6 Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan


www.seratu.com
JENGKOL
Jengkol, mengigatkan kita dengan bau terutama bau mulut dan air kencing karena jengkol ini bila dikonsumsi bisa untuk lalapan mentah atau dimasak dengan direbus atau di sangrai dulu dan dimasak dengan beraneragam masakan tetap akan meningalkan bau. Jengkol walaupun memiliki bau yang tidak sedap tetapi pengemarnya cukup banyak walaupun tidak sedikit orang yang tidak menyukainya, jengkol ini mudah di jumpai di pasar – pasar terdekat dan untuk harga sangat berfariasi.
  
Jengkol ini berbentuk biji yang keras dan berkulit yang bergetah berwarna keungguan dan sulit untuk dibersihkan kalau mengenai pakaian. Untuk warna biji jengkol ini berwarna kuning dan menjadi merah apalagi setelah matang berubah menjadi warna coklat. Biji jengkol ini memiliki beberapa kandungan vitamin,  mineral dan beberapa nutrisi diantaranya vitamin A, B6, B1, B2, B12, C, fosfor, kalsium dan zat besi. Jengkol ini juga mempunyai efek yang buruk karena biji jengkol ini mengandung asam jengkol yaitu asam amino yang dapat menyebabkan keracunan untuk tanda – tanda orang yang keracuanan akibat mengkonsumsi buah ini seperti retensi urin, kejang otot, pirai dan gagal ginjal akut. Tapi  jengkol ini juga mempunyai banyak manfaat untuk tubuh kita diantaranya :


1.      Baik Untuk Kesehatan Mata

Mata adalah jendela dunia yang dimana mata sangat mempunyai peran penting dalam kehidupan ini, maka dari itu mata haruslah dirawat akan kesehatanya yaitu bisa beristirahat yang cukup dan mengkonsumsi makanan yang mengadung vitamin terutama vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan ini terdapat pada  jengkol, maka dari itu mengkonsumsi  jengkol ini juga memeberi asupan vitamin yang dibutuhkan mata kita.



2.      Baik Sekali Untuk Tulang Dan Gigi

Tulang dan gigi ini juga butuh untuk di rawat selain sering periksa ke dokter untuk mengetahui kesehatan gigi dan tulang kita, akan tetapi tulang dan gigi kita butuh sekali asupan kalsium dan fosfor agar tidak mudah keropos dan kedua kandungan tersebut terdapat pada biji jengkol maka dengan mengkonsumsi jengol ini berati juga memberi asupan terhadap tulang dan gigi sehingga tulang dan gigi kita tak mudah keropos.



3.      Mengobati Anemia

Anemia ini mudah melanda siapa saja karena seseorang yang terkena anemia ini berati terjadi kekurangan sel darah merah dan ini dapat menyebakan kita lemas dan malas beraktivitas , mempengaruhi kinerja otak untuk berfikir dan ada dampak yang lebih serius yaitu bisa pingsan tapi jangan khwatir dengan sering mengkonsumsi jengkol ini, anemia yang melanda kita bisa terselesaikan karena biji jengkol ini juga mengadung zat besi yang berperan penting untuk pembentukan sel darah merah.



4.       Aman Bagi Penderita Diabetes

Buah jengkol ini mengandung  fruktosa yaitu zat gula tumbuhan yang sangat mudah diuraikan menjadi energi dan fruktosa ini tak akan meningalkan sisa pembakaran dan tentunya sangat aman untuk pederita diabetes.



5.      Sebagai Antioksidan

Kandungan  vitamin,  mineral dan beberapa nutrisi yang ada di jengkol ini sangat baik sekali untuk sistem kekebalan tubuh kita sehinga tubuh kita bisa terhindar dari berbagai penyakit.



6.      Baik Untuk Jantung

Antioksidan yang di terangkan diatas tadi merupakan senyawa yang berperan aktif untuk mehilangkan racun dan toksin yang ada di sekitar jantung sehingga darah dari jantung atau darah yang keluar dari jantung tidak akan tersendat dan lancar dan ini sangat baik sekali untuk kesehatan jantung.  
ARTIKEL TERKAIT