8 Khasiat Dan Manfaat Buah Sukun Untuk Kesehatan


www.seratu.com
BUAH SUKUN
Kemarin kemarin kita sudah pernah mengupas manfaat daun sukun tapi dalam artikel kali ini kita akan membahas manfaat buah sukun. Buah sukun ini yang tentunya bisa diolah untuk berbagai masakan seperti kripik , di rebus juga bisa dibakar,  daging buah sukun ini dan rasanya gurih dan untuk mendapatkan buah ini tidak terlalu sulit kita bisa mencarinya dibawah pohonya bila jatuh berati sudah tua dan bisa dimasak atau bisa beli di pasar – pasar tradisional terdekat.
  
Bauh sukun ini ukuranya lumayan besar sentengah bola saduk akan tetapi sedikit lonjong dan berwarna hijau dalam setahun pohon sukun ini dapat menghasilkan buah sekitar 200 buah dan beratnya bisa mencapai 5 kelogram. Asal ususl tanaman ini diperkirakan dari kepulauan nusantara sampai papua. Buah sukun ini juga bisa untuk peganti nasi karena kaya akan karbohidrat  dan hampir setara dengan beras akan tetapi rendah kalori. Buah sukun ini juga banyak kangandunganya seperti : vitamin A, E, C, K, riboflavin, thiamin, pyridoxine, folates, niacin, lemak, serat, protein, karbohidrar, crypto-xanthin-ß, lutein-zeaxanthin, karoten-ß, seng, fosfor, selenium, mangan, besi, magnesium, tembaga, kalium, kalsium dan sodium dan tentunya buah sukun ini juga banyak manfaatnya untuk tubuh kita diantaranya :

1.      Baik Sekali Untuk Sistem Pencernaan
Bila dalam BAB tidak lancar dapat mengagu kesehatan sistem pencernaan dan bila lama – kelamaan diabiarkan dapat bahaya tapi jangan khawatir dengan mengkonsumsi buah sukun dalam aneka masakan terutama di rebus sangat baik untuk sistem pencernaan karena buah sukun ini kaya akan serat .

2.      Mengurangi Resiko Diabetes
Penyakit diabetes atau kadar gula yang tinggi ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah sukun ini karena serat yang terdapat pada buah sukun dapat mengurangi penyerapan kadar gula yang masuk ketubuh.

3.      Bisa Untuk Diet
Gemuk ini bila dibiarkan akan banyak penyakit yang megintai tubuh kita dan juga mengagu penampilan kita, tapi jangan khwatir dengan sering mengkonsumsi bauh sukun ini juga dapat untuk diet karena buah sukun ini kaya akan serat dan rendah kalori sehingga berat badan kita sedikit bisa berkurang.

4.      Baik Sekali Untuk Kesehatan Kulit Kita
Kesehatan kulit ini juga perlu asupan omega 3 dan omega 6 dan vitamin E dan kandungan ini terdapat pada buah sukun jadi dengan mengkonsumsi buah sukun ini juga memberi asupan kesehatan kulit kita.

5.      Sebagai Antioksidan
Kandungan yang  terdapat pada buah sukun terutama vitamin C dan beberapa kandungan yang tertera diatas teryata juga bisa untuk antioksidan untuk tubuh kita sehingga kekebalan tubuh kita menjadi lebih kuat.

6.      Rasa Kenyang Yang Lama
Kenyang tidak haruslah memakan nasi akan tetapi juga bisa mengkonsumsi buah sukun ini terutama di rebus karena buah sukun ini juga mengandung karbohidrat yang hapir setara dengan nasi tidak hanya itu serat yang terdapat pada buah sukun ini juga baik sekali untuk sistem pencernaan kita.

7.      Baik Sekali Untuk Pertumbuhan Otak
Kandungan omega 3 dan omega 6 yang terdapat pada buah sukun ini sangat baik sekali untuk pertubuhan otak terutama pada anak – anak yang masih dalam proses pertumbuhan.

8.      Menyehatkan Rambut
Dengan rutin mengkonsumsi buah sukun terutama di rebus ini bisa mencegah rambut rontok, dan dapat menghambat timbulnya ketobe karena bauh sukun ini mengandung asam lemak omega 6 dan ini sangat baik sekali untuk kesehatan rambut kita


ARTIKEL TERKAIT