10 Manfaat Tanaman Kamboja Untuk Kesehatan


www.seratu.com
TANAMAN KAMBOJA
Di indonesia tanaman kamboja ini sering kita jumpai di tempat pemakaman ( kuburan ) sehingga tanaman ini indentik dengan kesan mistis, tapi sebenarnya tanaman ini tidak ada sangkut paudnya dengan hal mistis dan tanaman ini di tanam ditempat pemakaman atau kuburan alasanya tanaman ini tumbuh rindang dan tahan akan segala musim untuk tingginya tidak begitu sehingga tidak membahayakan pada musih hujan yang beragin dan bunganya mempunyai bau yang harum.
  

Tanaman kamboja ini berasal dari amerika tengah dan tanaman ini bisa di kembang biakan dengan di stek atau dari bijinya. Kamboja ini dalam bahasa latin disebut plumeria dan tanaman ini memiliki daun yang tebal berwarna hijau dengan  mahkotanya berwarna putih hingga merah keunguan  untuk bunganya berjumlah genap antara 4 dan 6 helai dan berbau harum untuk pohonya lumayan besar, untuk sekarang tanaman ini sudah bisa untuk di jadikan tanaman bonse dengan pohon yang kecil dan tanaman ini rendah dengan ketigian sekitar 50 sampai 100 centimeter.  Untuk kandungan yang terdapat pada tanaman kamboja ini hampir sama seperti  tanaman karet yaitu : kautsuk, resin, lupeol dan amirin triterlalkohol tentunya tanaman ini juga bisa  untuk mengobati beberpa penyakit diantaranya : 


1, Menghilangkan Tahi Lalat

Sebagaian orang wajahnya ada tahi lalat sehingga menggagu penampilan tapi jangan khwatir dengan tanaman kamboja ini bisa menghilangkan tahi lalat dengan cara bersihkan tahi lalat denga tisu dan ambil getah dari pohon kamboja ini dengan mengunakan kapas dan oleskan pada tahi lalat dan lakukan hal ini dengan berkala.


2.  Menghilangkan Bisul

Bisul ini sangat mengagu  aktivitas kita sehari – hari dan bisul ini dapat dihilangkan denga getah tanaman kamboja ini dengan cara mengoleskan pada bisul lasung atau bisa juga dengan minyak kelapa dan daun kamboja dengan cara minyak kelapa tadi oleskan pada daun kamboja dan bisa lasung tempelkan pada bisul tersebut.


3. Kencing Bernanah

Siapkan akar tanaman kamboja dan cuci bersih dan rebus akar kamboja tersebut dengan air satu gelas sampai mendidih setelah itu diamkan sampai hangat atau dingin dan minum air tersebut sehari satu gelas.


4.  Mengobati Luka Yang Mebjadi Borok

Caranya bisa dengan getah tanaman kamboja ini dengan cara bersihkan borok dengan alkohol dan oleskan getah kamboja tersebut dengan kapas.


5.  Menghilangkan Panu

Siapkan kulit batang dan daun tanaman kamboja dengan secukupnya dan rebus dengan air secukupnya sampai mendidih dan biarkan menjadi hangat atau dingin lalu gunakan untuk mandi dan gosok – gosok pada kulit yang terkena panu.


6. Mengobati Kutil Di Tubuh

Caranya cuci bersih kutil dengan air atau alkohol dan oleskan getah tanaman kamboja ini pada kulit yang yang tumbuh kutil.   


7. Mengobati Sakit Gigi Yang Berlubang

Caranya ambil kapas yang sudah di olesi dengan getah tanaman kamboja ini dan masukan pada gigi yang berlubang tersebut.


8. Perawatan Tumit Dari Pecah – Pecah

Caranya ambil kulit tanaman kamboja secukupnya dan rebus dengan air secukupnya sampai mendidih dan diamkan sampai hangat setelah itu rendam kaki dengan air tersebut lakukan ini sehari sekali.


9. Menyembuhkan Bengkak Di Tubuh

Siapkan kulit tanaman kamboja ini dan rebus dengan air secukupnya sampai mendidih dan biarkan air tersebut sampai hangat dan basuh tubuh yang bengkak dengan air tersebut bisa mengunakan kain yang tipis dan halus atau bisa dengan direndam dengan air tersebut.


10. Mengobati Patek  ( Frambusia ) Atau Sejenis Infeksi Di Kulit

Caranya siapkan kulit kamboja secukupnya dan rebus dengan air secukupnya juga sampai mendidih lalu biarkan sampai hangat lalu buatlah mandi jangan lupa mengosok kulit yang tekena patek .


ARTIKEL TERKAIT