8 Manfaat Buah Kesemek Untuk Kesehatan


image : www.organicfacts.net
Buah kesemek ini memang jarang kita temukan di penjual buah karena tanaman ini khususnya di Indonesia jarang yang membudidayakan. Buah kesemek juga disebut dengan buak kaki dan nama ilmiahnya diospyros kaki  dan kaki di sini dalam bahasa jepang adalah zat tanin yang dihasilkan buah ini. Buah kesemek ini berasal dari Repubkil Rakyat Tiongkok sedangkan buah kesemek ini di Indonesia banyak di temukan di daerah Jawa Barat dan Jawa timur.

  
Buah kesemek ini bila matang banyak sekali di tempeli serbuk putih seperti bedak dan tinggi tanaman ini kurang lebih antara 15 meter untuk daunya pohon kesemek ini sering mengugurkan daunya sedangkan buahnya kesemek ini memiliki rasa sepat dan sepat ini mengandung zat tannin untuk warna buahnya jingga sampai kemerahan untuk menghilangkan rasa sepat dibuah kesemek ini bisa dengan air kapur. Buah kesemek ini selain bisa dimakan segar juga bisa dikeringkan untuk pembuatan es krim, selai, agar -  agar dan lain – lain. buah kesemek ini juga banyak mengadung vitamin dan mineral diantaranya magnesium, tembaga, fosfor, magnesium, mangan, serat, vitamin A, C, E, B6 terdapat juga senyawa organik diantaranya senyawa gallocatechins, senyawa asam betulinic, senyawa katekin, senyawa karotenoid yang tentunya sangat banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan kita diantaranya :

    1.  Memperbaiki Sirkulasi Darah
Fungsi tembaga pada buah kesemek ini sangat penting dalam pembentukan hemoglobin / HB tambahan serta pembetukan sel darah merah yang baru dan ini dapat meningkatkan sirkulasi sel darah merah yang bertujuan untuk meneyehatkan metabolisme, otot dan dapat meningkatkan enegi.

    2.  Memperbaiki Metabolisme
Kandungan beberapa vitamin B dan thiamin yang ada dibuah kesemek ini di percaya dapat memperbaiki sistem metabolisme dalam tubuh, maka dari itu konsumsilah buah kesemek secara rutin walaupun dalam jumlah sedikit karena dengan metabolisme yang sehat bisa terhindar dari bebagai penyakit.

    3.  Baik Sekali Untuk Kesehatan Mata
Kandungan beberapa vitamin seperti A, B dan zeaxanthin yang ada di vitamin B ini sangat baik sekali untuk menyehatkan mata jangka panjang dan dapat menghindarkan berbagi penyakit mata seperti katarak dan rabun.

    4.  Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi / Hipertensi
Kandungan beberapa kalium yang ada di buah kesemek dapat menurunkan tekana darah tinggi atau hipertensi sehingga aliran dalam darah menjadi normal di dalam tubuh dan dapat mencegah berbagi penyakit jantung.

    5.  Mencegah Penyakit Kanker
Kandungan beberapa vitamin dan senyawa lainya yang ada di buah kesemek ini dapat membentuk antioksidan yang bertujuaan untuk menolak radikal bebas yang ingin masuk ketubuh seperti sel kanker yang ingin masuk ketubuh sehinga tubuh kita bisa terhindar dari berbagai penyakit kanker.

    6. Baik Sekali Untuk Sistem Pencernaan
Kandungan serat yang ada dibuah kesemek ini sangat dibutuhkan sistem pencernaan yang dapat meningkatkan sekresi lambung, cairan lambung sehinga kinerja sistem pencernaan ini menjadi maksimal dan dapat menghindarkan penyakit pencernaan  seperti sembelit dan memperlancar proses BAB.

    7.  Mengandung Anti -Tumor
Kandungan asam betulinic yang ada dibuah kesemek ini dapat menurukan terkenanya penyakit kanker karena menginduksi apoptosis sehinga tumor yang masih tumbuh kecil dapt hilang.

    8.  Menambah Kekebalan Tubuh Kita
Kandungan beberapa vitamin dan mineral yang ada dibuah kesemek ini dapat menambah kekebalan tubuh kita sehinga tubuh kita bisa terhindar dari berbagai penyakit yang ada didalam maupun luar tubuh kita, maka dengan ini konsumsilah dan budiadayakan tanaman buah kesemek.             


ARTIKEL TERKAIT