13 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan


image : www.bbcgoodfood.com
Buah tin memiliki rasa yang manis dan segar, buah tin ini berasal dari Asia Barat. nama buah tin diambil dari bahasa arab juga dikenal dengan nama Ara dalam bahsa inggris fig. buah tin ini harus segera dimakan karena buah ini bila dibiarkan lama maka akan cepat rusak. Tanama buah tin termasuk tanaman yang bisa berbuah sepanjang tahun dan tak mengenal musim.
  
Pohon tin ini dapat tumbuh besar dan bisa mencapai ketingian 10 meter dan getahnya juga dapat mengiritasi kulit bila terkena lasung, dan untuk penyerbukan tanaman ini dilakukan oleh seranga yaitu tawon, pada dasarnya buah tin ini berwarna hijau dan masak menjadi ungu. Buah tin ini banyak sekali mengandung gizi per 100 g (3.5 oz) : Thiamine (Vit. B1) 0.085 mg 7%,  Niacin (Vit. B3) 0.619 mg 4%, Riboflavin (Vit. B2) 0.082 mg 5%,  Pantothenic acid (B5) 0.434 mg 9%,  Vitamin B6 0.106 mg 8%,  Magnesium 68 mg 18%,  Folat (Vit. B9) 9 μg 2%,  Vitamin C 1.2 mg 2%,   Energi 250 kcal 1040 kJ,  Karbohidrat 63.87 g,  Gula 47.92 g,  Dietary fiber (serat) 9.8 g,   Lemak 0.93 g,   Protein 3.30 g,  Kalsium 162 mg 16%,  Iron 2.03 mg 16%,   Fosfor 67 mg 10%,  Potassium 680 mg 14%,  Zinc 0.55 mg 6%. Sumber California Fig-s Advisory, gizi yang ada di buah tin ini tentunya banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan diantaranya :

    1.Terhindar Dari Serangan Jantung
    Mengkonsumsi buah tin setiah hari 1 x dapat terhindar dari serangan jantung karena buah tin ini mengandung kalium yang tinggi sehingga dapat menurunkan kadar natrium dalam tubuh dan natrium ini dapat menyempitkan pembuluh darah dan membuat kinerja jantung menjadi berat dalam menyalurkan darah keseluruh tubuh.

     2. Aman Untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes
    Bagi penderita diabetes seharusnya menghindari makanan yang bersifat manis tapi khusus buah tin ini bisa anda konsumsi asal tidak berlebihan walaupun buah tin ini manis, karena buah tin ini juga mengandung serat larut yang berfungsi untuk menghambat proses penyerapan gula berlebih dalam tubuh terutama di sistem pencernaan sehinga sangat aman untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes.

     3. Mencegah Kanker
     Penyakit kanker ini disebabkan salah satunya akibat radikal bebas yang dapat merusak sel kulit, sehinga bibit sel kanker ini menjadi aktif dalam kulit kita, namun dengan mengkonsumsi buah tin ini secara rutin dapat mencegah radikal bebas yang menyebabkan kanker, karena buah tin ini mengandung polyfenol yang berfungsi untuk antioksidan dalam tubuh sehingga radikal bebas yang ingin masuk dalam tubuh bisa teratasi.

     4. Menguatkan Tulang
    Kandungan kalsium dan fosfor dalam buah tin ini sangat baik sekali untuk kesehatan tulang dalam melakukan tugas harian tulang dan dapat mencegah kekroposan tulang.

     5. Mengobati Isomnia
   Kandungan senyawa tryptophan yang ada di buah tin ini di percaya dapat mengobati insomnia  dan isomnia atau susah tidur ini bisa disebabkan oleh trauma, stres dan banyak minum yang berkafein.

     6. Mengatasi Anemia
    Buah tin ini dipercaya dapat mengobati anemia karena kandungan zat besi yang ada di buah tin ini dapat membentuk hemoglobin / HB dalam darah sehinga suplai dalam darah dapat terpenuhi dan tercukupi.

     7. Mempermudah BAB
    Kandungan serat yang ada di buah tin ini di percaya dapat melancarkan proses BAB dan sangat baik sekali untu kesehatan sistem pencernaan kita.

     8. Mencegah Tumor
    Kandungan benzaldehide dan phenol yang ada di buah tin dapat mencegah tumor  karena kandungan kedua senyawa tadi dapat mematikan pertumbuhan virus, parasit dan jamur yang ada di tubuh kita.

     9. Melongarkan Sesak Napas
  Kandungan anti bakteri dan antiseptik yang ada di buah tin ini dapat melongarkan pernapasan karena waktu kita sesak napas ini teryata adanya infeksi peradangan di saluran pernapasan.

    10. Menyembuhkan Bisul
    Caranya haluskan buah tin dan oleskan pada area kulit yang bisulan, diamkan sesat sampai kering dan bilas dengan air hangat lakukan hal ini sampai bisul sembuh.

     11. Menyembuhkan Luka Baru
  Kandungan antiseptik pada buah tin mampu menyebuhkan luka baru dengan cara mengoleskan daging buah tin tersebut ke luka yang baru.

    12. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
    Kandungan mineral seperti fenol, magnesium, fosfor, omega 3, omega 6 ini dapat membuka peneyempitan pembuluh darah sehinga tekanan darah dapat menurun dan terhindar dari penyakit jantung koroner.

     13. Mempertebal Kekebalan Tubuh
   Banyaknya kandungan vitamin dan mineral yang ada di buah tin ini dapat menambah kekebalan tubuh kita sehinga bisa terhindar dari berbagai penyakit yang datang dari dalam maupun luar tubuh kita.


ARTIKEL TERKAIT