8 Aktivitas Yang Baik Dilakukan Dibulan Puasa Ramadhan


www.seratu.com
ILUSTRASI
     Di bulan Puasa ramadhan memang mudah untuk mendapatkan pahala sampai – sampai tidurpun dapat pahala, Sungguh  bulan penuh berkah dan sangat di tunggu – tunggu oleh umat islam. Di bulan ramadhan ini memang sangat mempengaruhi dalam menjalankan aktivitas karena di bulan puasa ini bagi yang menjalankan aktivitas  pasti fisiknya terasa lemas dan loyo.
  
Aktivitas di bulan ramadhan ini memang harus seperti biasanya seperti di waktu hari – hari biasa karena puasa ramadhan ini sudah menjadi niat bagi orang muslim, selain itu alangkah baiknya di bulan puasa ramadhan ini juga disertai amal perbuatan yang baik dan tentunya dapat menambah dan menyempurnakan amal ibadah puasa ramadhan seperti :


1.  Perbanyak Membaca Al-Qur’an

Membaca al-qur’an atau tadarus ini memang sudah menjadi rutinitas dalam bulan puasa ramadhan tapi peminatnya sedikit padahal bila melakukan tadarus al-qur’an dibulan puasa ramadhan ini maka pahalanya belipat ganda dan dapat menambah keimanan dan ketakwaan kita dan untuk waktu membacanya al-qur’an ini bisa kapan saja seperti sehabis solat subuh dan setelah solat tarawih atau saat kita punya waktu luang.



2.  Memperbanyak  I’tikaf

I’tikaf ini merupakan amal ibadah yang dikerjakan di dalam masjid dan berdiam diri yang bertujuan untuk beribadah kepada ALLAH SWT dan ini sangat dianjurkan dibulan puasahan  ramadhan selain mendapat pahala juga bisa menambah keimanan dan ketakwaan.



3.  Perbanyaklah Sedekah

Dibulan puasa ramadhan ini sebaiknya perbanyaklah sedekah seperti yang di riwayatkan Imam Bukhari dari Ibnu Abbas RA, selain itu sedekah ini juga bisa menangkal musibah dan juga menolong sesama saudara  muslim yang kekurang dalam bentuk materi.



4. Mengerjakan Shalat Wajib Dan Tarawih Berjamaah

Shalat tarawih ini memang sunah akan tetapi adanya hanya dibulan puasa ramadhan saja dan sudah menjadi rutinitas di bulan puasa ramadhan dan Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk berjamaah seperti yang diriwatkan oleh Muttafagun Alaih dari Aisyah RA selain itu shalat wajib dan tarawih ini juga dapat menambah keimanan dan ketakwaan.



5. Melakukan Sahur Dan Berbuka Puasa Tepat Waktu

Puasa ramadhan ini tak lepas dari saur dan buka dan banyak orang yang menyepelekan hal ini dan sangat bertentangan oleh tuntunan Nabi MUHAMMAD SAW dengan sabdanya makan sahurlah, karena ada berkah dalam makan sahur  ( Muttafaq ‘ Alaih ) dan Nabi Muhammad SAW bersabda :  Manusia senangtiasa dalam kebaikan selama mereka masih menyegerakan berbuka ( Muttafaq ‘ Alaih ). Maka sahurlah dan berbukalah puasa dengan tepat waktu supaya puasa ramadhan kita menjadi sempurna.



6. Memperbanyak Ibadah Saat 10 Terahir Puasa Ramadhan

ALLAH SWT mengagungkan waktu 10 hari terahir dari pada hari sebelumnya saat bulan puasa ramadhan dan di contohkan Nabi Muhammad  SAW  beliu bertambah giat dalam beribadah saat – saat memasuki 10 hari terahir pada puasa bulan ramadhan.



7. Melaksanakan Zakat Fitrah

Zakat fitrah ini wajib dilakukan oleh setiap umat muslim baik laki – laki maupun perempuan kecil maupun dewasa yang berlaku hanya di bulan puasa terahir dengan tujuan menyempurnakan puasa dan mensucikan dari dosa – dosa, juga membantu saudara muslim yang kurang mampu dalam hal segi materi, biasa zakat fitrah ini berbentuk beras dengan takaran 2,5 kg.



8. Melakukan Umroh

Umroh ini memang dilakukan oleh umat islam yang mampu dalam hal materi, bila dibulan puasa ramadhan ini mampu melakukan umroh maka pahalanya sama dengan melakukan ibadah haji dan ini juga salah satu anjuran Nabi Muhammad SAW.
ARTIKEL TERKAIT