3 Manfaat Tanaman Buah Kecapi


buah kecapi image : commons.wikimedia.org / Hariadhi
Kecapi bukan nama alat music yang bisa mengeluarkan suara musik akan tetapi kecapi yang dimaksut disini adalah buah kecapi yang mempunyai rasa asam dan sedikit manis dan ini yang membuat orang penasaran dan selalu inggin mencobanya lagi dalam memgkonsumsinya. Buah kecapi ini di perkirakan berasal dari IndoCina dan semanjung Malaya. Buah kecapi ini memiliki kulit yang keras sehingga perlu tenaga ekstra dalam memecahkan kulit dan begitu kerasnya kulit buah ini dipecahkan dengan cara di jepit di pojok antara selah pintu.
  

Pohon kecapi ini memiliki ketingian sekitar 30 meter, batangnya dapat mencapai diameter 90 centimeter dan bergetah seperti susu dalam kaleng, daunya majemuk bertangkai sampai dengan 18 centimeter, berbentuk jorong sampai bundar  telur. Bunganya dalam ketiak daun, berambut dan mengantung, bermahkota 5 helai dan bunganya ini berbau harum. Buah kecapi ini memiliki warna kuning atau kemerahan bila matang dan berbulu halus untuk kulitnya tebal dan keras, daginya menyatu dengan kulit tersebut dan daging buahnya lunak dan berair dan terdapat bijinya yang berjumlah antara 2 sampai 5 butir.Buah kecapi ini juga terdapat nutrisi diantaranya : lemak, karbohidrat, serat, abu, kalsium, phosphor, zat besi, kalium, vitamin C, energi, air, protein, dan tentunya sangat baik sekali untuk kesehatan kita tidak hanya itu akar, batang dan daunya juga bermanfaat untuk obat  diantaranya :


1.      Manfaat Akar Buah Kecapi

Tidak hanya buahnya yang memiliki rasa asam sedikit manis yang sering kita nikmati akan tetapi akar tanaman kecapi ini juga bisa untuk obat diare, perut kejang, sakit perut dan juga bisa untuk memulihkan fisik ibu yang sehabis melahirkan.



2.      Manfaat Daun Kecapi

Tanaman kecapi ini memiliki banyak daun sehingga tanaman ini juga rindang dan bisa untuk berteduh tidak hanya itu daun tanaman kecapi ini juga bisa untuk meredakan demam dan peluruh biang keringat dengan cara ambil beberapa daun dan cuci bersih dan rebus degan air secukupnya dan bairkan airnya sampai hangat atau dingin dan minum air tersebut sehari 1 kali dengan takaran 1 gelas air.



3.      Manfaat Batang Tanaman Kecapi

Batang tanaman kecapi ini juga keras dan bisa dimanfaatkan untuk kerajinan tangan, prabot rumah tangga dan didaerah yang masih tertinggal batang tanaman kecapi ini juga dimanfaatkan untuk penganti genting yang bisa untuk terhindar dari hujan dan panas. Batang tanaman buah kecapi ini juga bisa untuk bahan pengobatan cacing gelang.   








ARTIKEL TERKAIT