Manfaat Terlengkap Buah Pala Untuk Kesehatan



image : care2.com
     Bumi Indonesia kaya akan tanaman rempah yang tersebar di pelosok negeri. Salah satu yang paling populer adalah pala. Pala merupakan salah satu komoditi perdagangan yang penting sejak masa Romawi, ini dikarenakan nilainya yang tinggi sebagai rempah-rempah, buah dan bahkan bijinya.

       Pala pertama kali ditemukan di Kepulauan Banda, Maluku. Awalnya tanaman ini hanya dikenal sebagai tanaman rempah yang digunakan sebagai bumbu masakan / penyedap minuman. Namun setelah diketahui beberapa kandungan buah pala yang dapat memberi manfaat yang baik untuk kesehatan, kini pala menjadi salah satu tanaman yang populer sebagai tanaman obat. Berikut kandungan yang tersimpan dalam buah pala:

-   Energi (42 kkal)
-   Protein (0,3 gr)
-   Karbohidrat (10,9 gr)
-   Lemak (0,2 gr)
-   Zat besi (2 mg)
-   Kalsium (32 mg)
-   Vit.A ( 29 IU), Vit.B1 (1 mg), Vit.C (22 mg)
-   Minyak atsiri
-   Enzim lipase
-   Magnesium
-   Miristisin
-   Scolopetin
-   Kalium
 
Ciri - Ciri Buah Pala
Mungkin tidak semua orang pernah melihat buah pala secara langsung, karena yang umum beredar di pasaran adalah bijinya. Sekilas buah pala mirip dengan buah duku, yang memiliki bentuk bulat dan berwarna kuning. Namun berikut beberapa ciri umum yang dimiliki tanaman pala:

- Pala merupakan tanaman berumah dua ( dioecious ).

- Daun pala berbentuk elips, langsing dan panjang. Seperti pada umumnya daun pala berwarna hijau.

- Buah pala berbentuk lonjong dan berwarna kuning. Buahnya berdaging dan beraroma khas karena kandungan minyak atsiri.

- Saat sudah masak buah pala dapat membelah sendiri dan membentuk seperti kelopak bunga, sehingga bijinya yang berwarna coklat dan terbungkus sebuah lapisan berwarna merah (fulli) akan terlihat.

- Tinggi tanaman pala mampu mencapai 20 meter, sedanngkan usia tanaman ini bisa mencapai ratusan tahun.

- Pala dipanen biji, salut biji (fulli), dan daging buahnya. Panen pertama dilakukan saat pala berumur 7 sampai 9 tahun. Sementara pala mencapai kemampuan produktivitas maksimum saat berumur 25 tahun.

Berikut Pengolahan Pala Pasca Panen:


a.  Setelah panen, biji pala dipisahkan dari fullinya.

b. Biji pala yang sudah bersih dijemur hingga kering (sekitar 6 sampai 8 minggu).

c. Bagian dalam biji akan menyusut, sampai akhirnya cangkang biji akan pecah dan bagian dalam biji inilah yang dijual sebagai pala.

Macam - Macam Buah Pala


Bagi orang yang baru mengenal buah pala, mungkin hanya mengetahui salah satu jenis pala saja yaitu pala Banda (Myristica fragrans houtt). Karena pala Banda adalah pala yang paling terkenal dari beberapa jenis pala yang ada di Indonesia. Berikut beberapa jenis pala yang sebaiknya juga kita ketahui:

a. Pala Banda (Myristica Fragrans Houtt)
b. Pala Petani / Pala Ternate
c. Pala Hutan / Pala Bacan (Myristica Speciosa Warb)
d. Pala Onin / Pala Gasoriwonin (Myristica Schefferi Warb)
e. Pala Papua (Myristica Argantea Warb)
f. Pala Tertia (Myristica Tingens)
g. Pala Burung (Myristica Sylvetris Houtt)

Manfaat Buah Pala
Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa dalam buah pala terkandung beberapa zat yang dapat memberi manfaat baik untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat  dari buah pala:

1. Menambah Nafsu Makan

Kandungan enzim lipase (pemecah lemak) dalam buah pala berfungsi dalam meningkatkan nafsu makan. Karena enzim ini membantu kelancaran proses metabolisme dalam tubuh.

2. Meredakan Masuk Angin
Pala dapat memberi efek hangat pada badan dan perut kembung, ini karena kandungan minyak atsiri pada buah pala. Untuk mengatasi masuk angin, pala biasanya dikonsumsi dengan meminum air rebusannya.

3. Menghilangkan Insomnia
Insomnia dikenal sebagai penyakit susah tidur. Taukah Anda bahwa tidur yang tidak berkualitas  juga termasuk dalam penyakit insomnia. Kedua gejala insomnia tersebut dapat diatasi dengan mengkonsumsi air rebusan pala sebelum tidur, ini dikarenakan kandungan Magnesium dan mineral penting dalam buah pala mampu mengurangi ketegangan syaraf dan melepaskan serotonin yang menciptakan efek relaksasi.

4. Mencegah Mabuk Perjalanan

Sifat antiemetik pada buah pala berguna untuk menghilangkan mual dan muntah, sehingga cocok diminum sebelum kita bepergian / naik kendaraan. Berikut ramuannya:
     - Siapkan 1 sdt pala halus.
     - Siapkan ¼ sdt garam halus.
     - Campurkan kedalam 1 gelas air hangat, aduk rata.
     - Minum selagi hangat.

5. Meredakan Asam Lambung

Zat saponin pada buah pala bermanfaat menurunkan asam lambung, sehingga rasa perih dan mual perut akibat tingginya asam lambung dapat diatasi. Misalnya dengan ramuan pala sebagai berikut :
     - Siapkan 1 sdt pala halus.
     - Siapkan 100 ml air hangat.
     - Campurkan dengan 2 sdt buah pisang batu.
     - Aduk dan minum hangat-hangat.

6. Menghilangkan Suara Parau

Kandungan minyak esensial pada buah pala dapat dimanfaatkan untuk mengatasi suara parau yang mengganggu. Berikut ramuannya:
       - Siapkan pala dan jahe halus secukupnya.
       - Campurkan dengan 1 sdt cengkeh halus.
       - Tambahkan 3 tetes minyak kayu putih.
       - Campurkan semua bahan hingga rata.
       - Oleskan pada leher , diamkan 3 jam.
       - Lakukan secara rutin.

7. Menyehatkan Otak

Kandungan miristisin dalam buah pala bermanfaat untuk mengurangi degradasi jalur syaraf dan penurunan kognitif otak, sehingga sangat cocok bila dikonsumsi penderita Alzheimer, Parkinson, dan pikun.

8. Menyehatkan Kulit
Buah pala mengandung zat scolopetin yang berfungsi menghentikan peradangan kulit, bahkan bisul dan cacar pun bisa dihilangkan. Caranya dengan membuat ramuan sebagai berikut :
       - Siapkan buah pala secukupnya dan  diparut.
       - Campurkan dengan air dan madu secukupnya.
       - Aplikasikan pada bagian kulit yang diinginkan.
       - Diamkan selama 30 menit.
       - Bilas dengan air hangat.

9. Melancarkan Peredaran Darah

Kandungan kalium pada buah pala berfungsi dalam membantu peregangan pembuluh darah pada tubuh, sehingga aliran darah menjadi lancar dan oksigen mudah dialirkan ke seluruh tubuh. Sehingga pada akhirnya tekanan darah yang tinggi pun dapat berkurang.

10.Menjaga Kesehatan Tulang
Kandungan kalsium pada buah pala mampu memperbaiki syaraf tulang yang mulai rusak, serta dapat menjaga pertumbuhan tulang dan mencegah pengeroposan tulang.

11.Detoksifikasi
Racun dalam tubuh tentu sangat berbahaya bagi kesehatan. Secara alami pala mampu membersihkan organ - organ penting dalam tubuh dari semua racun yang tersimpan di dalamnya. Misalnya pada hati dan ginjal yang terdapat banyak racun sisa metabolisme, pala akan membantu membersihkannya.

12.Menjaga Kesehatan Mulut
Kandungan antibakteri aktif pada buah pala mampu mematikan bakteri yang menjadi pemicu terjadinya bau mulut (halitosis), serta dapat meningkatkan kekebalan gusi dan gigi. Sehingga kesehatan mulut secara keseluruhan akan tetap terjaga.

13.Leukemia
Terdapat senyawa dalam methanol pala dan minyak esensial yang mampu menginduksi kematian sel leukemia. Sehinggga penyebaran dan metastasis penyakit kanker dapat dihentikan.

      Kelebihan konsumsi pala akan memberikan efek negatif seperti halusinasi, kejang, jantung berdebar, muntah, dan gangguan sistem metabolisme tubuh. Oleh karena itu, pala akan aman dan dapat memberi manfaat yang maksimal pada  tubuh apabila dikonsumsi dalam kadar / jumlah yang terkontrol.
ARTIKEL TERKAIT