10 Manfaat Tanaman Sangketan Untuk Kesehatan


www.seratu.com
TANAMAN SANGKETAN


Tanaman Sangketan ini mudah tumbuh liar di di tempat terbuka dan biasanya tumbuh di pinggir – pinggir jalan, perkarangang kosong dan di ladang. Tanaman sangketan jarang sekali orang membudidayakan seperti di tanaman di pot layaknya tanaman lainya karena tanaman ini kelihatan dari bentuk fisiknya bila tersentuh kulit menjadi gatal akan tetapi sebenarnya tidak gatal dan sedikit orang  tahu akan kemanfaatnya ini yang menjadikan orang enggan untuk merawat dan membudidayakanya.
  

Sangketan ini juga memiliki banyak nama tergantung dimana tanaman ini hidup seperti jarong lalaki dari sunda, daun sangketan  / jarong dari jawa, sui in sui, sangko hidung dari Sulawesi, rai rai, dodinga dari Maluku, bandotan Lombok, buntut tikus, ekor anjing, tusuk konde dari sumatera dao kou cao dari cina. Tanaman sangketan ini bisa hidup tinggi sampai  1 meter untuk warna tanaman ini hijau, berbatang banyak, daunya berbentuk tanda cinta  panjang daun 4 sampai 9 centimeter dan lebar 2,5  sampai 5 centimeter memiliki mahkota berbentuk tabung bagian dalam berambut putih dan memiliki buah berwarna hijau tapi setelah tua berwarna hitam. Sedangkan tanaman sangketan ini juga memiliki beberapa kandungan diantaranya : glokosa, glaktosa, alkaloid akirantin,reliosa, ramnosa, hetriakkontan, sapogenin, saponin, triterpenoid,ecdysterone dan betain dan tentunya juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kita diantaranya :


1.      Mengobati Kencing Batu

Siapkan tanaman sangketan yang masih segar sebanyak 30 gram dan cuci bersih setelah itu rebus dengan air 300 mililiter sampai mendidih dan diamkan sampai hangat atau dingin lalu saring airnya dan minum air tersebut sehari satu kali usahakan jangan makan dulu bisa juga dengan tanaman sangketan yang sudah kering.



2.      Mengobati Batuk Dan Radang Tengorokan

Siapkan tanaman sangketan yang masih segar dengan takaran 50 gram tambahkan 2 biji kencur ukuran sedang, 2 siung bawang putih dan cuci bersih bahan tadi lalu kasih setengah cangkir air gula dan halusakan bisa diblender setelah semua bahan tadi halus segera ambil airnya dengan cara di peras dan saring  setelah itu minum airnya 3 kali sehari.




3.      Mengobati Gondongan

Siapkan akar tanaman sangketan ini dan cuci bersih setelah itu rebus dan ambil akar tadi yang sudah bisa untuk dilumatkan dan temple di bagian gondongan bisa juga diminum air akar tadi.



4.      Untuk Nifas

Siapkan daun sangketan 9 helai yang sudah dicuci bersih dan siapkan air mendidih 200 mililiter dan seduh dengan daun sangketan tersebut dan minum sehari 2 kali.



5.      Membantu Haid Yang Tidak Teratur

Siapkan daun sangketan 5 lembar, daun sambaing colok 5 lembar dan cuci bersih setelah itu rebus denga air 200 mililiter dan minum sehari 2 kali.



6.      Mengobati Gatal - Gatal Dikulit

Siapkan tanaman sangketan yang masih segar dan cuci bersih setelah itu rebus dengan air secukupnya dan ambil air rebusan tersebut untuk dioleskan pada bagian kulit  yang gatal – gatal.



7.      Mengobati Diare

Siapkan tanaman sangketan secukupnya dan cuci bersih setelah itu rebus dengan air secukupnya dan minum air tersebut 3 kali sehari.



8.      Mengobati Infeksi Paru – Paru

Siapkan tanaman sangketan yang masih segar sebanyak 60 gram dan rebus dengan air secukupnya dan minum air rebusan tersebut dengan ditambahi madu secukupnya .



9.      Mengobati Sariawan

Siapkan daun sangketan secukupnya dan cuci bersih setelah itu haluskan dan ambil airnya untuk dijadikan berkumur bisa ditambahkan dengan air matang.



10.  Mengobati Bisul

Siapkan akar sangketan 70 gram dan cuci bersih setelah itu bisa di tambah sedikit garam dan rebus dengan air secukupnya dan ambil akar sangketan tadi untuk dilumatkan dan balurkan pada bisul.  
ARTIKEL TERKAIT