8 Manfaat Puasa Ramadhan Untuk Kesehatan


www.seratu.com
BUKA BERSAMA DIBULAN PUASA RAMADHAN
Puasa atau puasa ramadhan ini banyak sekali yang mengharapkan kehadiranya karena ramadhan ini banyak mengandung berkah dan rahmat. Puasa ramadahan ini berjumlah sekitar 1 bulanan dan wajib di kerjakan oleh umat islam yang sudah akil balig, dan puasa ramadhan di kejakan tidak atas paksaan dan atas kesadaran hati setiap umat islam, puasa ini dikerjakan mulai pagi malam saur sekitar jam 3 dan diniati puasa setelah itu menahan makan, minum dan hal – hal menyebabkan puasa batal sampai waktu magrip tiba di saat itu di perbolehkan semua, yang termasuk makan dan minum.
  

Puasa ramadhan tak lepas dari solat tarawih yang dikerjakan sehabis solat isak untuk tiap rakaatnya ada yang 11 dan 23 rakaat itu sudah termasuk solat witir dan tergantung kepercayaanya masing – masing untuk menjalankanya. Puasa ramadhan ini selain mengerjakan ibadah juga baik sekali untuk kesehatan karena dengan laparnya perut yang dimana perut ini tidak digunakan dalam semestinya yang kurang lebih 15 jam teryata memberi dampak positif untuk kesehatan kita diantaranya :



1.      Tekanan Kadar Gula Menurun

Rasa lapar saat bulan puasa dapat meningkatkan pemecahan glukosa yang bertujuan untuk menambah energi dan mengurangi produksi insulin di pancreas sedangkan glukagon di produksi untuk membantu pemecahan glukosa sehinga dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh.



2.      Memaksimalkan Pembakaran Lemak

Lemak banyak mengumpul dalam tumbuh dan lemak biasanya sangat sulit dibakar menjadi enegi karena pasokan makanan dalam tubuh sangat terpenuhi, dalam mejalankan ibadah puas ini banyak energi yang harus dipergunakan, setelah tidak makan dan minum maka lemak dalam tubuh secara otomatis akan dipergunakan untuk menghasilkan enegi sehingga lemak dalam tubuh bisa berkurang.



3.      Menurunkan Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah ini dapat menurun bila kita melakukan puasa karena penyebab meninginya hipertensi ini rata – rata disebabkan oleh makanan sedangkan bila kita puasa maka dapat menurunkan tekanan darah tinggi.



4.      Menurunkan Berat Badan

Berat badan ini bisa menurun bila kita mengurangi porsi makan sedangkan bila menjalankan puasa ini secara otomatis berat badan akan menurun dan ini bisa mencegah penumpukan lemak dalam tubuh sehingga berat badan bisa menurun.



5.      Baik Untuk Kekebalan Tubuh Kita

Degan menjalankan puasa yang tentunya juga tidak melakukan makan dan minum selama kurang lebih 15 jam dalam 24 jam ini tentunya lemak yang ada di dalam tubuh bisa berkurang dan lemak ini bisa menimbulkan berbagi penyakit berati dengan berpuasa ini bisa menhindarkan berbagi penyakit yang ingin berkembang didalam tubuh.



6.      Detoksifikasi Tubuh

Berpuasa berati mengurangi makan – makanan instan yang tentunya banyak mengandung aditif  zat kimia yang masuk ketubuh yang bisa mengandung racun dan aditif zat kimia ini tersimpan di lemak sedangkan bila kita berpuasa secara otomatis lemak ini akan dibakar tubuh sehinga aditif zat kimia ini bisa terbuang dari tubuh.



7.      Memperbaiki Fungsi Otak

Saat berpuasa produksi sel otak lebih banyak dari biasanya sehinga kinerja otak lebih meningkat dan berpuasa juga di percaya dapat menenangkan pikiran dari stres.

     

8.      Menyehatkan Sistem Pencernaan

Puasa ini juga memberi efek baik untuk sistem pencernaan terutama di usus dan saluran pecernaan lainya karena kinerjanya tidak begitu berat bisa di katakan beristirahat dan kerjanya hanya memproses sisa endapan makanan dalam sistem pencernaan sehingga saluran penycernaan bisa bersih dan sehat.
ARTIKEL TERKAIT