14 Manfaat Buah Jeruk Nipis Untuk Kesehatan


www.seratu.com
BUAH JERUK NIPIS
Jeruk nipis ini sering kita jumpai disaat kita makan makanan yang berbau daging karena peresan air jeruk nipis bisa untuk menetralkan bau daging seperti makanan soto dan sate. Buah jeruk nipis tidak hanya digunakan untuk menetral rasa makanan akan tetapi bisa untuk obat tradisional, penyedap makanan, dibuat minuman, mencuci rambut sampai – sampai bisa untuk menghilangkan karatan di peralatan dapur dan lainya.

  Buah jeruk nipis tersebar di mexico, florida dan india dan pohon jeruk nipis bisa mencapai ketingian 3 – 6 meter, dan berduri yang melekat dikulit pohonya, untuk bunga tumbuh di ketiak daun, untuk buahnya berbentuk bulat dan berwarna hijau dan kuning untuk dagingya berwarna putih, untuk rasa daging buah ini asam. Kandungan buah jeruk nipis ini banyak mengandung zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng, gula, karbohidrat, serat pangan, protein, lemak, asam folat, asam sitrat,  kalsium, vitamin B1, B2, B3, B5 dan vitamin C, tentunya kandungan ini banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan kita diantaranaya :

     1. Untuk Mengobati Batuk 
     Batuk ini bisa disebabkan oleh tengorokan yang gatal – gatal didalam, batuk ini bisa diobati dengan air perasan jeruk nipis dengan ditambahkan madu 1 sedok makan, sedikt garam dan campur ke-3 bahan tersebut di satu gelas air hangat dan aduk - aduk. Minum ramuan ini sehari 3 kali.
  
     2. Untuk Mengobati Amandel
    Amandel ini sangat menyiksa tengorokan dan bisa menyebabkan deman, amadel ini bisa diobati dengan ramuan jeruk nipis caranya  siapkan buah jeruk nipis 4 buah dan cuci bersih setelah itu potong tipis – tipis dan rebus dengan air 3 gelas sampai airnya tersisa 2 gelas setelah itu biarkan sampai hagat  atau dingin lalu buat kumur air jeruk nipis ini. Lakukan hal ini 3 hari sehari.

     3.  Baik Sekali Untuk Ginjal Dan Saluran Kemih
     Kandungan air dan mineral yang terdapat pada buah jeruk nipis ini sangat baik sekali untuk meminimalis racun yang ada di ginjal dan saluran kemih dengan mengkonsumsi buah jeruk nipis dalam berbagai sajian tentunya.
  
     4.  Untuk Mengobati Penyakit Kuning 
   Penyakit kuning ini ditandai dengan kuku yang memiliki corak kuning kulit jari kita tidak kelihatan merah - kemerahan dan ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi jeruk nipis dalam berbagi olahan karena kandungan gizi yang terdapat pada buah jeruk nipis ini dipercaya dapat mengobati penyakit kuning.

     5.  Untuk Menu Diet
    Jeruk nipis ini termasuk buah yang rendah kalori, protein dan ini dapat mengkikis lemak yang ada di tubuh kita sehingga berat badan kita dapat turun.

     6.  Melancarkan Metabolisme
   Kandungan serat yang ada di buah jeruk nipis ini sangat membantu kita dalam proses metabolisme terutama di saluran pencernaan sehinga pencernaan kita menjadi sehat dan terhindar dari bebagai penyakit pencernaan.
  
     7.  Sebagai Sumber Asupan Vitamin Untuk Tubuh 
    Bila tubuh kita tercukupi akan vitamin ini maka tubuh kita bisa menjadi sehat sepanjang hidup kita karena kandungan vitamin yang ada di buah jeruk nipis seperti vitamin mulai dari B sampai C dapat menjaga kekebalan tubuh kita menjadi tambah kuat.
    
     8.  Mengobati Sembelit
   Sembelit ini sangat menyiksa pencernaan tapi jangan khwatir dengan banyak mengkonsumsi buah jeruk nipis dalam kemasan juss dan ditambahi sedikit garam dapat mengobati sembelit.

     9.  Menjaga Kekebalan Tubuh Kita 
    Kandungan berbagai vitamin dan mineral yang ada di buah jeruk nipis ini dapat mebantu tubuh kita untuk menguatkan kekebalan tubuh kita sehinga tubuh kita bisa terhindar dari berbagai penyakit  entah dari dalam maupun luar tubuh kita.

     10.  Memperkuat Stamina Tubuh
     Caranya siapkan 1 buah air perasan jeruk nipis, 1 telur ayam jawa, sedikit irisan gula jawa setelah itu aduk – aduk sampai rata semua bahan tersebut dan minum ramuan tersebut, lakukan 1 minggu sekali.

     11.  Menurunkan Tekanan Darah Tinggi 
    Caranya siapkan daun jeruk nipis 35 lembar, 25 kuntung bunganya, cuci sampai bersih tambahkan air 3 gelas dan 3 perasan air jeruk nipis  dan rebus sampai airnya tersisa sampai  2 gelas  dan tambahkan madu sedikit , minum air ramuan tersebut sehari sekali.
  
     12.   Menghilangkan Bau Ketiak 
     Caranya siapkan1  buah jeruk nipis dan cuci bersih setelah itu potong menjadi  2 bagian dan olesi bagian daging buah jeruk nipis ini dengan kapur sirih setelah itu oleskan di ketiak biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih bisa dilap dengan kain yang basah, lakukan hal ini 2 kali sehari.

     13.  Mengatasi Haid Tidak Teratur
   Siapkan 4 sendok makan air jeruk nipis , 1 sendok madu campurkan di air hangat yang sudah mendidih dan aduk sampai rata semua bahan tersebut dan minum, lakukan hal ini 3 kali sehari.
  
     14.  Mengobati Vertigo 
    Siapkan 1 sendok air jeruk nipis dan daun jeruk nipis secukupnya dan lumat ke 2 bahan tersebut lalu oleskan pada dahi, tengkuk dan pelipis.

ARTIKEL TERKAIT