23 Manfaat Mentimun / Timun / Ketimun Untuk Kesehatan Dan Kecantikan


www.seratu.com
SAYUR DAN BUAH MENTIMUN
Timun ini sering kita jumpai di kala kita makan lalapan, sambel pecel, nasi goreng, dan makanan yang berbau amis karena ketimun ini memiliki rasa netral sehingga ketimun ini sering digunakan untuk makanan penutup. Ketimun ini mudah kita jumpai di pasar – pasar terdekat dan supermarket karena tanaman ini sangat mudah untuk dibudidayakan dengan biji. Tanaman ini selain kita konsumsi lasung teryata bisa untuk obat dan perawatan kecantikan dengan cara yang tradisional dalam penerapanya.
  

Tanaman ini hidupnya merambat dan termasuk tanaman semusim karena tanaman ini berbunga dan berbuah setelah itu mati,  untuk warna buahnya tentunya hijau dan daunya juga berwarna hijau, untuk bunga berwarna kuning. Buah mentimun ini juga memberi efek pendigin, pembersih dan diuretic yang tentunya sangat bermanfaat untuk kulit dan juga terdapat kanduangan air yang tinggi yang didalamya terdapat  juga vitamin A, B, C, k, riboflavin, folat, zat besi, fosfor, seng, tembaga, kalori, protein, lemak, karbohidrat,  silika, magnesium, kalium, mangan, asam askorbat, dan asam caffeic dari semua ini tentunya sangat baik sekali untuk kesehatan dan kecantikan diantaranya :


Manfaat Mentimun / Timun / Ketimun Untuk Kesehatan



1.      Terhindar Dari Dehidrasi

Kandungan air yang banyak dari timun ini dapat  mengurangi rasa haus kita dan bisa terhindar dari dehidrasi, bisa dikonsumsi lasung dan dibuat jus.



2.      Bisa Untuk Diet

Buah mentimun ini juga rendah kalori dan mengadung serat larut yang dimana dapat memperlambat pencernaan sehingga perut kita merasakan kenyang lebih lama sehinga kita tidak merasakan lapar secara cepat.



3.      Memperbanyak Produksi Air Liur

Kandungan air yang banyak didalam buah mentimun ini dapat mempertambah produksi air liur sehingga kita dalam mengunyah makanan dalam mulut cepat hancur dan mengurangi zat asam dalam mulut dan bakteri.



4.      Mempermudah BAB

Buah mentimun ini juga banyak mengadung serat dan kulit timun ini mengadung serat larut yang berguna untuk melancarkan dan mendorong ampas makanan keluar dari tubuh melalui anus.



5.      Mengatasi Sembelit Kronis

Buah metimun tak mengadung lemak yang banyak dan kolesterol jenuh sehingga baik sekali untuk dikonsumsi karena bisa untuk mengobati sembelit



6.      Menyehatkan Ginjal

Kandungan air yang banyak dalam buah mentimun ini sangat diperlukan ginjal untuk kinerjanya sehinga ginjal kita tak cepat rusak atau sakit.



7.      Anti Inflansi

Biji mentimun muda juga mengadung sifat anti inflansi yang sangat baik sekali untuk mengobati selaput lendir yang ada di tengorokan dan hidung



8.      Sehat Untuk Jantung

Buah mentimun ini juga mengadung senyawa elektrolit yang tidak membahayakan untuk jantung dan ini bisa untuk mengurangi tekanan darah tinggi dan juga meminimalis efek dari natrium.



9.      Mengobati Bau Mulut

Buah mentimun ini memiliki penetral bau yang dimana bila kita memakan amis dan diakhiri dengan memakan beberapa irisan metimun ini maka bau amis ini bisa hilang dan bau mulut kita menjadi netral karena buah mentimun ini mengadung  fitokimia yang berfungsi untuk mematikan bateri yang menyebabkan bau mulut ini.



10. Mengurangi Efek Dari Minuman Beralkhohol

Minuman alkohol ini sangat tidak baik sekali untuk kesehatan karena banyak sekali efek  yang ditimbulkan seperti sakit kepala yang berkepanjangan dan buah mentimun ini juga bisa untuk mengobati sakit kepala akibat meminum minuman terlarang ( alkohol ) karena mengadung elektrolit dan vitamin B. bila tetap merasakan pusing sebaiknya periksa kedokter.



11.  Menstabilkan Tekanan Darah

Kandungan air, mangan, serat dan kalium ini memiliki sifat diuretik yang bermanfaat sekali untuk mengatur tekanan darah tingi dan rendah.



12.  Sehat Untuk Tulang Dan Sendi

Kandungan vitamin K dan silika yang ada di buah mentimun ini sangat dibutuhan oleh tulang dan sendi untuk menjaga keberlasungan tulang dan sendi agar tetap tercukupi kebutuhanya.



13.  Baik Sekali Untuk Kekebalan Tubuh

Kandungan beberapa vitamin dan senyawa lainya sangat baik sekali untuk kekebalan tubuh sehinga bisa untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit terutama penyakit kanker.



Manfaat Mentimun / Timun / Ketimun Untuk Kecantikan



14.  Menghindari Kerontokan Pada Rambut

Memakan timu lasung atau bentuk jus sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut sehinga rambut terbebas dari kerontokan karena buah timun ini juga mengandung fosfor, kalsium, silicon sulfur sodium yang sangat dibutuhkan rambut untuk menjaga akan keberlasungan kesehatan rambut sehinga rambut kita terbebas dari kerontokan.



15.  Mengilapkan Rambut Dan Menghaluskan

Caranya haluskan buah mentimun dan balurkan lasung kerambut anda dan biarkan sesaat dan bersihkan.



16.  Mengencangkan Wajah

Caranya haluskan buah mentimun yang sudah di cuci bisa mengunakan blender dan oleskan pada wajah dan biarkan selama 30 menit bisa lebih dan bersihkan wajah dengan air bersih



17.  Memutihkan Wajah

Mentimun ini juga bisa untuk memutihkan wajah karena buah mentimun ini dapat membalikan taning pada kulit.



18.  Menyehatkan Katung Mata

Kandungan asam caffeic dan asam askorbat yang ada di buah mentimun ini menjaga dan menyehatkan kantung mata bila dikonsumsi secara rutin.



19.  Menjaga Kerusakan Kulit Akibat Sinar Matahari

Caranya haluskan buah mentimun yang sudah di cuci bisa mengunakan blender dan oleskan pada wajah dan biarkan selama 30 menit bisa lebih dan bersihkan wajah dengan air bersih.



20.  Meremajakan Kulit Wajah

Caranya haluskan buah mentimun yang sudah di cuci bisa mengunakan blender dan tambahkan beberapa tetes air buah lemon lalu oleskan pada wajah dan biarkan selama 30 menit bisa lebih dan bersihkan wajah dengan air bersih.



21.  Menjaga Kelembapan Kulit

Kandunagan air yang tinggi di buah mentimun ini dapat menjaga kelembapan kulit dengan cara mengkonsumsinya secara rutin dalam bentuk jus.



22.  Mencegah Penuaan Dini

Kandungan kalium yang ada di buah mentimun ini bisa untuk mencegah kulit keriput, garis – garis, noda hitam dan ini semua memicu penuaan dini.



23.  Menghindarkan Lingkaran Hitam Di Sekitar Mata

Caranya ambil 2 potong irisan tipis buah mentimun dan tempelkan irisan buah mentimun tersebut  ke mata dan biarkan cukup lama alangkah baiknya lakukan hal ini sambil posisi tiduran.








ARTIKEL TERKAIT