15 Manfaat Tanaman Dan Buah Kurma Untuk Kehidupan Dan Kesehatan


www.seratu.com
BUAH DAN BIJI KURMA
Buah kurma ini menjadi ciri khas saat bulan puasa dan idul fitri yang dimana buah ini ramai di perjual belikan saat bulan puasa khusunya di negri yang kita cinta yaitu Negara Indonesia. Buah kurma ini memiliki kwalitas yang berbeda – beda terutama dalam warna, rasa dan bentuk fisik ini yang menjadikan harga buah kurma dipasar  tidak sama dan buah kurma ini berasal  dari tanah sekitar Persia.
  
Buah kurma ini memiliki rasa yang manis dan cenderung warna coklat dan memiliki isi yang keras. Buah kurma ini bisa dipanen dari pohon kurma setelah umur 7 sampai 10 tahun dari mulai menanamnya. Kurma ini memiliki 4 nama dalam keadaan masak dan dikenal di seluruh dunia dengan nama : khalal ( berukuran penuh ), kimri ( muda ), tamr ( matang , kering dengan sinar matahari ), rutab ( matang, lembut ). Buah kurma ini juga mengandung vitamin A, K, thiamin, riboflavin, niacin, folate, energi, gula, sodium,  zinc, tembaga, magnesium, minyak, kalsium, sulfur, zat besi, potassium, fosfor, mangan, mineral dan serat. Buah kurma ini juga mengandung beragam mineral dan vitamin begitu banyak kandungan yang ada di buah kurma ini tentunya sangat baik sekali untuk kesehatan kita diantaranya :


     1.  Sumber Energi
   Buah kurma ini juga mengandung  sumber energi dan rasa manisnya dapat menyuplai kebutuhan enegi tubuh kita yang dikeluarkan dalam melakukan aktivitas sehari – hari.

     2.  Mencegah Kanker Usus
    Kandungan serat yang ada di buah kurma ini sangat bermanfaat di tubuh kita khususnya di sistem pencernaan kita dan memiliki fungsi membantu selaput lendir usus untuk mengikat bahan kimia yang berada di usus sehinga kita terbebas dari kanker usus.

     3.  Menyehatkan Mata
    Kandungan vitamin A yang terdapat pada buah kurma ini bisa menyuplai kebutuhan mata kita sehinga mata kita bisa terjaga akan kesehatannya dalam jangka waktu lama dan bisa untuk mencegah dari berbagai penyakit mata seperti rabun jauh, dekat dan senja.

      4.  Sehat Untuk Jantung
    Kandungan kalium yang ada di buah kurma ini membatu denyut jantung menjadi normal sehinga bisa terbebas dari penyakit jantung koroner.

     5.  Terhindar Dari Anemia
  Kandungan zat besi yang ada di buah kurma ini mampu membatu dalam pembentukan sel darah merah sehinga sel darah merah dalam tubuh tercukupi dan menghindarkan kita dari anemia.

     6.   Menjaga Kesehatan Otak
     Kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam buah kurma ini dapat membatu menjaga konsenterasi otak dalam hal berfikir.

     7.   Mengeringkan Luka
     Kandungan vitamin K yang ada di dalam buah kurma ini mampu mengeringkan luka dengan cepat, dengan catatan bila memiliki luka sebaiknya menhindari makanan yang berbau amis sperti telur dan ayam.

     8.   Menjaga Kesehatan Tulang
    Kandungan mangan, magnesium, selenium dan mineral yang ada dibuah kurma ini dapat menjaga kesehatan tulang karena kandungan tadi sangat dibutuhkan oleh tulang dalam memenuhi kebutuhan tulang harian sehinga kita bisa terhindar dari kekroposan tulang .

     9.   Mengobati Diare
    Kandungan potasium dan serat yang ada di dalam buah kurma ini sangat berguna dalam mengendalikan diare dan memperlancar pembuangan  kotoran yang ada di usus melalui anus.

     10.   Menambah Kekebalan Tubuh
    Kandungan beberapa vitamin, mineral dan kandungan lainya yang ada dibuah kurma ini sangat baik sekali untuk menjaga kekebalan tubuh kita sehinga bisa terhindar dari berbagai penyakit yang ingin masuk,  entah dari dalam maupun luar tubuh kita.

              Manfaat Tanaman Pohon Kurma

     11. Getah Pohon Kurma
     Sebagai pembuatan bahan sirup

     12. Daun Kurma
     Sebagai pembuatan sapu, kipas, tikar, keranjang, layar dan serat yang di daunya bisa untul tali, kain kasar dan topi

     13. Kayu Pohon Kurma
     Sebagai kontruksi rumah,  jembata karena ringan dan bisa lebih tahan lebih lama dari pada pohon kelapa

     14. Biji Kurma
   Sebagai bahan tambahan pembuatan kopi waktu di sangrai  dan sebagai arang dalam merajinkan perak yang bisa dibentuk untuk kalung dan gelang.

    15. Minyak  Yang Ada Di Tanaman Kurma  
     Sebagai bahan dalam pembentukan sabun dan kosmetik.  
ARTIKEL TERKAIT