena ini bermanfaat untuk mencegah timbulnya wajah berkeringat secara berlebih.

-Cuaca
Cuaca yang panas akan menimbulkan udara yang panas sehingga kita merasa gerah dan memicu bermunculan keringat terutama di wajah bila ini diabiarkan akan membuat wajah kita berminyak menjadi lebih parah bila hal ini terjadi maka bisa mencari tempat yang ber AC atau bisa memakai kipas anggin.

-Saat Menstruasi  
Ini tentunya terjadi pada wanita saja biasanya wanita yang mengalami menstruasi baik sudah maupun akan mengalaminya maka wajah berminyak akan mengalami peningkatan, ini disebabkan oleh banyaknya  pdroduksi hormon yang terjadi saat  menstruasi.

Wajah bermiyak ini tidak harus di selasaikan dengan obat – obatan atau masker kimia yang tentunya mempunyai efek yang jelek bila dilakukan dalam jangka panjang dan bisa membuat ketagihan terhadap wajah kita. Dalam hal ini akan membahas mengatasi wajah berminyak secara alami yaitu dengan :

1.Daun Seledri
Caranya ambil daun seledri secukupnya dan potong – potong kecil – kecil dan campur denga air bersih secukupnya lalu masak sampai mendidih dan aduk – aduk setelah itu tuangka ke wadah yang sudah disiapkan biarkan sampai dingin lalu gunakan untuk membasuh wajah anda lakukan ini di pagi hari atau saat malam hari mau tidur. Untuk pemakain satu hari 1 X.

2.Mentimun
Caranya ambil mentimun yang masih muda dan cuci bersih lalu haluskan bisa di blender setalah halus basukan masker mentimun tadi kewajah dan biarkan sekitar 40 menit lalu bilas dengan air bersih dan pijat secara perlahan – lahan wajah anda sewaktu membilas wajah dengan air bersih.

3.Buah Anggur
Caranya cari buah anggur secukupnya lalu cuci bersih dan haluskan bisa diblender setelah itu buat masker wajah dan diamkan sekitar 30 menit setelah itu basuh dengan air bersih.

4.Buah Nanas Dan Air Santan
Caranya ambil daging nanas lalu haluskan bisa diblender setelah halus tambahkan air santan dan aduk dengan sendok makan sampai rata setelah itu oleskan pada wajah bisa gunakan kapas dan biarkan 30 menit setelah itu cuci wajah dengan air hangat dan ulangi lagi dengan air dingin.

5.Buah Apel Dan Madu
Caranya  ambil satu buah apel dan potong – potong dan blender sampai halus setelah itu campur dengan madu secukupnya lalu aduk dengan sendok makan sampai rata setelah rata simpan di kulkas sekitar 20 menit setelah itu oleskan ke wajah bisa mengunakan kuwas dan diamkan sekitar 30 menit dan bilas dengan air hangat dan ulangi lagi dengan air dingin ini bisa dilakukan seminggu 2 kali secara rutin.

6.Kulit Jeruk Nipis
Kupas jeruk nipis dan ambil kulit jeruk nipis dan oles – oleskan pada wajah diamkan selama 30 menit dan cuci dengan air hangat lakukan 2 kali dalam seminggu secara rutin.    

ARTIKEL TERKAIT