14 Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan Dan Kecantikan


image : www.thehealthsite.com
Buah delima memiliki rasa asam – asam manis yang menjadi penikmat buah ini menjadi ketagihan. Bauh delima  berasal dari timur tengah dan dapat tumbuh subur di tanah yang gembur yang tidak terendam air. Tanaman ini juga bisa dimanfaatkan selain buahnya dapat dikonsumsi tanaman ini dimanfaatkan untuk tanaman hias, sebagai tanaman obat . buah delima ini selain bisa dikonsumsi lasung juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan sirup, saus, anggur dan sari buah.
  

Buah delima ini hanya dikenal 3 macam buah saja seperti buah delima merah, putih dan unggu dan budidaya buah delima ini banyak mengunakan setek pada tunas, akar dan dicangkok. Tanaman ini bisa mencapai ketingian 5 sampai 8 meter, batang berkayu, berating dan bercabang banyak, terdapat  duri pada ketiak daunya untuk daunya tunggal. Bunganya keluar dari ujung ranting dan berjumlah antara 1 sampai dengan 5 dan berwarna unggu, merah, putih dan berbunga sepanjang tahun. Buahnya bulat berwarna putih, coklat kemerahan, keunguan dan berdiameter 5 sampai 12 centimeter dan daging buahya terdapat biji yang banyak dan kecil – kecil berwarna merah. Buah delima ini juga banyak mengandung magnesium, natrium, kalium, tannin, asam malat, glukosa, fruktosa, maltosa, vitamin A, C, kalsium, fosfor, zat besi, asam sitrat, pati, oksalat, kalsium, triterpenoid, alkaloidpenoid, granatin,  betulic acid, ursolic acid, isoquercitrin, elligatanin dan resin dan tentunya sangat baik sekali untuk kesehatan dan kecantikan kita diantaranya :


1.      Obat Sariawan

Siapkan buah delima yang masak dan ambil dagingnya dan haluskan bisa ditambahkan air  matang  1 gelas lalu blender dan saring untuk diambil airnya dan gunakan untuk kumur dan bisa lasung ditelan lakukan hal ini 3 kali sehari dan buah ini juga mengandung vitamin C yang tentunya sagat baik untuk proses penyembuhan sariawan.



2.      Sering Kencing ( Anyang - Anyangan )

Siapkan 1 buah delima dan ambil bijinya dan segegam kwaci dan rebus dengan air 400 mililiter sampai tersisa 200 mililiter dan minum sehari 2 kali dengan takaran 100 mililiter.



3.      Mengobati Tengorokan Kering

Siapkan 1 buah delima dan ambil daginnya untuk dikunyah dan buang bijinya lakukan hal ini sesering mungkin.



4.      Batuk Dimalam Hari

Siapkan 1 buah delima yang setengah matang dan ambil daginnya dan kunyah – kunyah jangan lupa untuk membuang bijinya lakukan hal ini saat terjadi batuk saat malam hari.



5.      Mengobati Cacingan

Siapkan 1 buah daging buah delima dan 1 buah wortel segar jangan lupa dicuci bersih dan blender ke-2 buah tersebut untuk dijadikan jus dan minum sekali gus.



6.      Mengobati Keputihan Dan Membersihkan Daerah Kewanitaan

Siapkan tanaman sambiloto kering 15 gram, kulit delima kering 30 gram dan air 800 mililiter rebus sampai airnya tersisa separuhnya dan biarkan hangat atau dingin bisa lasung diminum untuk mengobati keputihan sedangkan untuk membersihkan daerah kewanitaan bisa langsung dioleskan – oleskan pada luar dan dalam daerah kewanitaan.



7.      Mengobati Luka

Siapkan minyak wijen dan serbuk bunga atau kulit buah delima dan aduk merata setelah itu oleskan pada luka.



8.      Mengobati Radang Gusi

Siapkan bunga delima secukupnya dan rebus dengan 150 mililiter air samapi airnya tersisa separuhnya dan gunakan untuk berkumur  setelah airnya dingin tentunya.



9.      Mengobati Pendarahan

Siapkan bunga delima 20 gram dan air 3 gelas dan rebus sampai airnya sisa separuhnya dan minum sehari 3 kali denga takaran ½ gelas.



Manfaat Buah Delima Untuk Kecantikan



10.  Untuk Regenerasi Sel

Buah delima ini mengandung antioksidan yang mampu untuk menjaga kulit wajah dari bintik – bintik dan ini mungkin awal dari kulit wajah anda mulai rusak akibat polusi udara seperti terkena asap kendaraan bermotor dan untuk mencegah hal ini terjadi bisa rutin mengkonsumsi buah delima ini bisa dalam bentuk jus.



11.  Mencegah Kanker Kulit

Kandungan antioksidan yang terdapat pada buah delima ini juga bisa untuk mencegah kanker kulit karena kandungan antioksidan polifenol yang terdapat pada buah delima ini bisa menghambat pertumbuhan kanker kulit.



12.  Mencegah Kulit Wajah Berminyak Dan Berjerawat

Kandunagan beberapa buah delima ini terutama vitaminnya bisa mengobati wajah berminyak dan wajah berjerawat dengan membuat masker dari buah delima dengan cara ambil buah delima dan cuci bersih dan haluskan bisa diblender dan oleskan pada wajah setelah itu biarkan sampai mengering setelah itu bilas dengan air bersih lakukan hal ini secara berkala.



13.  Mencegah Penuaan Dini

Minyak buah delima ini juga dipercaya dapat menghilangkan kulit keriput dan mengencangkan kulit dengan cara mengoleskan seluruh badan dengan minyak buah delima ini secara teratur lakukan hal ini sesudah mandi dan alakah bagusnya juga mengkonsumsi jus buah delima juga.



14.  Membersihkan Kulit Dan Mengurangi Peradangan Kulit

Untuk menjaga kebesihan kulit dan mengurangi peradagan kulit buah delima ini juga mengambil andil dan bisa diperoleh dari sari buahya, memakan bijinya serta dalam bentuk sirup karena buah delima ini mengadung banyak vitamin dan mineral yang sangat di perlukan kulit.               
ARTIKEL TERKAIT